Home > Peralatan Kantor > Tingkatan Resolusi Pada Proyektor Dari Terendah Hingga Tertinggi
Tingkatan Resolusi Pada Proyektor

Tingkatan Resolusi Pada Proyektor Dari Terendah Hingga Tertinggi

Daftar Tingkatan Resolusi Pada Proyektor dari Terendah Hingga Tertinggi – Ketika Anda membeli proyektor, Anda perlu memperhatikan ukuran resolusinya. Hal ini dikarenakan pengaruh resolusi proyektor terhadap kualitas proyeksi yang ditampilkan, baik itu teks, gambar, maupun video.

Sebagai contoh, proyektor dengan resolusi terbatas hanya dapat digunakan untuk kebutuhan yang terbatas juga – umumnya kurang ideal untuk menampilkan gambar, apalagi untuk memutar video atau film. Dengan begitu, barangkali proyektor tersebut hanya ideal digunakan di ruangan kecil dengan tujuan untuk menampilkan teks, seperti untuk kegiatan belajar-mengajar di kelas.

Sementara itu, proyektor dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi cenderung lebih fleksibel dalam penggunaannya. Proyektor tersebut lantas dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, bahkan untuk memutar film sebagai bagian dari home theater Anda sekalipun. Karena itu, Anda jelas jangan sampai menyepelekan hal yang satu ini dalam urusan tampilan gambar atau video yang berkualitas, jelas, halus, dan memiliki detail yang tinggi.

Ukuran Resolusi Proyektor

Untuk proyektor, terdapat 7 tingkatan ukuran resolusi proyektor yang umum ditemukan di luar sana: SVGA, WVGA, XGA, WXGA, SXGA+, dan WUXGA – urutan dimulai dari angka resolusi yang paling rendah ke yang paling tinggi. Tentunya, makin tinggi ukuran resolusi yang dimiliki sebuah proyektor, makin besar dan jelas pula ukuran gambar yang dapat diproyeksikan untuk ditampilkan di layar. Meski begitu, Anda perlu mencatat bahwa proyektor dengan resolusi yang lebih tinggi pun berarti harga yang lebih tinggi juga.

Pada dasarnya, proyektor dengan resolusi SVGA, XGA, dan SXGA+ memiliki resolusi dengan aspect ratio 4:3 standar, sama halnya seperti aspect ratio standar proyektor dan komputer pada umumnya. Sementara itu, untuk proyektor dengan resolusi WVGA, WXGA, dan WUXGA, resolusi yang ditawarkan memiliki aspect ratio 16:9. Hal ini dikarenakan ketiga resolusi tersebut memang untuk menampilkan gambar atau video yang lebih lebar (wide), sehingga sangat cocok digunakan sebagai proyektor home cinema. Sebab, film-film saat ini sudah mempergunakan aspect ratio yang sama.

Ukuran Resolusi Proyektor

Proyektor SVGA (800 x 600)

Proyektor dengan jenis ukuran resolusi SVGA mempunyai ukuran 800 x 600, membuatnya dengan resolusi paling rendah. Anda bisa memanfaatkan proyektor jenis ini jika Anda sekadar ingin menampilkan DVD dan video, atau presentasi bisnis atau pendidikan yang memuat PDF, dokumen Word, atau PowerPoint. Beberapa contoh proyektor yang memiliki ukuran resolusi ini misalnya Epson EB-S200, NEC VE281G, dan Microvosion MS330.

Proyektor WVGA (854 x 480)

Proyektor dengan jenis resolusi WVGA, alias versi lebar dari VGA, memiliki resolusi berukuran 854 x 480 piksel. Serupa seperti proyektor SVGA, Anda bisa memanfaatkan proyektor WVGA untuk kebutuhan presentasi pendidikan atau bisnis. Sedangkan untuk video, proyektor jenis yang satu ini bisa memutar video berukuran 480p tanpa harus “menghilangkan” kualitas karena proses kompresi dan ukuran resolusinya.

Proyektor XGA (1024 x 768)

Jenis proyektor yang satu ini bisa dibilang merupakan varian yang paling banyak digunakan masyarakat karena memang sudah bisa menampilkan hasil proyeksi dengan detail dan kualitas yang oke. Dengan dukuran ukuran resolusi sebesar 1024 x 768 piksel, Anda dijamin tidak akan menemukan penurunan kualitas yang berarti dengan proyektor yang satu ini. Salah satu jenis proyektor XGA adalah Panasonic PT-LB1VEA.

Proyektor SXGA+ (1400 x 1050)

Proyektor SXGA+ memiliki ukuran resolusi yang ada di atas proyektor XGA, yaitu 1400 x 1050 piksel. Karena itu, jenis proyektor yang satu ini jelas mampu menghasilkan kualitas proyeksi yang pastinya lebih jelas, halus, dan detail.

Proyektor WXGA (1280 x 720)

Serupa seperti proyektor XGA, proyektor WXGA pun bisa dibilang menjadi jenis yang paling populer digunakan. Dengan ukuran resolusi sebesar 1280 x 720 piksel, ukurannya barangkali tidak terlihat sebesar proyektor SXGA+. Akan tetapi, ukuran resolusi serta aspect ratio yang ditawarkan sebenarnya sudah sangat cukup untuk memutar video atau file film berukuran 720p, lho! Kalau digunakan di ruangan berukuran kecil sampai sedang, Anda bisa menikmati film dengan nyaman tanpa harus terganggu kualitas grafisnya.

Proyektor WUXGA (1920 x 1080)

Sebagai proyektor dengan tingkat resolusi paling tinggi urutan kedua, proyektor WUXGA punya resolusi berukuran 1920 x 1080 piksel. Artinya, jenis proyektor ini bisa digunakan untuk menampilkan film berukuran FHD, alias 1080p. Karena itulah proyektor WUXGA sangat cocok digunakan untuk home theater. Anda pun bisa memanfaatkannya di ruangan besar seperti conferece room.

Proyektor 4K UHD (3840 x 2160)

Proyektor 4K UHD dengan resolusi 3840 x 2160 merupakan proyektor dengan resolusi paling tinggi untuk saat ini. Proyektor 4K umumnya dipergunakan pada luar ruangan. Resolusinya 4 kali lebih besar dibanding proyektor Full HD 1080p sehingga Anda bisa mendapatkan gambar yang lebih detail dan cerah.

Hubungi DimensiData.com

Tentang Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.