Home > Komputer > Mengenal Laptop VS Notebook

Mengenal Laptop VS Notebook

Sebelum notebook muncul tentunya orang sudah lebih dulu mengenal laptop. Namun pada kenyataannya, orang kini sering salah dalam penyebutan. Setiap yang menyerupai computer dengan layar yang menyatu, hampir semuanya dikatakan laptop, padahal keduanya cukup berbeda. Baik dalam hal harga maupun spesifikasi. Apa yang Anda butuhkan? Sebelum membeli laptop atau notebook pastikan juga Anda mengetahui apa yang menjadi kebutuhan Anda. Sehingga alat yang Anda beli bisa tepat penggunaannya. Siapa yang cocok menggunakan laptop dan siapa yang cocok menggunakan notebook? Tentunya berdasarkan apa yang menjadi kebutuhan setiap hari. Berikut ini penjelasan yang membedakan keduanya, laptop dan notebook:

Mengenal Laptop VS Notebook_2

  1. Laptop

Laptop merupakan modefikasi dari computer yang dibuat dengan bentuk yang lebih simple dan mudah dibawa bepergian. Secara kapasitas, laptop memiliki spesifikasi yang lebih lengkap dibandingkan dengan notebook. Banyak hardware yang ada di laptop namun tidak ada di notebook. Misalnya saja CD room yang biasa ditemukan di laptop, maka itu tidak ditemukan pada notebook. Memori laptop juga jauh lebih besar, sehingga kita bisa menginstall berbagai program dengan ukuran yang besar. Laptop mungkin bisa menyimpan cukup banyak film-film kesukaan Anda serta memutar sebuah CD seperti pada VCD. Menonton di laptop tentu saja jauh lebih puas karena layarnya yang lebih besar di banding notebook. Laptop cocok digunakan oleh para desainer, para pengolah film dan program-program berat yang membutuhkan kapasitas computer yang lebih prima. Meskipun demikian ukurannya lebih besar dibandingkan notebook sehingga memang Anda akan lebih repot membawanya kemana-mana. Ransel Anda akan penuh dengan sebuah laptop yang besar untuk dibawa kemana-mana saat Anda pergi.

  1. Notebook

Seperti namanya, notebook sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai tempat mencatat atau mengetik hal-hal yang sederhana. Para penulis, jurnalis atau blogger cocok menggunakan notebook sebagai tempat untuk mengetik hal-hal penting yang mereka pikirkan saat sedang berada di lapangan. Meskipun saat ini telah banyak muncul teknologi baru seperti ipad dan berbagai smartphone canggih lainnya, namun harus diakui bahwa notebook tetap memiliki keunggulan tersendiri. Notebook lebih nyaman digunakan untuk mengetik dan bisa langsung dikoneksikan dengan infokus saat melakukan presentasi. Notebook cukup ringan dikemas dalam tas. Memorinya tidak sebesar laptop dan tidak memiliki CD room. Anda tidak bisa menginstall program-program berat di sebuah notebook dan tidak bisa melakukan penyimpanan data dengan kapasitas-kapasitas yang besar secara permanen.

Jadi masing-masing notebook dan laptop memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Lalu bagaimana sebaiknya? Idealnya tentu saja Anda harus memiliki keduanya untuk memudahkan hal-hal yang akan Anda lakukan. Di rumah Anda tersedia laptop dengan kapasitas yang tinggi untuk kebutuhan kerja dengan program-program yang berat. Sementara jika Anda sedang mobile maka Anda bisa menggunakan notebook untuk memudahkan Anda mengetik dimana pun Anda mendapatkan ide untuk menulis atau mengetik. Harganya notebook biasanya separuh dari harga laptop, seperti juga kemampuannya yang hanya setengah dari kemampuan laptop. Bagi para penggila teknologi pastinya akan melengkapi setiap kebutuhan mereka baik itu laptop, notebook, ipad, ponsel pintar dan sebagainya karena memang masing-masing memiliki fungsi yang lebih khusus sehingga bisa digunakan sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan. Jadi sebelum membeli pastikan Anda tau akan Anda gunakan untuk apa yang Anda beli tersebut supaya lebih efisien dalam hal biaya dan penggunaan.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.