Home > Networking > Alat Untuk Membuat Jaringan WIFI RT RW NET
Alat Untuk Membuat Jaringan WIFI RT RW NET

Alat Untuk Membuat Jaringan WIFI RT RW NET

Alat Untuk Membuat Jaringan WIFI RT RW NET Sendiri Mudah dan Murah – Jaringan komputer dalam ruang lingkup wilayah kecil dikenal sebagai jaringan WIFI RT RW NET, melalui jalur kabel atau Wireles 2.4 Ghz. RT RW NET merupakan jaringan komputer swadaya masyarakat dalam bentuk komunikasi rakyat dan bebas dari undang-undang serta birokrasi pemerintah. Berikut alat untuk membuat jaringan WIFI RT RW NET sendiri mudah dan murah.

Mengenai Jaringan WIFI RT RW NET

Sejak tahun 1996 istilah RT RW NET pertama kali digunakan oleh para mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), jaringan tersebut disambungkan melalui rumah kos mereka ke kampus UMM yang terkoneksi melalui jaringan GlobalNet dengan gateway internet di ITB di Malang. Sambungan tersebut memiliki kecepatan 1200bps yang dilakukan menggunakan walkie talkie di VHF band 2 meter. Jaringan yang disambungkan ke beberapa rumah di lingkup kos-kosan dinamakan sebagai jaringan RT/RW-net oleh para mahasiswa Malang.

Konsep jaringan internet RT RW NET menyerupai dengan konsep warnet. Untuk membuat jaringan WIFI RT RW NET sendiri adalah dengan menyewa bandwith dari penyedia internet seperti Telkom. Tujuan menggunakan jaringan RT/RW-net ini adalah sebagai pengembangan internet murah di kalangan masyarakat serta mendirikan kelompok-kelompok yang sadar akan internet.

Pemasangan WIFI RT/RW-net sendiri dikenakan biaya Rp 700r ribu per bulan, jika di share untuk 10 orang Anda sehingga setiap orang cuma membayar Rp 70 ribu perbulan. Topologi dalam sebuah perangkat RT/RW-net meliputi sumber koneksi internet, modem, pemancar WIFI, antena, dan Client. Sedangkan untuk kebutuhan perangkat standar, meliputi modem atau router yang sesuai dengan sumber jaringan internet.

Alat Untuk Membuat Jaringan WIFI RT RW NET

Alat untuk membuat jaringan WIFI RT RW NET yang sederhana hal yang harus diperhatikan adalah koneksi internet Unlimited yang dijadikan sebagai Backbone pemancar RT/RW-net kalian dengan mudah. Ada beberapa peralatan pendukung membangun jaringan RT/RW-net ini sebagai berikut:

Jaringan RT RW NET

1. Access Point

Access point ini berfungsi sebagai hub/switch yang yang menghubungkan jaringan wireless/nirkabel dengan jaringan lokal. Koneksi internet yang menggunakan access point ini akan dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio. Kekuatan sinyal sangat mempengaruhi area yang dijangkau, semakin tinggi kekuatan sinyal maka semakin luas jangkauannya.

2. Antena (Omni Sectoral)

Antena omni eksternal diperlukan jika ingin memperluas coverage area hingga beberapa kilometer. Walaupun saat membeli Acces Point sudah dilengkapi dengan antena omni ini, tetapi belum cukup karena kekuatannya Cuma 3-5dB. Antena omni eksternal ini berguna untuk memperluas wilayah jangkauannya dengan kekuatan 15dB. Pancara radiasi dari antena omni ini 360 derajat, sehingga cocok menjangkau klien dari arah manapun.

3. POE (Power Over Ethernet)

Untuk mengaktifkan Acces Point ini dibutuhkan alat POE yang berguna untuk mengalirkan listrik lewat kabel ethernet atau kabel UTP/STP. Alat ini sangat praktis sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk mengulur kabel listrik ke atas tiang tower, jadi lebih hemat dan praktis.

4. Box Access Point

Box Acces Point merupakan pelindung berbentuk kotak yang berfungsi melindungi Acces Point dari keadaan hujan. Kotak ini ada yang terbuat dari besi maupun terbuat dari plastik. Box ini umumnya dilengkapi dengan kunci pengaman dan harus ditaruh di bawah antena. Box Access Point ini digunakan untuk indoor saja jika outdoor tidak perlu lagi.

5. Kabel UTP/STP

Peranan kabel UTP/STP sangat membantu dalam membuat jaringan WIFI RT RW NET. Walaupun namanya perangkat Wireless, kabel ini mampu menghubungkan Access Point dengan jaringan kabel pada LAN lokal. Kabel UTP/STP dengan kualitas baik dapat melancarkan kualitas arus listrik yang dilalui oleh Power Over Ethernet (POE).

6. Kabel Pigtail/Kabel Jumper

Cara membuat jaringan WIFI RT RW NET yang terakhir adalah menggunakan Kabel Pigtail atau Kabel Jumper. Kabe ini dibutuhkan untuk bisa tersambung dengan antena omni dan Access Point. Panjang kabel yang diperlukan hanya 1 meter saja, karena lebih dari 1 meter bisa menyebabkan degradasi sinyal. Ujung kabel tersebut memiliki konektor yang disesuaikan dengan konektor yang sudah melekat dengan Acces Point. Apabila menggunakan AP outdoor misalnya bullet maka saat ini tidak dibutuhkan.

Hubungi DimensiData.com

Tentang Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.