Home > Komputer > Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tiba-Tiba Mati Sendiri
Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tiba-Tiba Mati Sendiri

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tiba-Tiba Mati Sendiri

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop & Komputer Tiba-Tiba Mati Sendiri – Pernah mengalami komputer tiba-tiba mati sendiri? Tentu hal itu ada sebabnya. Biasanya ini penyebab dan cara mengatasi komputer yang tiba-tiba mati sendiri.

Pengguna komputer sering panik ketika komputer yang sedang digunakan tiba-tiba mati tanpa mengetahui apa penyebabnya. Tak jarang mereka langsung menyimpulkan komputer mengalami kerusakan. Nah, berikut ini beberapa hal yang sering menjadi penyebab laptop dan komputer mati secara tiba-tiba.

Laptop Mati Sendiri

Komputer Terlalu Panas (Overheat)

Komputer tiba-tiba mati paling sering disebabkan karena komputer terlalu panas (overheat). Overheat sering terjadi karena penggunaan yang terlalu lama sehingga komponen komputer bekerja sangat keras. Kinerja komponen komputer akan semakin berat apabila komputer dipakai untuk memainkan game, mengerjakan aktivitas yang membutuhkan memori besar atau menjalankan aplikasi berat.

Untuk mengatasi overheat, taruhlah komputer di ruangan ber-AC sehingga suhu komponen di dalamnya tetap dingin dan tak cepat panas. Selain itu, cek kondisi kipas power supply apakah berfungsi dengan normal atau tidak. Kemudian cek kondisi heatsink processor kering atau tidak. Apabila heatsink kering, segera beri thermal paste. Jangan lupa pula untuk mengecek kondisi kipas casing untuk memastikan apakah kipas masih mampu mendinginkan komponen komputer dengan baik atau tidak.

Sistem Operasi Bermasalah

Sistem operasi yang bermasalah atau sering error juga sering menjadi penyebab komputer tiba-tiba mati. Sistem yang sering error ini bisa terjadi karena ada file sistem yang corrupt atau terdapat error ketika menginstal sistem operasi. Untuk mengatasinya, lakukan repair atau perbaikan sistem operasi menggunakan CD instalan sistem operasi yang masih bagus sehingga bisa berjalan normal kembali.

Kerusakan pada Hardware

Kerusakan pada hardware (hardware error) berpeluang menyebabkan komputer tiba-tiba mati. Hal ini sering terjadi ketika komponen baru ditambahkan ke dalam komputer. Komponen baru tersebut bisa tidak kompatibel dengan spesifikasi komputer sehingga komputer sering mati dan hidup kembali berulang kali. Guna menghindari hal ini, lepaslah hardware baru tersebut kemudian ganti dengan hardware yang benar-benar kompatibel dengan spesifikasi komputer.

Terkena Virus

Komputer yang memasang antivirus rentan serangan virus. Virus bisa menyebar dan menginfeksi program, data maupun sistem komputer sampai rusak strukturnya. Itu sebabnya, ketika Anda membuka suatu program yang sudah terinfeksi kemudian komputer tiba-tiba mati. Langkah ampuh untuk mengatasi hal ini yakni dengan menginstal antivirus terbaru untuk membersihkan virus. Atau bisa juga menginstal ulang sistem dari awal kemudian scan sistem sampai benar-benar bersih dari virus.

Sistem Operasi Tak Sesuai dengan Spesifikasi Komputer

Komputer tiba-tiba mati juga bisa disebabkan karena proses penginstalan ulang. Ketika sistem operasi baru yang diinstal tak kompatibel dengan spesifikasi komputer, maka komputer bisa tiba-tiba mati, kemudian hidup dan mati lagi. Sebagai contoh, komputer yang masih menggunakan processor Intel Pentium 3 tentu tak kompatibel apabila dipasangkan dengan sistem operasi Windows 10. Sehingga seringkali mati ketika komputer dinyalakan.

Solusinya, instal ulang kembali komputer menggunakan sistem operasi yang kompatibel. Apabila spesifikasi komputer tak terlalu tinggi hindari memasangkannya dengan sistem operasi terbaru. Pasanglah sistem operasi yang didukung oleh spesifikasi komputer tersebut.

Masalah Kelistrikan

Penyebab lainnya komputer sering tiba-tiba mati adalah masalah kelistrikan. Listrik yang tidak stabil atau sering padam mengakibatkan komputer tiba-tiba mati. Apabila dibiarkan, lama kelamaan komponen komputer juga berpeluang mengalami kerusakan. Untuk mengatasi hal ini, berikan peralatan penyimpan daya tambahan seperti UPS sehingga komputer masih mampu menyimpan data dan bisa dimatikan sesuai prosedur ketika listrik mati.

Itulah beberapa penyebab laptop dan komputer mati secara tiba-tiba dan cara mengatasinya, semoga membantu.

Hubungi DimensiData.com

Tentang Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.