Home > Software > Mengenal Pengertian Software dan Jenis Software
Mengenal Pengertian Software dan Jenis Software

Mengenal Pengertian Software dan Jenis Software

Apa itu Software? Mengenal Pengertian Software dan Jenis Software – Pastinya Anda sudah sering mendengar kata software dalam keseharian Anda. Bagi Anda pengguna komputer, Anda tentu sangat familiar dengan hardware dan software. Sebab,ketika mulai mengenal komputer, terlebih dahulu Anda akan dikenalkan pada perangkat komputer berupa hardware dan software. Hal ini karena software dan hardware menjadi bagian penting agar komputer dapat bekerja dengan baik.

Lalu apa itu software? Nah jika Anda masih bingung dengan pengertian software ada baiknya Anda mengenal pengertian software dan jenis software terlebih dahulu. Jika hardware pada komputer adalah perangkat keras yang mendukung fungsi komputer seperti CPU, monitor, serta mouse. Software dalam komputer disebut perangkat lunak sebab tidak dapat dilihat secara fisik namun dapat dirasakan manfaatnya secara digital.

Pengertian Software

Software atau perangkat lunak dalam komputer dapat dikatakan sebagai penghubung antara perangkat keras dengan pengguna. Software merupakan sekumpulan data elektronik berupa program atau instruksi yang tersimpan dalam komputer, dan akan mengerjakan suatu perintah dari pengguna komputer secara digital. Meskipun tidak terlihat secara nyata, namun keberadaan software sangat penting dalam suatu perangkat untuk dapat bekerja dengan baik sehingga dapat digunakan oleh manusia.

Jenis-Jenis Software

Jenis-Jenis Software

Sebagai bagian penting dalam suatu perangkat elektronik, software dibagi menjadi beberapa jenis tergantung kegunaanya. Berdasarkan jenisnya software dapat dibagi menjadi sistem operasi atau operating system, bahasa pemrograman, dan program aplikasi. Dapat dilihat bahwa suatu perangkat dapat bekerja dengan baik, perlu adanya beberapa software yang bekerja didalamnya.

Sistem Operasi (Operating System)

Sistem operasi atau yang sering disebut sebut sebagai OS. Keberadaan OS dalam suatu perangkat baik itu komputer, handphone, tablet maupun perangkat elektronik lainnya sangat penting karena tanpa adanya OS, hardware tidak dapat digunakan. Pada suatu komputer keberadaan OS berguna untuk memberikan instruksi pada prosesor sesuai dengan permintaan pengguna perangkat. OS akan mengatur segala sesuatu yang terjadi di dalam CPU komputer, OS juga menjadi platform untuk menjalankan software aplikasi.

Ada beberapa macam OS yang banyak digunakan dalam perangkat komputer seperti microsoft windows, UNIX, Linux, Macintosh OS. Bagi pengguna handphone, tablet, atau perangkat serupa lainnya pasti sudah sangat familiar dengan android. Saat ini sebagian besar handphone dan perangkat serupa lainnya dilengkapi dengan software untuk handphone berupa android. Ada juga pengguna iPhone yang menggunakan iOS. Hal ini menunjukkan bahwa software menjadi kunci terciptanya kegiatan digital yang kita lakukan sehari-hari. Tidak ada aktivitas digital yang bisa dilakukan tanpa software dan hardware.

Program Aplikasi (Application Program)

Software jenis ini adalah perangkat lunak yang keberadaannya berguna untuk melakukan kegiatan khusus. Software ini berguna untuk melakukan suatu perintah tertentu, sebut saja aplikasi program untuk menulis, presentasi, mengolah angka, mengolah data statistik, melakukan kegiatan akuntansi dan sebagainya. Salah satu jenis aplikasi program untuk mengolah angka adalah microsoft excel, kspread, open office cals dan sebagainya. Sedangkan program aplikasi kegiatan menulis yaitu microsoft word.

Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Software jenis ini berfungsi untuk memberikan instruksi yang berguna untuk mendefinisikan program aplikasi komputer. Data yang digunakan dalam software ini berupa sintak dan semantik. Salah satu jenis bahasa pemrograman yang banyak dikenal adalah Java, Microsoft Visual Basic, PHP dan lain sebagainya. Keberadaan software ini sangat berperan dalam terlaksananya instruksi yang diberikan oleh pengguna pada suatu perangkat.

Disamping berbagai jenis software tersebut, masih ada beberapa software yang dibagi berdasarkan distribusinya. Beberapa jenis software yang dibagi berdasarkan jenisnya yaitu ada adware, opensource, freeware, sharewere dan spyware. Jenis software yang bebas digunakan adalah software opensource yang dapat digunakan umum. Software ini umumnya dibuat oleh perorangan atau komunitas dengan lisensi GPL atau General Public Licence. Adapula software freeware yang bisa digunakan bebas kapanpun tanpa ada batasan waktu penggunaan. Freeware umumnya memiliki fitur yang kurang begitu lengkap.

Hubungi DimensiData.com

Tentang Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.