Home > Fotografi > Ini Peralatan Dasar Yang Wajib Untuk Bikin Video Vlog di Youtube
Ini Peralatan Dasar Yang Wajib Untuk Bikin Video Vlog di Youtube

Ini Peralatan Dasar Yang Wajib Untuk Bikin Video Vlog di Youtube

Ini 6 Peralatan Dasar Yang Wajib Untuk Bikin Video Vlog di Youtube – Vlog merupakan salah satu jenis blog yang biasanya ditampilkan lewat media video. Vlog atau video blog sendiri umumnya menayangkan aktivitas sehari-hari si pembuat video itu sendiri. Video blog ini semakin hari kian semakin populer, sekaligus dijadikan sebagai aktivitas harian yang menjanjikan.

Di Indonesia sendiri, ada banyak vloggers atau youtubers terkenal diantaranya Bayu Skak, Raditya Dika, Kaesang dan sebagainya yang sukses karena hasil vlognya yang sangat unik. Apabila Anda tertarik memasuki dunia vlogging, tentu saja memerlukan beberapa perlengkapan. Dengan adanya perlengkapan ini, bisa mendukung aktivitas vlogging dengan sangat mudah.

Perlengkapan Dasar Untuk Membuat Video Vlog

Perlengkapan Dasar Untuk Membuat Video Vlog Yotubers pemula

Untuk memulai aktivitas vlog di youtube, tentu Anda harus mengetahui jenis perlengkapan apa saja yang dibutuhkan agar akivitas tersebut bisa berjalan. Tentunya untuk memilih perlengkapan vlog ini sendiri tak harus mahal.

Diantara semua peralatan yang diperlukan, sebenarnya hanya terdapat 6 peralatan yang peranannya sangat penting dalam menunjang aktivitas vlog itu sendiri, seperti di bawah ini:

1. Kamera

Rekomendasi Kamera Terbaik Untuk Vlog Youtubers Terbaru

Peralatan yang sangat penting untuk menunjang aktivitas vlog, salah satunya adalah kamera. Anda tentu tak bisa menciptakan aktivitas vlog jika tanpa menggunakan kamera. Hal tersebut dikarenakan untuk menciptakan sebuah video, maka Anda memerlukan kamera. Kamera yang Anda pilih tentu saja perangkat yang berkualitas dengan resolusi tinggi.

Baca: Rekomendasi Kamera Terbaik Untuk Vlog Youtubers Terbaru

Sehingga kualitas video atau gambar yang diperoleh pun lebih maksimal. Namun tentunya, Anda tak perlu harus menggunakan kamera DSLR yang harganya mahal, cukup dengan memanfaatkan action cam untuk memulai aktivitas ini. Kamera smartphone juga bisa diandalkan untuk memulai aktivitas vlog ini.

2. Tripod atau Stabilizer

Stabilizer Kamera dan Smartphone Untuk Vloggers Youtubers

Seperti halnya dengan membuat video vlog dengan kamera mirrorless dan DSLR, maka pakai tripod atau stabilizer pada saat vlogging dengan kamera kamera smartphone, mirrorless dan Kamera DSLR. Kedua alat ini cocok sekali untuk meredam getaran yang dihasilkan tangan saat memegang kamera.

Usahakan gunakan tripod dan stabilizer yang bagus dan sudah teruji agar tidak cepat rusak dan lebih stabil saat dipegang maupun saat diletakkan di atas meja. Senangnya, jikam kamu punya alat ini adalah kamu dapat gunakan di berbagai tempat.

3. Lighting

Kamera Lighting untuk Vlog Terbaik Murah Youtubers

Apabila Anda ingin menjadi seorang vlogger, tentu perlu mendapatkan beberapa lighting yang baik. Vlogger profesional umumnya mengetahui trik-trik tersendiri untuk memproduksi sebuah konten vlog berkualitas. Satu hal lagi yang dapat mempengaruhi aktivitas vlog yaitu pencahayaan atau llighting dalam video.

Tentu saja Anda bisa menciptakan pemakaian efek terbaik dalam lighting alami yang dapat dilakukan seperti dari cahaya matahari, dari jendela maupun yang lainnya. Namun terdapat beberapa sistem lighting yang begitu sempurna yang telah hadir berbentuk perangkat, yang mana Anda bisa mengambil segala yang dibutuhkan dalam kegiatan vlog ini.

4. Microphone

Microphone Terbaik Untuk Video Vlog Youtubers Murah

Di samping memperhatikan kualitas video, Anda juga harus memperhatikan kualitas suara yang dihasilkan. Khususnya video-video dengan mengandalkan narasi. Tak harus mahal sebenarnya untuk memilih microphone tersebut, yang penting adalah bisa menghasilkan suara yang jelas. Hal ini juga disesuaikan berdasarkan budget yang Anda miliki.

5. Laptop atau Komputer

Laptop Terbaik Untuk Editing Video dan Rendering Terbaru Murah

Laptop atau komputer termasuk peralatan penting dan wajib dimiliki seorang vlogger. Hal tersebut dikarenakan melalui laptop atau komputer itulah rekaman video tersebut akan diolah, sesudah video ini disalin dari memory card kamera.

Baca: Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Editing Video dan Rendering 

Usahakan Anda memakai laptop komputer yang memiliki spesifikasi tinggi. Spesifikasi minimum yaitu dengan memakai prosessor Intel Core i3 atau AMD A8 dengan kapasitas RAM 4 GB. Sehingga Anda pun terasa lebih nyaman mengedit video.

6. Software Edit Video

Software Editing Video Yang Bagus

Agar hasil editan video terbaik sebenarnya tak harus memakai software edit video berbayar. Hal yang terpenting yaitu seberapa besar skill atau kemampuan Anda untuk mengolah video itu sendiri. Sebagai seorang pemula, Anda bisa mencoba mengedit video di Windows Movie Maker atau Corel Video Studio Pro X8.

Baca: Rekomendasi 6 Software Editing Video Terbaik

Dimana software yang satu ini cukup mudah dipakai dan sangat direkomendasikan untuk para pemula. Apabila Anda sudah lebih handal dalam urusan editing video, bisa memakai software Adobe After Effects, Adobe Premiere Pro, Sony Vegas Pro dan software yang lainnya.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Review Kelebihan Spesifikasi DJI osmo PLUS Indonesia

Spesifikasi dan Harga DJI OSMO+ Plus, Gimbal Camera Stabilizer 4K Terbaik 2017

Review Kelebihan Spesifikasi dan Harga DJI OSMO+ Plus, Handheld Gimbal Camera Stabilizer 4K Terbaik – Pelengkap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *