Home > Komponen > Rekomendasi Komputer PC Server UNBK Rakitan
Rekomendasi Komputer PC Server UNBK Rakitan

Rekomendasi Komputer PC Server UNBK Rakitan

Rekomendasi Komputer PC Server UNBK Rakitan Tahun 2019 Harga Murah – Sekolah saat ini pada umumnya sudah diwajibkan melaksanakan UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer. Namun masih banyak sekolah yang belum mampu mengadakan UNBK secara mandiri karena ketersediaan biaya yang terbatas. Apalagi harga PC Server saat ini juga masih tergolong tinggi. Walaupun demikian, Anda dapat memperoleh PC server dengan harga yang lebih murah dengan PC rakitan.

Harga Komputer Server Saat Ini

Walaupun harga PC Server bervariasi, namun harganya tetap saja masih tinggi, khususnya untuk jenis PC Server Rack mount yang sering digunakan untuk skala perusahaan yang memerlukan pengolahan data dan penyimpanan cukup besar. PC Server yang berkualitas tinggi dibanderol dengan harga hingga ratusan juta. Sementara itu PC Server yang masuk dalam kategori menengah dijual dengan kisaran harga di atas Rp 50 juta. Server yang termasuk low dijual dengan harga sekitar Rp 20 jutaan. Sedangkan PC Server pabrikan tipe tower juga dibanderol dengan harga di atas Rp 10 juta.

Untuk sekolah – sekolah kecil yang jumlah siswanya tidak terlalu banyak, membeli PC server dengan kisaran harga di atas tentu cukup berpengaruh signifikan terhadap keuangan sekolah. Belum lagi untuk penyelenggaraan UNBK juga masih memerlukan server cadangan.

Sebenarnya, spesifikasi PC Server untuk keperluan penyelenggaraan UNBK tidak harus membeli perangkat dengan harga yang mahal. Walaupun dengan budget terbatas, sekolah tetap dapat memperoleh PC Server yang sesuai untuk kebutuhan menyimpan dan membagikan data UNBK dari pusat ke komputer para peserta ujian.

Spesifikasi Komputer PC Server UNBK

Spek yang Dibutuhkan Untuk PC Server UNBK

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan persyaratan minimal mengenai spek PC server UNBK. Berikut ini adalah rincian spesifikasinya:

  • Server PC/Desktop/Tower bukan laptop
  • RAM 8 GB, DDR 3 HDD 250 GB
  • Prosesor 4 Core clock rate 1.6 GHz (64 bit)
  • Sistem operasi 64 bit:Windows 7/Windows 8/Windows Server/ Linux Ubuntu 14.04
  • UPS yang tahan selama 15 menit
  • LAN CARD 2Unit Support Gigabit

Jumlah server menggunakan rasion 1 : 40. Jadi 1 server maksimal digunakan untuk 40 komputer klien dan menggunakan cadangan 1 server.

Rancangan Spesifikasi PC Server UNBK 2019 Rakitan:

  • Prosesor Intel Core i5 2400 (+HSF)
  • Motherboard Biostar H61MF – Q5 support Gigabit
  • Memory RAM kapasitas 16 GB DDR3 (4* 2)
  • LAN CARD (NIC) Gigabit
  • SSD 120 GB
  • Powersupply 450W Dazumba Pure
  • PC Case Armageddon
  • Keyboard Logitech
  • Mouse Logitech
  • UPS Power Up 600 VA

Perkiraan Biaya Komputer Server UNBK Rakitan

Dengan spesifikasi di atas, Anda memerlukan biaya sekitar Rp 5 jutaan. Prosesor biasanya dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan, motherboard sekitar Rp 1 jutaan, RAM sekitar Rp 950 ribuan. Memori dibanderol dengan harga sekitar Rp 500 ribuan, LAN Card seharga Rp 200 ribuan, Power Supply sekitar Rp 500 ribuan, PC Case Rp 500 ribuan, keyboard & mouse Rp 200 ribuan, dan UPS sekitar Rp 500 ribuan.

Harga di atas tentunya dapat berubah sewaktu-waktu dan dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah. Walaupun demikian, merakit PC server sendiri tentunya jauh lebih hemat dibandingkan Anda membeli produk PC server yang sudah pasti harganya di atas Rp 10 juta.

Semoga tips mendapatkan PC Server UNBK tersebut dapat membantu Anda mendapatkan PC server yang terjangkau tetapi dapat bekerja secara maksimal sehingga UNBK di sekolah Anda dapat berjalan secara maksimal.

Hubungi DimensiData.com

Tentang Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.