Home > Komputer > Spesifikasi Komputer Ideal Untuk Lab Sekolah

Spesifikasi Komputer Ideal Untuk Lab Sekolah

Spesifikasi Komputer Ideal Untuk Lab Sekolah 2019 – Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini ikut mempengaruhi bidang pendidikan termasuk pendidikan yang ada di negara kita Indonesia. Siswa sekolah saat ini dituntut agar dapat memahami kegunaan dan fungsi komputer sebagai sarana belajar.

Tidak hanya menjadi mata pelajaran muatan lokal saja akan tetapi saat ini masing-masing sekolah juga sudah diwajibkan untuk mempunyai laboratorium komputer sendiri. Tujuannya adalah agar para siswa bisa belajar lebih leluasa dalam mengenal seluk beluk teknologi informasi tersebut.

Sama-sama kita ketahui saat ini pemerintah telah menetapkan bahwa ujian sekolah menengah dan sekolah menengah lanjutan berbasis online atau lebih dikenal dengan sebutan UNBK. Dan penerapan sistem ini memang sudah dirancang sedemikian rupa oleh pemerintah pusat dan sudah masuk dalam kurikulum sekolah.

Nah, karena hal itu maka pihak sekolah tentu harus menyiapkan sarana komputer UNBK untuk lab sekolah. Untuk itu kami akan memberikan beberapa spesifikasi komputer ideal untuk Lab Sekolah yang bisa jadi bahan referensi Anda. Yuk simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Spesifikasi Komputer Ideal Untuk Lab Sekolah

Rakit PC Lab Sekolah 3 Jutaan 2019

Komponen Komputer RakitanHarga Baru
Motherboard Digital Alliance H61 LGA 1155Rp. 650.000
Prosesor Intel Pentium G4400Rp. 650.000
Harddisk Seagate 250GB SlimRp. 160.000
Power Supply Digital Alliance 450W 80+Rp. 450.000
Memori RAM HYNIX 4GB DDR3Rp. 190,000
VGA Card Digital Alliance AMD R7 240 OC 2GB GDDR5 128BitRp. 1.000.000
Monitor AOC 15.6 InciRp. 700.000
Sub TotalRp. 3,800,000

Motherboard Digital Alliance H61 LGA 1155

Anda bisa memilih menggunakan Motherboard Digital Alliance H61 LGA 1155 dengan spesifikasi antara lain sebagai berikut :

  • Menggunakan socket tipe 1155
  • Terdapat 2 slot RAM yang mendukung untuk jenis DDR3
  • Terdapat 1 port Pcie 3.0 x 16
  • Mempunyai 1 port LAN RJ45
  • Mempunyai 4 port Sata
  • Ada 2 port USB 2.0 dan 2 Port USB 3.0
  • Mendukung untuk processor Intel Core i7 / i5 / i3

Motherboard Digital Alliance H61 LGA 1155

Kelebihan menggunakan Motherboard jenis ini ialah kemampuannya mendukung teknologi XFAST LAN yang akan memberikan kecepatan akses internet melalui jaringan. Selain itu ada juga fitur Intel Smart Connection dan mendukung penyimpanan Rapid dari Intel. Tidak hanya itu kelebihan lainnya yakni terintegrasi dengan Intel HD Graphics Visual.

Processor Intel Pentium G4400

Spesifikasi komputer untuk lab sekolah selanjutnya ialah Prosessor dan salah satu rekomendasi kami ialah Intel Pentium G4400 LGA 1155 3.3 GHz. Spesifikasi jenis ini antara lain yakni :

  • Prosesor ini mempunyai dual core yang dapat menangani 2 thread pada waktu yang bersamaan pada kecepatan 3.3GHz dengan TDP 54W.
  • VGA yang terintegrasi dengan Intel HD Graphics 510
  • Maksimal resolusi hingga 4096 × 2304 @ 60Hz
  • Processor ini juga sama dengan processor seri Skylake
  • Penggunaan 3.5MB sebagai cache untuk multitasking yang lebih mulus

Processor Intel Pentium G4400

Sedangkan kelebihan dari jenis ini ialah mempunyai kecepatan yang tinggi, membutuhkan daya listrik yang rendah, memiliki 3 core inti, dan stabil serta multitask.

Hardisk Seagate 250GB Slim

Jenis Hardisk yang bisa anda gunakan ialah Seagate 250GB Slim dengan spesifikasi sebagai berikut :

  • Jenis ini mendukung format NTFS
  • Terdapat 250 GB storage
  • Bisa mendukung jenis kabel Sata

Hard Disk Seagate 250GB Slim

Kelebihan dari Hardisk jenis ini ialah Seagate ini mempunyai kecepatan rotasi yang tinggi, hemat daya listrik, dan jarang sekali ditemukan Bad Sector.

Memori RAM HYNIX 4GB DDR3

Untuk RAM sendiri, di jaman modern seperti ini minimal komputer atau PC harus memiliki kapasitas RAM sebesar 4GB, bisa itu yang bertipe DDR4 arau DDR3. Karena untuk aplikasi-aplikasi Komputer saat ini banyak memakan banyak resource.

Memori RAM HYNIX 4GB DDR3

VGA Card Digital Alliance AMD R7 2GB

Spesifikasi komputer untuk lab sekolah yang selanjutnya ialah VGA Card Digital Alliance AMD R7 240 OC 2GB GDDR5 128Bit. spesifikasinya yaitu antara lain :

  • Memiliki kecepatan 880 MHz Core yang bisa di overclock hingga 1150 MHz.
  • Menghasilkan gambar yang baik untuk rendering video
  • Dilengkapi dengan kapasitas 2GB of GDDR5 VRAM berkecepatan 4.6 Gbps dan 128-Bit Memory Interface
  • Dilengkapi juga dua buah kipas Dual-X Cooling

VGA Card Digital Alliance AMD R7 2GB

Kelebihan dari jenis ini ialah mempunyai fitur Gorgeus Graphics untuk mengolah gambar yang jauh lebih lembut, mempunyai fitur fantastic dalam multimedia video, dan mendukung sistem operasi win 10. Selain itu VGA jenis ini mendukung DVI / PCI express dan HDMI.

Power Supply Digital Alliance 450W 80+

Untuk power supply bisa gunakan Digital Alliance 450W yang sudah bertanda Bronze 80+. Karna dengan menggunakan PSU tersebut suplai daya listrik PC rakitan untuk LAB Sekolah dapat berjalan dengan normal.

Power Supply Digital Alliance 450W 80+ Bronze

Monitor AOC LED 15.6 inci

Jenis monitor yang bisa digunakan ialah AOC LED Monitor 15.6 dengan keunggulan antara lain sebagai berikut :

  • Telah menggunakan LED.
  • Membutuhkan sedikit daya sehingga hemat akan penggunaan listrik.
  • Mendukung resolusi gambar lebar 39.5 cm HD.

AOC LED Monitor 15.6 inci

Tidak hanya itu masih banyak lagi spesifikasi komputer yang ideal untuk lab sekolah seperti LAN card, dan sistem operasi yang dipasang pada masing-masing komputer lab tersebut. Sistem operasi yang digunakan bisa in 7, win 8, Linux, dan Windows 10. Perangkat pendukung lainnya seperti mouse dan keyboard juga perlu anda perhatikan untuk lab sekolah.

Komponen Tambahan :

Sudah saatnya Sekolah-sekolah di Indonesia menggunakan Komputer dengan spesifikasi yang berkualitas untuk para Siswa-nya. Karena untuk sofware atau aplikasi komputer terbaru saat ini sangat banyak memakan resource dari Processor, RAM dan VGA-nya. Dengan demikian para Siswa bisa menggunakan komputer di Lab Sekolah tanpa gangguan lemot, hang, macet, ngadat-ngadat saat menjalankan aplikasi di Komputer.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.