Home > Komponen > Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC
Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC

Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC

Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC Komputer – Anda tentu mengenal bukan yang namanya memori RAM? Tapi tahukah anda ternyata RAM memiliki 2 jenis yakni jenis memori RAM server dan jenis memori RAM PC.

Tapi tahukah anda apa perbedaan RAM server dan RAM PC. Seperti namanya tentu kedua jenis RAM ini memiliki perbedaan terutama pada fungsi RAMnya itu sendiri. Tapi bagi orang awam tentu tidak mengetahui apa perbedaannya, sekilas memang sama dna memiliki fungsi yang sama, namun digunakan untuk apa kedua RAM ini berbeda.

Sekalipun anda adalah orang awam, anda tentu mengenal yang namanya RAM. RAM atau yang merupakan singkatan dari Random Acces memory adalah sebuah memori utama yang diperlukan dalam operasi komputer dimana RAM digunakan sebagai media penyimpanan sementara saat komputer menyala. Dimana fungsinya mendukung dan melayani prosesor dalam menjalankan proses computing.

RAM juga menjadi salah satu hardware utama HARUS ada dalam satu rangkaian komponen komputer. Adapun cara kerja RAM yaitu digunakan untuk menyimpan data dari harddisk atau untuk menyuplai data pada prosesor untuk kemudian diproses. Dimana Semakin besar kapasitas RAM maka akan kinerja komputer akan semakin baik pula. Itu artinya besarnya kapasitas RAM akan sangat mempengaruhi kinerja komputer.

Seperti namanya Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC yaitu sudah jelas RAM PC biasnaya digunakan untuk sebuah komputer dekstop atau PC biasa. Sementara RAM server juga digunakan untuk PC namun PC yang digunakan memiliki peran sebagai server. Dimana kinerja server lebih berat dibandingkan Memori RAM PC.

Perbedaan antara Memori RAM ECC dan RAM Non ECC

Dengan kata lain ukuran kapasitas yang disediakan pada RAM PC dengan RAM server tentu lebih besar RAM server. Karena tentu kinerja yang dibutuhkan juga lebih besar. Sehingga bila RAM ini tidak digunakan pada tempatnya tentu performa yang dihasilkan juga tidak maksimal.

Dimana bila RAM PC digunakan pada PC server tentu akan membuat PC server menjadi lemot. Begitu sebaliknya meski kapasitas lebih tinggi, namun jika RAM server digunakan untuk PC biasa maka performa yang dihasilkan tidaklah maksimal dan akan membuat PC menjadi lemot karena RAM yang digunakan terlalu besar.

Adapun istilah jenis RAM yang digunakan untuk RAM PC dan RAM server yaitu dikenal dengan istilah RAM ECC dan RAM non ECC (RAM biasa), dimana perbedaan antara keduanya terletak pada perbedaan fisiknya yakni Jumlah chip nya.

Jumlah chip pada RAM ECC memilih chip yang lebih banyak. Penggunaan RAM ECC untuk server yang membutuhkan stabilitas tinggi. Namun dalam penggunaan RAM jenis ini agar performanya lebih maksimal harus didukung dengan motherboard dan processor yang sesuai.

Lain halnya pada RAM non ECC yang memiliki jumlah chip yang lebih sedikit sehingga lebih cocok digunakan untuk PC biasa. Sementara untuk komputer server lebih umum menggunakan Memori RAM Server ECC.

Dengan melihat perbedaan dari penggunaan RAM, dari sini kita bisa menyimpulkan pula bahwa pada dasarnya, antara komputer server dan komputer PC biasa merupakan sebuah komputer yang sama, hanya saja kegunaan, fitur, dan spesifikasi hardware komputernya yang tampak berbeda. Dimana biasanya spesifikasi komputer server jauh lebih bagus dan lebih besar daripada komputer PC.

Demikianlah informasi seputar Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Semoga dari penjelasan diatas, anda jadi bisa tahu penggunaan hardware yang tepat untuk komputer server dengan komputer PC.

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

PALING SERING DIBACA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *