Home > Berita Teknologi > Prebedaan Layar qHD, HD, Full HD, Quad HD dan Ultra HD
Prebedaan Layar qHD, HD, Full HD, Quad HD dan Ultra HD

Prebedaan Layar qHD, HD, Full HD, Quad HD dan Ultra HD

Prebedaan Resolusi Layar qHD, HD, Full HD, Quad HD, Ultra HD 4K dan UHDTV 8K – Anda mungkin sudah tau bahwa saat ini teknologi sudah semakin berkembang bahkan sudah dikatakan berkembang sangat pesat, salah satu dampak dari perkembangan teknologi ini yaitu mulai banyak bermunculan produk smartphone dan gadget.

2 perangkat telekomunikasi canggih ini adalah perangkat yang paling menonjol. Bisa dikatakan setiap tahunnya akan ada produk smartphone keluaran terbaru dengan teknologi yang semakin canggih.

Salah satu kecanggihan teknologi ini yaitu munculnya banyak variasi layar yang diusung oleh gadget tersebut. Mulai dari layar yang berukuran kecil, sedang, hingga ukuran besar seperti ukuran tablet.

Selain itu kecanggihan juga terlihat jelas pada resolusi layar yang sangat bervariasi. Ada beberapa resolusi layar yang kita kenal diantaranya qHD, HD, Full HD, Quad HD, Ultra HD dan 4K.

Lalu apa bedanya layar qHD, HD, Full HD, Quad HD, Ultra HD dan 4K? Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini…!!!

Layar qHD, HD, Full HD, Quad HD, Ultra HD 4K dan UHDTV 8K

Resolusi layar qHD

Huruf “q” pada “qHD” artinya quarter yang merupakan seperempat resolusi Full HD yang memiliki ukuran 960 x 540 pixel dengan ratio 16:9.

Resolusi layar HD

Resolusi layar HD (High Definition) : 720p adalah ukuran resolusi yang Lebih tinggi dari resolusi layar qHD yakni memiliki ukuran 1280 x 720 pixel dengan ratio 16:9.

Resolusi Layar FHD

FHD atau Full HD disebut dengan 10800 yang mana resolusi layar ini memiliki ukuran 1920 x 1080 pixel. Resolusi layar full HD ini sering digunakan pada layar smartphone atau gadget karena sangat ideal dengan ukuran layar 5-5.5 inch.

Resolusi Layar QHD

Huruf “Q” besar pada “QHD” adalah singkatan dari Quad yang artinya resolusi layar ini mempunyai jumlah total pixel 4 kali lebih banyak dari jumlah total pixel yang ada pada resolusi layar HD.

Dimana ukuran resolusi layar QHD yaitu 2560 x 1440 pixel dengan ratio 16:9. Resolusi layar QHD ini juga dikenal dengan sebutan layar 2K atau dikenal istilah Wide Quad HD (WQHD).

Pembacaan antara QHD dan qHD memang sama, namun untuk menghindari kesalahan dalam mengartikannya maka untuk quarter HD diberi huruf “q” kecil. Sementara pada Quad HD diberi huruf “Q” besar. Kebanyakan Resolusi layat QHD digunakan pada smartphone flagship.

Resolusi Layar UHD 4K

Kepanjangan dari resolusi layar UHD adalah U untuk “Ultra” HD. UHD ini mempunyai ukuran layar 3840 x 2160 pixel. 4x lebih banyak dari jumlah total pixel yang digunakan pada resolusi Full HD. Resolusi layar ini disebut sebagai resolusi 4K.

Resolusi UHD merupakan resolusi paling tajam yang digunakan pada perangkat smartphone saat ini. Salah satu produk smartphone yang menggunakan resolusi layar UHD yaitu Sony Xperia Z5 Premium.

Resolusi Layar UHDTV 8K

Dikutip dari Wikipedia, Resolusi 8K merupakan resolusi televisi berdefinisi ultratinggi (UHDTV) yang paling tertinggi dan yang pernah ada di dunia pertelevisian digital. Resolusi 8K menyesuaikan pada resolusi horizontal format-format dibawahnya yang berada di jajaran 8.000 piksel.

Sehingga terbentuk dimensi gambar keseluruhan mencapai 7680×4320. Resolusi 8K merupakan resolusi display yang bakal menggeser keberadaan resolusi 4K. Resolusi 4K rumornya bakal menjadi standar utama resolusi pada televisi di tahun 2017 ini.

Lalu, Jenis resolusi layar mana yang paling bagus?

Dari penjelasan diatas anda tentu sudah tahu jawabannya. Dimana jumlah pixel yang paling banyak adalah yang terbaik. Semakin banyak jumlah pixel pada layar, maka semakin tajam gambar pada layar yang terlihat, begitupun sebaliknya.

Tapi dalam pemilihan resolusi layar mana yang paling bagus untuk digunakan ? Jawabannya adalah tegantung dengan kebutuhan. Pertimbangkan dulu apa kebutuhanmu dan kemudian cari resolusi layar yang cocok untuk kebutuhanmu.

Idealnya ukuran resolusi layar pada smartphone untuk kegiatan sehari hari adalah resolusi layar HD / FHD. Namun jika ada keperluan lain seperti bermain game, maka pilihan resolusi layar yang tepat mulai FHD-QHD.

Nah, itu saja informasi mengenai Bedanya Layar qHD, HD, Full HD, Quad, HD, Ultra HD dan 4K. Semoga bermanfaat!

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Mengatasi Komputer yang Nyala tapi Tidak Tampil di Monitor

Tips Mengatasi Komputer yang Nyala tapi Tidak Tampil di Monitor

Tips Cara Mengatasi Komputer yang Nyala tapi Tidak Tampil di Monitor – Walau sekarang sebagian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *