Home > Fotografi > Mengenal Macam Jenis Memory Card Pada Kamera Digital
Mengenal Macam Jenis Memory Card Pada Kamera Digital

Mengenal Macam Jenis Memory Card Pada Kamera Digital

Mengenal Macam Jenis Memory Card Pada Kamera Digital DSLR – Mengabadikan momen dalam bentuk gambar, sudah tidak asing bahwa kameralah yang menjadi perantaranya. Kamera terus mengalami perkembangan hingga saat ini dikenal banyak orang ada yang bernama kamera DSLR.

Sebelum kamera DSLR ini muncul ke permukaan dan digunakan oleh banyak orang, terlebih dahulu dipelopori oleh beberapa macam jenis kamera di bawah ini:

  • Kamera Obscura. Kamera obscura ini bisa dibilang sebagai cikal bakal perkembangan kamera dari masa ke masa. Dicetuskan oleh seorang sarjana muslim bernama Ibnu Al-Haitham sekitar 1000 tahun lalu. Ia terkenal dengan Kitab al-Manazir atau Buku Optik.
  • Calotypes atau Daguerreotypes. Dipelopori oleh Louis Daguerre dan Joseph Nicephore Niepce, Calotypes atau Daguerreotypes ini menggunakan pelat tembaga dan perak yang ditambahkand dengan uap yodium agar cahaya menjadi sensitif terhadapnya.
  • Dry Plates. Richard Leach Maddox, menemukan pelat kering gelatin yang menggantikan pelat kering collodion oleh Desire van Monchkoven. Dalam hal kecepatan dan kualitas tentu mengalami pergeseran menjadi lebih baik.
  • Kodak. Kemunculan Kodak ini juga ditandai dengan munculnya film. Kamera yang dipelopori oleh George Eastman ini menggunakan lensa fixed focus dengan kecepatan rana tunggal.
  • Compact Camera. Dipelopori oleh Oscar Barnack yang mengembangkan kamera kompak dengan pembesaran berkualitas tinggi, muncul mula pesaingnya dari lain negara, yaitu Jepang, dengan kamera bermerek Canon.
  • TLRs dan SLRs. TLR atau kamera refleks praktis dibuat oleh Franked an Heidecke Rolleiflex. Kemudian terus dikembangkan hingga ditemukannya SLR dan pada saat itu Nikon mulai masuk ke pasaran.
  • Kamera Analog. Kamera yang muncul pada 1981 ini kurang mendapat respons yang baik, karena beberapa alasan seperti kualitas gambar yang tidak lebih baik daripada film, biaya yang mahal, dan masih belum terdapat printer yang terjangkau kualitasnya.
  • Kamera Digital atau DSLRTerakhir, barulah muncul jenis kamera tercanggih yang bisa mentransfer data menggunakan bluetooth, usb, dan wifi.

Mengenal Macam Jenis Memory Card Pada Kamera Digital DSLR

Itu dia selintas mengenai perkembangan kamera dari masa ke masa. Pada zaman sekarang ini, yang digunakan tentu sudah kamera DSLR. Kamera DSLR ini sendiri dilengkapi dengan kartu memori. Nah, di bawah ini beberapa Macam Jenis Memory Card Pada Kamera Digital:

  • SD atau Secure Digital yang kompatibel pada semua jenis kamera digital.
  • SDHC atau Secure Digital High Capacity, fisiknya sama dengan SD, hanya saja kapasitas penyimpanannya lebih besar.
  • SDXC atau Secure Digital Xtra Capacity, sama dengan SDHC, hanya saja kapasitasnya jauh lebih besar lagi. Yang bisa membaca memori ini biasanya komputer tertentu yang bisa membaca exFAT memori ini.
  • CF atau Compact Flash, kapasitas penyimpanan lebih besar dan kualitas gambar serta video lebih jernih. Ditujukan untuk professional.
  • XD Picture atau Xtreme Digital, ditujukan untuk kamera Fuji dan Olympus milik Fujifilm.
  • Memory Stick Duo, diperuntukan untuk kamera dan ponsel merek Sony keluaran lama. Ukurannya lebih besar dari SD Card.
  • MMC atau Multi Media Card, fisiknya sama dengan SD Card, hanya tidak terdapat kunci di sisinya. Sayangnya, kapasitas penyimpanan masih rendah dan kecepatan sangat lambat.

Itu dia Macam Jenis Memory Card Pada Kamera Digital DSLR. Ketujuhnya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Memilih kartu memori yang mana pun, pertimbangan yang paling utama ialah jenis kebutuhan seperti apa yang benar-benar diprioritaskan.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.