Home > Komponen > Cara Pasang Kabel Front Panel Pada Motherboard

Cara Pasang Kabel Front Panel Pada Motherboard

Urutan Cara Pasang Kabel Front Panel Pada Motherboard (Power LED, HDD LED, Reset SW, Power SW, USB, Speaker) – Para pekerja yang terbiasa membongkar perangkat komponen komputer pasti tahu apa itu kabel front panel pada motherboard. Pastinya pekerjaan tersebut tidak bagi orang yang masih awam mengenai perangkat keras komputer.

Buat Anda yang sedang tertarik dengan perangkat yang ada pada komputer, berikut ini artikel yang mungkin bisa menjadi langkah awal untuk mengetahui lebih dalam mengenai perangkat keras komputer. Bisa dimulai dari cara pasang kabel front panel pada motherboard.

Pengrtian dan Fungsi Kabel Front Panel

Front panel merupakan sekumpulan kabel yang menghubungkan antara tombol pada reset dan power dengan lampu LED yang terdapat pada casing depan motherboard di dalam CPU. Oleh karena itu, ketika Anda menekan tombol bertuliskan power pada komputer maka, mesin di dalam komputer akan mulai bekerja dan lampu LED menyala berwarna merah. Begitu juga saat Anda melakukan restart pada komputer.

Fungsi kabel front panel sesuai dengan sistem kerja disetiap kabelnya. Kabel pada front panel sendiri terdiri dari HDD LED, Reset SW, Power SW, USB, Speaker, dan Power LED. Berikut ini fungsi dari setiap kabel :

Pengrtian dan Fungsi Kabel Front Panel

  • Kabel HDD LED berfungsi sebagai kabel yang menyalakan lampu pada Hard Disk Drive saat sedang bekerja.
  • Kabel Reset SW berfungsi sebagai kabel yang menghubungkan dengan tombol restart di chasing.
  • Kabel Power SW berfungsi sebagai kabel yang menghubungkan tombol power di chasing.
  • Kabel USB berfungsi sebagai kabel yang menghubungkan lalu lintas data dari port USB pada komputer.
  • Kabel Speaker berfungsi sebagai kabel yang menghubungkan audio pada komputer pada sebuah alat sounds.
  • Kabel Power LED berfungsi sebagai kabel yang menghidupkan lampu pada power komputer.

Cara Memasang Kabel Front Panel Dengan Benar

Sebelum memasang kabel front panel pada komputer, ada baiknya Anda mempersiapkan peralatan-peralatan berikut terlebih dahulu.

  1. Obeng min dan plus untuk membuka dan menutup casing cpu.
  2. Gelang statis untuk melindungi Anda dari setrum listrik.

Setelah persiapan sudah selesai, Anda bisa memulainya dengan mencari slot front panel pada motherboard. Anda harus berhati-hati dan teliti karena ada beberapa slot hampir serupa dengan kabel front panel. Biasanya, pada slot tercantum nama front panel untuk membedakan antar slot. Namun, tidak semua motherboard seperti itu. Jika motherboard Anda tidak tercantum nama, ada baiknya mencari contoh gambar slot front panel.

Sudah menemukannya? Saatnya untuk cara memasang kabel front panel pada motherboard. Pada kabel front panel terdapat 10 pin dengan cara kerja yang berbeda. 5 pin di bagian bawah memiliki penomoran ganjil, dimulai dari angka 1-3-5-7-9. Sedangkan di bagian atas memiliki penomoran genap dengan angka 2-4-6-8-10. Perlu Anda ingat bawah pin memiliki sisi positif dan negatif. Jadi, Anda harus memasangkan tiap sisi sama dengan sisi dari kabel.

Kabel sisi positif harus dipasangkan pada pin positif, dan sebaliknya juga dengan sisi positif. Posisi pemasangan pin seperti :

Cara Memasang Kabel Front Panel Motherboard

  • Pada pin 1 dan 3 dipasang untuk HDD LED.
  • Pada pin 2 dan 4 dipasang untuk kabel Power LED.
  • Pada pin 5 dan 7 dipasang untuk kabel Reset SW.
  • Pada pin 6 dan 8 dipasang untuk kabel Power SW.
  • Pada pin 9 dan 10 dibiarkan kosong.

Itulah urutan cara pasang kabel front panel pada motherboard (Power LED, HDD LED, Reset SW, Power SW, USB, Speaker) yang bisa langsung dipraktekkan.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.