Home > Networking > Pengertian VPN, Cara Kerja VPN, dan Fungsi VPN
Pengertian VPN, Cara Kerja VPN, dan Jenis VPN

Pengertian VPN, Cara Kerja VPN, dan Fungsi VPN

Pengertian VPN, Cara Kerja VPN, dan Fungsi VPN – Setiap orang saat ini membutuhkan jaringan internet sebagai kebutuhan hidup untuk dapat mengakses semua kebutuhan sesuai dengan keinginannya. Namun bagaimana dengan koneksi jaringan yang buruk? Tentu hal ini membuat Anda menjadi kesal dan tidak bersemangat bukan?

Tak hanya itu saja, mengakses informasi yang bersifat pribadi juga tentu Anda harus sangat berhati-hati sekali bukan sehingga hal tersebut tidak tersebar luas. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan itu semua, karena Anda bisa menggunakan VPN. Untuk itu, sebelum membahas lebih jauh, Anda dapat melihat terlebih dahulu pengertian, cara kerja dan kegunaan VPN tersebut pada sebuah jaringan.

Pengertian VPN

VPN atau disebut juga dengan Virtual Private Network merupakan salah satu koneksi yang terdapat antara satu jaringan dengan jaringan yang lainnya yang dapat dilakukan secara privat melalui sebuah jaringan internet. VPN ini juga dapat memungkinkan Anda untuk melakukan sebuah akses informasi yang bersifat pribadi sehingga lebih aman dalam melakukan akses internet seperti melakukan browsing, surfing hingga kegiatan yang lainnya. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan VPN ini, data yang akan dikirimkan menggunakan terenkripsi sehingga data tersebut bisa tetap menjadi rahasia walaupun Anda menggunakan jaringan publik.

Pengertian VPN, Cara Kerja VPN, dan Fungsi VPN

Cara Kerja VPN

Setelah mengetahui pengertian VPN maka selanjutnya Anda juga bisa mengetahui bagaimana cara kerja VPN tersebut. Agar dapat memahami konsep mengenai VPN ini, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai bagaimana prinsip dari kerja VPN ini. Namun, pada dasarnya, VPN ini dapat bekerja seolah-olah dapat membuat jaringan di dalam sebuah jaringan yang disebut juga sebagai tunneling atau terowongan. Nah, tunneling atau terowongan ini nantinya akan digunakan sebagai salah satu jalur yang dibuat privat hanya dengan menggunakan infrastruktur oleh pihak ketiga.

Tak hanya itu saja, VPN juga akan menggunakan teknologi tunneling yang telah ada seperti PPTP, L2TP dan juga IPSec atau disebut juga dengan Internet Protocol Security. Selain itu, VPN ini juga merupakan sebuah perpaduan mengenai antara teknologi tunneling dan juga enkripsi sehingga dapat digunakan lebih aman dibandingkan dengan koneksi jaringan internet pada umumnya.

Dalam menghubungkan VPN ini pada 1 PC dengan yang lainnya, VPN juga membutuhkan sebuah server yang diberi nama Server VPN. Dimana server ini berupa sebuah komputer dengan aplikasi VPN server sehingga keduanya akan dapat mengontak satu sama lain. Selain itu, VPN Server ini juga akan melakukan verifikasi mengenai username dan juga password serta jika berhasil, maka VPN Server tersebut juga akan memberikan IP Address yang baru pada perangkat komputer Client dengan begitu sebuah koneksi atau tunnel akan dapat terbentuk.

Kegunaan VPN

Setelah Anda melihat pengertian, cara kerja dan kegunaan VPN, maka berikutnya Anda bisa melihat informasi mengenai kegunaan VPN itu sendiri di dalam jaringan. Apa saja berikut dapat Anda lihat seperti dibawah ini:

1. Transaksi di Dalam Jaringan Internet Akan Menjadi Lebih Aman

Seperti yang Anda ketahui bahwa saat ini sudah banyak sekali penggunaan e-banking untuk melakukan sebuah transaksi dengan jumlah yang Anda inginkan baik itu dalam jumlah sedikit ataupun banyak. Namun, jika Anda menggunakan VPN ini, maka transaksi ataupun data yang Anda gunakan jauh akan lebih aman dan privat sehingga hal tersebut dapat mengurangi resiko serangan hacker.

2. Mempercepat Proses Download

Bagi Anda yang suka mendownload pasti Anda pernah mengalami yang namanya jaringan yang berjalan lelet bukan terlebih lagi pemakaian jaringan tersebut sangat ramai. Nah, jika Anda menggunakan VPN ini maka dapat meningkatkan kecepatan download sehingga seperti Anda menggunakan jaringan pribadi.

3. Dapat Membuka Akses Untuk Situs di Blokir ataupun di Sensor

VPN juga dapat Anda gunakan untuk mengakses situs-situs yang telah terblokir ataupun disensor. Konten yang seperti ini biasanya di blokir atau di sensor oleh ISP ataupun host terkait dengan regulasi negara ataupun lainnya.
Jadi, bagi Anda yang ingin memasang VPN di dalam jaringan internet Anda, Anda bisa melihat terlebih dahulu mengenai pengertian, cara kerja dan kegunaan VPN tersebut.

Hubungi DimensiData.com

Tentang Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.