Home > Gadget > Faktor Penting yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Tablet

Faktor Penting yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Tablet

Tablet sekarang semakin digemari oleh konsumen karena mampu menunjang kebutuhan dengan konsep yang lebih praktis dan mudah. Konsep tablet sebenarnya tidak jauh beda dengan smartphone atau laptop pada umumnya. Perangkat ini mempunyai prosesor, sistem operasi, dan komponen penting lainnya untuk mendukung perfomanya. Namun, ciri khas tablet adalah layar sentuhnya. Kebanyakan tablet yang dijual di pasaran menggunakan layar berukuran 7 inchi. Jika Anda ingin membeli tablet baru, Anda perlu mempertimbangkan beberapa aspek penting dari teknologi tersebut. Jangan sampai Anda salah pilih dan tidak bisa menentukan tablet yang sesuai untuk kebutuhan Anda.

Kecepatan Prosesor

Kecepatan prosesor sangat menentukan perfoma yang diberikan oleh tablet tersebut. Namun, prosesor yang digunakan dalam tablet tidak dibuat sendiri oleh produsen tablet tersebut. Prosesor disediakan oleh pihak ketiga dan Anda perlu memperhatikan merk dan kecepatan prosesor yang ditawarkan. Biasanya produsen menggunakan prosesor yang lebih rendah kualitasnya untuk menekan harga tablet dan itu merupakan strategi bisnis yang lumrah diterapkan. Untuk mendapatkan tablet dengan perfoma handal, Anda bisa mempertimbangkan prosesor Qualcomm. Untuk tablet harga terjangkau, kecepatan prosesor yang ditawarkan biasanya sekitar 600 MHz sampai 1 GHz.

Kapasitas RAM

Kapasitas RAM juga menentukan kecepatan dan perfoma tablet yang Anda beli. Pilihlah tablet dengan kapasitas RAM yang lebih besar untuk mendukung kebutuhan Anda. Dengan perfoma lebih baik, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat atau menikmati hiburan multimedia dengan lebih lancar. Untuk menunjang perfoma tersebut, produsen biasanya memberikan kapasitas RAM yang berbeda mulai dari 128 MB sampai 1 GB. Tablet dengan kapasitas RAM terbatas akan mempersulit Anda saat melakukan multi tasking.

Sistem Operasi

Perhatikan sistem operasi yang ditawarkan oleh tablet tersebut. Sama seperti prosesor dan RAM, sistem operasi juga sangat menentukan perfoma. Pilihlah versi OS terbaru untuk mempermudah Anda dalam mengoperasikan tablet tersebut. Saat ini, sistem operasi Android menjadi OS yang paling digemari di pasaran. Anda bisa mendapatkan perfoma yang lebih dengan sistem operasi buatan Google ini.

Ukuran Layar

Tablet biasanya dijual dengan ukuran layar sekitar 7 inchi. Jika ingin mendapatkan tablet yang lebih nyaman dipandang mata, Anda bisa memilih ukuran layar yang lebih besar. Namun, perbedaan layar setengah atau satu inchi saja bisa membawa perubahan yang sangat signifikan pada harga tablet tersebut.

Produktivitas

Tablet juga bisa diterapkan untuk bekerja, terutama bekerja secara mobile. Jika Anda ingin menggunakan tablet untuk tujuan yang lebih serius, Anda harus mempertimbangkan faktor produktivitasnya. Jika memungkinkan, pilihlah tablet yang disertai dengan aksesoris berupa keyboard docking. Anda bisa mengetik dengan keyboard ‘nyata’ untuk membuat tugas selesai lebih cepat. Perfoma yang ditawarkan oleh tablet juga sangat menentukan produktivitasnya.

Harga

Harga menjadi pertimbangan penting terutama bagi pembeli dengan daya beli terbatas. Untuk mendapatkan harga terjangkau, sering-seringlah mengunjungi pameran komputer atau mencari diskon khusus yang ditawarkan oleh produsen tablet di internet. Diskon yang ditawarkan biasanya mencapai 20% dan itu sudah meringankan beban Anda saat membayar produk baru tersebut. Vendor baru juga tidak segan-segan untuk memberikan diskon besar karena mereka ingin memperkenalkan produk mereka yang belum dikenal di pasar sebelumnya. Tanpa menunggu diskon, Anda juga bisa mendapatkan tablet yang lebih murah. Tablet terjangkau biasanya dijual dengan perfoma dan fitur yang tidak terlalu lengkap tetapi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Satu komentar

  1. Sepertinya jaman sekarang yang paling dan harus ditekankan jika beli hanphone atau pun tablet adalah prosesor, meski point lainya juga harus diperhatikan. saya setuju dengan urutan di mana prosesor menempati urutan pertama pada tulisan di atas, karena semakin besarnya kapasitas dan proses yang dijalankan aplikasi-aplikasi sekarang, apalagi aplikasi-aplikasi game. aplikasi standar seperti chrome, facebook pun sangat memakan resource.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.