Home > Peralatan Kantor > Perbedaan Printer Dot Matrix, Inkjet, dan Laserjet
Perbedaan Printer Dot Matrix, Inkjet, dan Laserjet serta Kelebiahannya

Perbedaan Printer Dot Matrix, Inkjet, dan Laserjet

Perbedaan Printer Dot Matrix, Inkjet, dan Laserjet Serta Kelebiahannya – Anda pasti tahu printer dan kegunaannya. Keberadaan printer di kehidupan sehari-hari sudah menjadi teman dalam berbagai pekerjaan. Namun, apakah Anda tahu bahwa printer ternyata memiliki cukup banyak macam dan jenis? Yang biasanya Anda lihat sehari-hari termasuk printer dalam jenis apa? Ada 3 macam jenis printer yang akan dibahas dalam artikel ini. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan printer dot matrix, inkjet, dan laserjet.

Printer Dot Matrix

Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Printer dot matrix merupakan jenis printer yang memiliki resolusi cetak sangat rendah. Meskipun bersaing dengan printer-printer canggih saat ini, fungsi dari dot matrix ini masih tetap digunakan dan diperlukan pada suatu pekerjaan . Nyatanya, printer dot matrix digunakan untuk mencetak laporan dalam rangkap banyak serta bukti-bukti transaksi. Jika Anda penasaran dengan bentuk dari printer matrix dot, Anda bisa menemukannya pada kasir-kasir swalayan dan juga teller di bank.

Suaranya yang keras dengan kualitas cetakan yang kurang jelas pada kertas merupakan ciri khas dari printer dot matrix. Kelebihannya, Anda bisa menghemat biaya kertas, pita, listrik, tinta, dan lainnya. Biaya pemeliharaan untuk printer ini juga tergolong murah. Namun, untuk kekurangannya, Anda harus berhati-hati dalam pemilihan kertas karena tinta pada printer dot matrix tidak tahan lama seperti tinta printer yang biasa digunakan.

Baca Juga  5 Printer Wireless terbaik

Printer Inkjet

Kelebihan dan Kekurangan Printer Inkjet

Printer Inkjet merupakan jenis printer yang menggunakan tinta dye untuk mencetak dengan hasil yang cukup bagus. Printer ini sudah tidak asing bagi sebagian orang karena sangat mudah untuk ditemukan di berbagai tempat. Dokumen-dokumen penting maupun proposal para mahasiswa banyak terbantu oleh keberadaan dari printer inkjet. Saat ini, printer inkjet sudah tersedia dalam banyak macam pilihan dengan perangkat yang berbeda-beda.

Untuk harga satu printer inkjet lengkap bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau, jika dibandingkan dengan printer jeni lainnya. Kurangnya dari printer inkjet ini adalah tinta yang digunakan tidak bisa bertahan lama dan cepat memudar jika terkena air. Meskipun begitu, tinta dye yang digunakan mampu menghasilkan warna tinta yang sangat baik. Selain itu, printer inkjet mudah dimodifikasi dalam penggunaan tinta. Sehingga, Anda bisa menghemat penggunaannya.

Printer Laserjet

Kelebihan dan Kekurangan Printer Laserjet

Printer laserjet merupakan jenis teknologi printer terbaru masa kini. Sebuah inovasi baru untuk menyempurnakan printer-printer sebelumnya. Hasil cetakan dari printer laserjet sangat baik dan lebih cepat. Sangat cocok digunakan pada perkantoran yang cukup padat dan menuntut kecepatan saat menghasilkan cetakan. Performa yang sangat bagus itulah membuat printer laserjet menjadi incaran bagi banyak konsumen.

Tinta yang digunakan pastinya tidak sama dengan printer sebelumya. Serbuk toner yang digunakan sebagai tinta printer laserjet memiliki harga yang jauh lebih murah dari tinta dye. Selain itu, penggunaan tinta bisa dalam jangka waktu yang sangat panjang. Meskipun harga dari printer laserjet lebih mahal dari printer lainnya, namun, biaya pemeliharaan, perawatan, dan pengisian tinta jauh lebih murah dari printer biasa.

Baca Juga  Jenis Proyektor

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, sudah dapat disimpulkan berbagai macam perbedaan printer dot matrix, inkjet, dan laserjet. Masing-masing jenis printer tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Akan tetapi, jika penempatan penggunaannya sesuai dengan keadaan, kekurangan dari masing-masing printer bisa tertutupi dan memanfaatkan dengan baik semua kelebihan yang dimiliki.

Untuk usaha yang Anda geluti dengan berbagai macam laporan, bisa menggunakan printer dot matrix. Yang sedang mengerjakan pekerjaan kuliah dan kantor, printer inkjet dan laserjet bisa menjadi pilihan.

Hubungi DimensiData.com

About Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

5 Proyektor Mini Terbaik 2018 Harga Murah

5 Proyektor Mini Terbaik 2018 Harga Murah – Menonton film atau menampilkan gambar dengan proyektor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.