Home > Tutorial > Cara Menghapus Akun Gmail di HP Android
Cara Menghapus Akun Gmail di HP Android Dengan Mudah

Cara Menghapus Akun Gmail di HP Android

Cara menghapus akun Gmail di HP Android — Kehadiran smartphone saat ini semakin canggih. Smartphone mampu berintegrasi dengan berbagai aplikasi lain yang ada. Sebut saja dengan akun Gmail yang dimanfaatkan untuk mendownload aplikasi yang terdapat pada Playstore, untuk kepentingan kirim dan terima email, dan aktivitas yang lain.

Akun ini nantinya bisa Anda manfaatkan untuk mengakses Youtube, dan aplikasi lain yang berhubungan dengan Google. Jika ingin meng-update Google Play, akun email Gmail adalah syarat yang harus Anda miliki untuk melakukan aktivitas tersebut.

Bicara akun Gmail, terkadang saya dan Anda sekalian ingin menghapusnya karena smartphone android selaku perangkatnya mungkin akan dijual dan pindah tangan ke orang lain. Agar lebih aman dan tidak bisa diakses oleh banyak orang, Anda bisa menghapusnya dengan cara menghapus akun Gmail di HP android berikut ini.

Cara Menghapus Akun Gmail di HP Android

Cara Menghapus Akun Gmail di HP Gunakan Cara Remove Account

Pertama adalah dengan cara Remove Account. Anda yang ingin melakukannya bisa mengikuti beberapa tahapan berikut :

  • Buka menu setting yang ada pada smartphone
  • Pilih akun email yang saat ini ingin Anda hapus.
  • Klik Remove Account.
Baca Juga  Cara Aktivasi Windows 10 Pro dan Windows 10 Home Original

Jika ingin masuk kembali ke akun email tersebut, Anda bisa mencobanya dengan memasukkan alamat email yang baru dan mengetikkan passwordnya. Dengan begitu, alamat email Anda tidak akan terakses dengan mudah.

Cara Menghapus Akun Gmail di HP Gunakan Cara Clear Data

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan Clear Data. Cara ini sama mudahnya dengan cara pertama yang bisa Anda terapkan jika kebetulan cara pertama belum berhasil. Caranya :

  • Buka menu setting pada telepon pintar Anda.
  • Lalu kunjungi Application Manager atau Manage Application.
  • Masuk ke Google Apps dan cari Clear Data.
  • Setelah muncul peringatan seperti ini “All information you saved in this application will be deleted permanently “, yang berarti semua data yang pada aplikasi Gmail akan di delete secara permanen dan Anda setuju dengan ketentuan itu, segera klik OK. Tunggu proses penghapusan berakhir.

Lalu, jika Anda ingin masuk kembali menggunakan aplikasi tersebut, pilih menu Back lalu pilih Data Synchronize. Cara lain untuk sampai disini adalah dengan memilih menu Home, kemudian menuju ke menu Settings dan berakhir pada Data Synchronization.

Tunggu hingga terbuka dan Anda bisa masukkan akun Gmail baru seperti biasa. Agar lebih cepat, Anda bisa mengaksesnya dengan masuk ke menu Gmail lalu masukkan email baru yang ingin Anda hubungkan dengan smartphone Anda.

Baca Juga  Cara Mudah Merakit Komputer PC Yang Baik dan Benar

Cara Menghapus Akun Gmail di HP menggunakan Factory Reset Smartphone

Cara ini adalah cara agar smartphone yang kita pegang saat ini kembali pada settingan awal, atau settingan dari pabriknya. Dengan kata lain, memori internal yang tersimpan dalam smartphone Anda akan terhapus.

Memang sedikit berisiko. Namun jika Anda merasa tidak ada data yang penting yang perlu disimpan dan Anda paham risikonya, Anda bisa menghapus akun Gmail dengan cara ini. Berikut langkahnya :

  • Pilih Menu Home yang ada pada smartphone Anda.
  • Pilih Setting Kemudian klik Privacy
  • Cari fitur Factory Data Reset.

Biasanya Anda akan diminta untuk meng-input password. Pakai password standar yang biasa Anda pakai untuk kembali ke pengaturan pabrik. Tunggu sampai proses tersebut selesai, kemudian masukkan kembali alamat email yang Anda inginkan.

Cara menghapus akun Gmail di HP Android tersebut cukup mudah. Anda bisa menerapkannya saat smartphone akan berpindah tangan atau saat terjadi error dengan play store.

Hubungi DimensiData.com

About Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.