Home > Berita Teknologi > Cara Membuat WiFi Sendiri dengan Modem dan Router

Cara Membuat WiFi Sendiri dengan Modem dan Router

Cara Membuat Jaringan Internet WiFi Sendiri Gratis dengan Modem dan Router – Internet yang lancar dan mudah diakses kapan saja merupakan dambaan setiap orang. Nah, kini akses internet tidak hanya bisa didapatkan dari penyedia wifi di sekitar karena Anda bisa membuat wifi sendiri dengan menggunakan modem dan router. Selain itu Anda juga bisa membatasi siapa saja yang bisa mengakses jaringan yang Anda buat sendiri tersebut. Untuk penjelasan lebih lanjut berikut cara membuat WiFi sendiri dengan modem dan router.

Modem

Modem merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi untuk mengubah sinyal sehingga dalam proses menerima dan mengirim pesan bisa berjalan dengan lancar. Modem sendiri merupakan sebuah singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator memiliki fungsi sebagai pengubah sinyal informasi untuk dijadikan sinyal pembawa data dan siap dikirimkan. Sedangkan demodulator adalah bagian yang bekerja sebagai pemisah sinyal informasi dan sinyal pembawa yang bisa diterima dengan baik.

Modem sendiri terdiri dari bermacam jenis, yakni:

  1. Modem eksternal yang berupa perangkat keras, digunakan pada komputer atau laptop dalam rangka mengakses internet. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Begitupun sebaliknya, sinyal analog akan diubah menjadi sinyal digital dan diproses lebih lanjut oleh komputer.
  2. Modem internal yang merupakan perangkat jaringan telah tergabung dalam motherboard dan tidak memiliki lampu indikator serupa modem eksternal.
  3. Modem ISDN yakni sebuah sistem telekomunikasi yang menyediakan layanan berupa data, suara atau gambar yang diintegrasikan dalam jaringan
  4. Modem GSM yakni modem yang menggunakan jaringan telepon seluler sebagai media transfer data. Modem ini akan berfungsi setelah dihubungkan dengan kartu SIM GSM.
  5. Modem analog yaitu perangkat yang digunakan untuk membentuk sinyal analog dimana akan diubah menjadi sinyal digital nantinya.

Router

Router merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan guna untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama maupun berbeda. Router ini adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tempat tujuan dengan proses routing.

Fungsi utama dari router adalah membagi atau mendistribusikan IP address baik secara statis atau DHCP kepada setiap perangkat komputer yang terhubung ke router tersebut. Dengan tersedianya IP address yang unik dari router tersebut memungkinkan setiap komputer untuk saling terhubung dan melakukan komunikasi baik itu pada jaringan LAN maupun internet.

Cara membuat wifi sendiri dengan modem dan router

Cara Membuat WiFi Sendiri dengan Modem dan Router

Mulanya Anda harus mempersiapkan alat yang dibutuhkan untuk membuat wifi. Berikut daftar alatnya:

  • Modem GSM lengkap dengan kartu SIM yang telah diisi paket internet.
  • WiFi router
  • Laptop / PC

Kemudian, ikuti langkah berikut:

  1. Pertama kali Anda harus mendownload software connectify, Anda bisa memilih yang gratis maupun berbayar. Namun yang perlu Anda ketahui adalah apabila software gratisan maka aksesnya juga terbatas.
  2. Siapkan wifi router Anda yang akan dijadikan sebagai Access Point untuk pengguna. Atur WAN ke Dynamic IP, LAN ke DHCP. Cara ini bisa langsung membuat WiFi router mengambil pengaturan IP Address dari LAN komputer dan pengaturan DHCP pada LAN akan mengatur secara otomatis distribusi IP Address pada penggunanya.
  3. Jalankan koneksi internet melalui modem, kemudian pilih koneksi modem sebagai koneksi yang kan dibagi dengan pengguna pada kolom internet to share. Pada tab Advanced Setting, pilih Ethernet card pas isian Share Over lalu pilih Ethernet pada sharing mode.
  4. Setelah itu Anda sudah bisa menjalankan hotspot dan mencoba koneksi WiFi Router melalui laptop atau Android Device. Nanti Anda akan melihat status koneksi yang tersambung adalah WiFi router.

Tips untuk Membuat Sinyal WiFi Router Lebih Kuat

  1. Atur posisi antena wifi router agar pancaran sinyalnya kuat.
  2. Kurangi penghalang seperti pintu, dinding dan lantai karena hal itu dapat menghambat sinyal yang dipancarkan.
  3. Perbaharui selalu firmware wifi router agar kecepatan sinyalnya lebih tinggi.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara membuat WiFi sendiri dengan modem dan router. Semoga dapat membantu Anda untuk menghasilkan jaringan internet sendiri.

Hubungi DimensiData.com

Tentang Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.