Home > Software > Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10 Tanpa Software
Cara Membuat Installer Bootable Flashdisk Windows 7, 8, 10 Tanpa Software

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10 Tanpa Software

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10 Tanpa Software – Pada umum nya Boobatble Via Flash disk terikut dalam bootable yang bisa dikatakan aman dan sangat di anjurkan untuk melakukan instalasi windows. Hal ini dapat dikatakan karena bootable via flashdisk itu dapat menurunkan atau mengurangi keberadaan file corrupt yang berasal dari installer windows itu sendiri.

Seperti hal nya yang sering di alami kebanyakan orang ketika sedang melakukan install windows memakai DVD, dan DVD yang dipakai merupakan DVD dengan kondisi yang tidak baik seperti adanya goresan goresan pada DVD tersebut, namun tetap juga dipakai untuk melakukan installer atau menginstall dan pada akhirnya yang terjadi ialah bluescreen.

Yang harus dilakukan dan diperhatikan dalam melakukan install dengan memakai DVD installer anda harus melihat terlebih dahulu kondisi DVD drive nya apakah dalam keadaan lancar ketika membaca sebuah piringan CD atau DVD dan dalam kondisi yang baik tanpa goresan.

Dan alasan mengapa pada artikel ini disarankan untuk memakai Bootable via Flashdisk, alasan nya karena akan lebih gampang dan mengurangi keberadaan file yang penting yang ada di windows yang corrupt. Namun untuk melakukan cara ini, anda juga harus memperhatikan kondisi flashdisk ny juga.

Cara ini merupakan cara yang gampang untuk anda semua yang ingin melakukan nya. Mengapa demikian ? karena anda tidak butuh melakukan download software, yang diperlukan ialah hanya command prompt yang sudah tersedia oleh windows. Dan yang harus anda siapkan untuk melakukan pembuatan bootable windows pada flash disk ialah sebagai berikut:

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10 Tanpa Software

Langkah Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows

1. Hubungkan atau masukan Flashdisk yang akan anda jadikan sebagai unstaller bootable windows 7, windows 8 dan windows 10. Lebih baik jika anda memakai Flashdisk yang kosong atau masih baru, terbebas dari data.

2. Kemudian tekan WIN + R pada keyboard, Lalu ketik lah diskpart dan kemudian tekan ENTER. Setelah melakukan cara itu, maka anda akan di tujukan pada tampilan kotak dialog  CMD DISKPART.

Cara Membuat Installer Bootable Flashdisk Windows 7, 8, 10

3. Jika sudah ditujukan pada tampilan itu, anda dapat mengetik LIST DISK, dan setelah itu tekan ENTER.

Gambar 1, Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10

Ketika di dalam LIST DISK, maka anda pasti melihat sejumlah drive disk. Disk itu lah yang akan menetapkan atau menentukan hard disk dan juga media yang nanti nya akan anda pakai seperti hal nya flashdisk.

4. Setelah itu, langkah selanjutnya ialah ketik lah SELECT DISK 1 ?(ganti 1 dengan ID dari urutan disk USB flashdisk anda), memilih disk 2 itu juga berdasarkan dengan flashdisk yang anda pakai di disk berapa. Apabila flashdisk anda berada pada disk 3, 4 atau seterusnya, maka anda bisa menukar SELECT DISK 2 menjadi SELECT DISK 3, 4 dan juga seterusnya.

Gambar 2, Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10

5. Dan pada langkah selanjut nya, anda dapat mengetik CLEAN, dan kemudian tekan ENTER untuk menghapus partisi, file system, dan data yang masih tersimpan di USB Flashdisk.

Gambar 3, Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10

6. Ketiklah create partition primary, kemudian tekan ENTER. Pastikan proses pembuatan partisi berhasil.

Gambar 4, Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10

7. Setelah itu jadikan partisi tersebut sebagai active dengan cara mengetikkan ACTIVE dan tekan ENTER. Pastikan partisi sudah berhasil di setting sebagai active.

Gambar 5, Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10

8. Selanjut nya ketikkan format fs=fat32 label=dimensidatacom quick -> Enter (ubah nama label dengan nama yang anda inginkan).

Gambar 6, Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10

9. Ketika cara di atas telah usai, anda ketik EXIT dan ENTER untuk keluar dari diskpart tersebut.

10. Kemudian, siapkan lah installer windows 7, 8 ataupun windows 10 yang nantinya akan anda buat bootable, anda dapat melakukan mount installer dengan format ISO yang sudah anda download memakai software power ISO, daemon, dan lain sebagai nya, atau bisa juga dengan menggunakan DVD installer yang telah anda siap kan dan kemudia copy semua folder dan file yang berada di file DVD installer windows atau ISO tersebut ke dalam flashdisk yang telah di botable tadi.

Gambar 7, Cara Membuat Installer Bootable Flashdisk Windows 7, 8, 10 Gambar 8, Cara Membuat Installer Bootable Flashdisk Windows 7, 8, 10 Gambar 9, Cara Membuat Installer Bootable Flashdisk Windows 7, 8, 10

Jika semua Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10 dan tahap telah selesai, anda dapat eject flash disk yang anda pakai untuk bootable installer windows 7, 8 ataupun windows 10 dan kemudian hubungkan atau masukan kembali, dan perhatikan lah icon drive di flashdisk yang anda pakai apakah sudah berubah menjadi icon installer ataukan belum, jika sudah, berarti anda telah berhasil membuat bootable installer windows 7, 8 ataupun windows 10 via flashdisk. Untuk melakukan install windows via flashdisk, anda harus mengubah primary boot drive di BIOS anda.

Nah sangat mudah sekali kan Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10 Tanpa Software diatas. Semoga dengan cara diatas Anda tidak lagi bingung dan repot-rept lagi untuk membuat bootable installer windows dari CD DVD, cukup dengan flashdisk saja. Semoga bermanfaat.

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Pengertian, Fungsi dan Macam Jenis Versi Sistem Operasi Windows Server

Pengertian dan Macam Jenis Versi Sistem Operasi Windows Server

Mengenal Pengertian dan Macam Jenis Versi Sistem Operasi Windows Server – Pembangunan teknologi informasi dan komunikasi …

One comment

  1. akhirnya setelah muter-muter nyari info bisa dapat disini dan akhirnya netbook saya bisa di instal ulang lewat flashdisk,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *