Home > Berita Teknologi > Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC dan Laptop Dengan CMD
internet cepat dengan cmd

Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC dan Laptop Dengan CMD

Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC dan Laptop Dengan CMD – Kebutuhan akses internet dari hari ke hari memang kian diperlukan karena sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan atau tugas sekolah. Karena itu, setiap orang yang berselancar di dunia maya perlu mengetahui Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC dan Laptop Dengan CMD agar kecepatan koneksi internet dapat memenuhi kebutuhan Anda. Untuk mempercepat akses internet anda harus memakai berbagai macam trik supaya koneksi internet Anda bisa stabil. Berikut Cara Mempercepat Konseksi Internet di PC dan Laptop Dengan CMD.

Salah satu trik mempercepat koneksi internet di laptop dan PC ialah dengan memanfaatkan CMD. Dalam hal ini Anda perlu membuka CMD administrator terlebih dulu. Adapun caranya ialah dengan klik kanan di mouse kemudian pilih run as administrator.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC dan Laptop Dengan CMD Mudah

Cara mempercepat koneksi internet pc dan laptop dengan cmd

Dengan memakai cara ini, maka kecepatan internet di PC yang berbasis Windows dapat ditingkatkan. Cukup dengan memakai perintah-perintah khusus lewat Command prompt, karenanya kecepatan internet bisa ditingkatkan. Sehingga nantinya dapat diperoleh dengan cara menonaktifkan otomisasi global dalam jaringan perangkat yang terkoneksi.

Sekarang ini akses internet memang telah menjadi kebutuhan pokok untuk sekolah, perusahaan, perbankan maupun yang lainnya. Akan tetapi, dengan banyaknya pemakaian internet di berbagai institusi tentunya membuat server menjadi terbebani, karenanya membuat akses internet yang dipakai menjadi lambat.

Adapun tutorial yang akan Kami jelaskan akan membantu Anda mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi masalah akses internet. Cara di bawah ini bisa diaplikasi pada perangkat Windows 8.1, Windows 8, dan Windows 7. Dimana caranya cukup sederhana, yakni dengan mengikuti perintah-perintah yang ada dalam command prompt atau CMD saja.

Apa saja perintah yang harus diikuti lewat Command Prompt?

Pertama-tama Anda harus memunculkan CMD terlebih dulu. Maka dari itu, klik Start pada Windows terlebih dulu kemudian ketik CMD pada menu “Search program and files”, lalu klik kanan di ikon CMD dan pilih menu “run as administrator”. Sesudah itu, akan muncul tampilan command prompt, lalu pada CMD Anda bisa arahkan menuju root directory yakni “C:\” dengan cara ketik “CD C:\”.

Adapun tutorial untuk menjalankan perintah lewat command prompt itu sendiri ialah sebagai berikut :

  1. Periksa kecepatan internet memakai perintah “ping” ke dalam default gateway

Langkah pertama untuk meningkatkan koneksi internet ialah Anda harus mengetahui berapa besar kecepatan akses internet yang digunakan saat ini. Karena itu, Anda harus mencari tahu terlebih dulu alamat IP pada default gateway yang terdapat dalam jaringan. Sebab nantinya Anda akan memakai alamat IP tadi untuk mengetahui besarnya kecepatan internet yang dipakai.

Cara mengetahui IP pada default gateway, yaitu dengan ketik perintah all/ipconfig di command prompt. Kemudian catat IP address pada default gateway. Kemudian ikuti perintah “ping”dilanjutkan dengan -t lalu IP address default gateway, lalu dilanjutkan dengan ping-t.

Dengan cara tersebut, Anda akan melihat lamanya waktu paket data yang diterima. Selain itu, dengan periode waktu yang semakin berkurang, kecepatan koneksi internet pun semakin cepat. Dengan kata lain, target Anda ialah untuk memperkecil lamanya periode waktu.

  1. Lepaskan IP address yang telah teralokasi

Saat perangkat terhubung ke dalam akses internet, maka akan ada IP Address yang dialokasikan pada perangkat tersebut. Kecepatan pada IP yang telah digunakan pun biasanya akan dibatasi, karena itu Anda harus memakai IP Address dengan menjalankan beberapa perintah dengan mengetikkan ipconfig/renew.

  1. Menghapus DNS

Kebanyakan DNS dan sistem operasi secara otomatis langsung melakukan penyimpanan pada IP address dan hasil penelusuran DNS. Biasanya hal tersebut dilakukan bertujuan untuk mempercepat proses pemanggilan hostname yang serupa. Tak jarang hasil yang dianggap kurang bagus akan tersimpan juga, karenanya Anda harus membersihkan terlebih dulu hasil penyimpanan tadi agar tercipta komunikasi yang bagus dengan server tujuan. Jika Anda tak membersihkan penyimpanan pada DNS, maka akses internet Anda pun menjadi lebih lambat.  Cara membersihkannya ialah ketikkan ipconfig/flushdns pada CMD.

  1. Pakai perintah netsh

Terdapat 2 perintah yang harus dijalankan dalam meningkatkan akses internet. Pertama-tama dengan mengetikkan “netsh interface tcp set global autotuning=disable”. Kemudian ketikkan “netsh interface tcp set heuristics disabled”.

Jika Anda sudah menjalankan perintah-perintah tersebut, Anda harus memeriksa koneksi menuju default gateway kembali dengan menjalankan perintah “ping” seperti di atas. Jika semua perintah Anda jalankan langkahnya sudah sesuai urutan, maka kecepatan akses internet pun akan berubah langsung yang direfleksikan lewat periode waktu.

Hubungi DimensiData.com

Tentang Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.