Home > Komponen > Cara Menghitung Kebutuhan Daya Pada Komputer
Cara Menghitung Kebutuhan Daya Pada Komputer

Cara Menghitung Kebutuhan Daya Pada Komputer

Cara Menghitung Kebutuhan Daya Pada Komputer – Jika anda peduli dengan komputer anda, pastinya anda memperhatikan tentang kebutuhan daya dengan baik dan benar. Yup, daya sangat dibutuhkan oleh setiap komponen dari komputer untuk melakukan aktivitasnya.

Dalam hal ini, daya yang diberikan harus ideal dan tidak boleh berlebih. Selain itu, Power Supply yang dipasang dalam CPU juga harus memiliki kualitas yang baik.

Nah, untuk anda yang tidak tahu bagaimana menghadapi masalah ini, begini Cara Menghitung Kebutuhan Daya pada Komputer Yang Benar untuk diterapkan pada komputer anda.

Menghitung Kebutuhan Daya Pada Komputer

Sebelum membeli Power Supply yang cocok, anda harus menghitung seberapa besar kebutuhan daya yang diperlukan oleh komputer anda. Di sini, ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengetahui kebutuhan daya pada komputer anda.

Cara Mengetahui Kebutuhan Daya Pada Komputer

1. Cooler Master: Power Supply Calculator

Perangkat yang satu ini adalah sebuah Power Supply Cooler Master yang sangat populer di kalangan mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia komputer. Bahkan, di website resmi mereka juga menyediakan alat yang bisa membantu kita untuk mengkalkulasi daya yang dibutuhkan oleh komputer agar bisa memberikan performa yang terbaik.

Nah, untuk memanfaatkan alat tersebut, anda hanya perlu memasukkan semua nama komponen yang dimiliki oleh komputer anda. Lebih jelasnya, anda harus mengisi jenis komputer, CPU, soket, jumlah dan kapasitas RAM, jumlah dan kapasitas HDD/SSD, tipe mouse dan keyboard, jumlah VGA dan modelnya, utilisasi dari CPU, dan waktu dalam menggunakan komputer anda.

Setelah mengisi semua kolom di website resmi dari Master Cooler, anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya – yaitu mengklik tombol huting. Kemudian, anda akan diberitahukan seberapa besar daya yang dibutuhkan oleh komputer anda untuk menjalankan performanya. Selain itu, anda juga diberi rekomendasi pengaturan dan watt dari Power Supply yang harus anda beli.

2. OuterVision Power Supply Calculator

Sama seperti Cooler Master, aplikasi yang satu ini juga akan membantu kita dalam menghitung daya yang dibutuhkan oleh komputer. Anda bisa mengunjungi situs resmi Outervision untuk langsung menggunakan aplikasi yang disediakan. Ada dua versi yang diberikan oleh Outervision kepada kita, yaitu versi “Basic” dan versi “Expert”. Keduanya memiliki standard yang berbeda dalam melakukan penghitungan daya.

Baca Juga  Daftar Harga Desktop PC All In One Lenovo Murah Terbaru 2108

Tapi intinya sama, anda harus memasukkan data dari komputer anda untuk menentukan daya yang paling ideal. Untuk versi “Basic”, anda perlu mengisi tipe motherboard, kapasitas dan jumlah RAM, kapasitas dan jumlah HDD/SSD, tipe dan jenis Drive, monitor dan ukuran, waktu dalam menggunkan komputer, serta beberapa aplikasi seperti game atau pengeditan video.

Untuk versi “Expert”, sebenarnya sama dengan versi “Basic”. Namun yang membedakan adalah adanya tambahan data untuk memberikan perhitungan yang lebih akurat. Seperti kecepatan CPU, jumlah USB, jumlah dan ukuran fan, jumlah dan tipe pendingin cair, kartu PCI, dan Clockspeed.

Setelah semua data sudah dimasukkan, anda tinggal mengklik tombol hitung untuk mengetahui besarnya daya yang ideal untuk komputer anda. Sama, Outervision juga akan memberi rekomendasi watt dan Power Supply yang harus anda beli.

Jika anda sudah mengetahui besarnya daya yang ideal, anda bisa menentukan Power Supply yang seperti apa yang cocok untuk memenuhi kebutuhan daya komputer anda. Perlu diketahui, anda tidak perlu mengunduh kedua aplikasi yang telah kami bagikan untuk menggunakannya.

Jadi, setelah mengetahui Cara Menghitung Kebutuhan Daya pada Komputer Yang Benar, sekarang anda tidak akan khawatir lagi dengan komputer anda. Pastikan anda menggunakan Power Supply yang berkualitas.

Hubungi DimensiData.com

About Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Instal Printer Baru ke Laptop Komputer

Cara Instal Printer Baru Tanpa CD Driver Untuk Semua Merk Printer

Cara Instal Printer Baru Tanpa CD Driver Untuk Semua Merk Printer – Anda punya printer …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.