Home > Networking > Pengertian RT RW NET dan Kegunaan RT RW NET
Pengertian RT RW NET dan Kegunaan RT RW NET

Pengertian RT RW NET dan Kegunaan RT RW NET

Pengertian RT RW NET dan Kegunaan RT RW NET pada Jaringan InternetJaringan internet merupakan hal yang paling dibutuhkan di zaman yang serba canggih seperti saat ini. Bagaimana tidak? Hampir setiap rumah memiliki smartphone atau perangkat telekomunikasi lainnya yang bisa terhubung melalui jaringan internet. Tanpa internet, manusia zaman sekarang seolah buta karena tidak mengetahui segala kabar berita yang beredar karena informasi banyak tersedia melalui situs-situs yang hanya bisa diakses menggunakan jaringan internet.

Untuk menunjang kebutuhan masyarakat terhadap internet, hadirlah warung internet atau warnet pada setiap sudut perumahan. Bagi yang ingin menggunakan jaringan internet tentu harus membayar terlebih dahulu sesuai tarif yang ditetapkan oleh pemilik warnet.

Seiring berkembangnya teknologi pula, cara mengakses internet juga bisa dengan membuat jaringan wifi RT RW Net yang bisa digunakan oleh beberapa pengguna. Ada pula yang memanfaatkan wifi RT RW net ini untuk berbisnis yang serupa dengan warnet, tapi ini adalah versi yang lebih murah.

Nah, agar Anda lebih memahami tentang jaringan RT RW Net, berikut ada penjelasan singkat terkait pengertian dan kegunaan RT RW Net pada jaringan internet.

Apa itu RT RW NET

Apa itu RT RW NET?

RT RW Net merupakan salah satu jaringan komputer swadaya masyarakat yang mencakup ruang lingkup RT atau RW melalui media kabel atau wireless 2.4 Ghz dan hotspot sebagai sarana komunikasi rakyat di mana bebas diakses karena tidak terikat undang-undang dan birokrasi pemerintah. RT RW net ini bisa dikembangkan sebagai forum komunikasi secara online yang lebih efektif bagi warga guna saling bertukar informasi, mengemukakan pendapat, melakukan polling atau pemilihan ketua RT/RW dan kegiatan lainnya yang bebas tanpa dibatasi jarak dan waktu melalui portal.

Jaringan internet RT RW ini memiliki konsep dimana beberapa komputer saling terhubung dalam suatu komplek perumahan atau blok sehingga warga dapat berbagi data serta informasi. Konsep lainnya dari jaringan internet RT RW net ini adalah mengembangkan pemakaian internet di mana fasilitas internet bisa dinikmati dalam jangka waktu 24 jam sehari selama sebulan. Biaya operasional untuk berlanggan ditanggung bersama oleh warga RT atau RW setempat.

Konsep yang digunakan oleh jaringan internet RT RW ini juga serupa dengan warnet. Pemilik warnet akan membeli atau menyewa pulsa atau bandwith dari penyedia internet untuk dijual kepada pelanggan yang datang menyewa komputer dan berselancar dengan jaringan internet.

Kegunaan RT RW NET

Jaringan internet RT RW net ini memiliki tujuan untuk turut serta dalam pengembangan internet murah dalam kalangan masyarakat sehingga bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Kemudian dengan adanya jaringan RT RW ini juga diharapkan mampu membangun komunitas yang sadar akan hadirnya teknologi informasi dan internet sehingga tidak tertinggal jauh tanpa pengetahuan yang luas.

Adanya jaringan internet juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana berbagi informasi dalam suatu lingkungan sehingga masyarakat dinilai lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

Masyarakat bisa mempromosikan beragam kegiatan melalui akses internet sehingga membuat komunitas tersebut lebih dikenal dan bisa dijadikan sebagai sarana bisnis. Mudahnya lagi warga RT RW bisa saling berkomunikasi tanpa ada biaya pemakaian yang mahal.

Kelebihan RT RW NET

1. Kebutuhan internet hampir mendekati pokok bagi mereka yang tidak bisa lepas dari gadget terutama para gamers. Jaringan internet RT RW net ini bisa diakses di mana saja dan kapan saja dengan cara pengkoneksian mudah.

2. Pengguna bisa mengakses internet secara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel. Bagi mereka yang ingin berselancar di internet hanya tinggal membawa laptop atau smartphone yang bisa mengakses jaringan wifi atau hotspot di mana saja.

Kekurangan RT RW NET

1. Jaringan internet yang berupa wifi bersama ini mudah di hacking oleh para hacker guna mencuri password pengguna.

2. Jaringan ini juga tidak tahan terhadap flooding kecuali diterapkan keamanan jaringan yang baik. gunakan jasa mereka yang lebih memahami tentang jaringan dan cara perlindungan terbaik agar tidak lolos apabila dilakukan hacking oleh para hacker.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian RT RW Net dan kegunaan RT RW Net pada jaringan internet.

Hubungi DimensiData.com

Tentang Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.