Home > Komponen > Penjelasan dan Pengertian Memori RAM ECC
Penjelasan dan Pengertian Memori RAM ECC Serta Kelebihannya

Penjelasan dan Pengertian Memori RAM ECC

Penjelasan dan Pengertian Memori RAM ECC Serta Kelebihannya – RAM kepanjangan dari Random Accesses Memory adalah salah satu komponen komputer dan laptop atau pun gadget yang paling penting dalam pengoperasian komputer. RAM adalah sejenis memori komputer yang digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara untuk komputer yang dijalankan dan bisa diakses secara random.

Penggunaan RAM yang Semakin tinggi pada komputer maka semakin cepat pula kinerja komputer dalam pemrosesan data komputer. Pada dasarnya RAM memiliki 2 jenis yang dimana dibedakan sesuai dengan spesifikasi dan fungsi. Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang Penjelasan dan Pengertian Memori RAM ECC.

Tahukah anda apa itu Memori RAM ECC ?

ECC adalah singkatan dari Error Corecting Code yang merupakan jenis memory RAM yang berperan tak hanya sebagai tempat penyimpanan saja namun juga berguna untuk mendeteksi dan memperbaiki sistem yang eror pada memori internal yang disebabkan karena adanya data atau file corrupt pada saat sistem sedang berjalan.

Bagi komputer yang masih menggunakan RAM non ECC dimana RAM ini hanya memiliki chip dalam jumlah sedikit, pada saat ada bit data yang eror atau corrupt maka bit tersebut akan tereksekusi, akibatnya sistem akan mengakami BSOD (Blue Screen Od Death) sehingga membuat komputer menjadi down atau mati terutama bila hal ini terjadi pada komputer server.

Berbeda halnya bila komputer sudah menggunakan jenis RAM ECC Memory, dimana pada saat komputer ada bit yang corupt, RAM ECC akan langsung memperbaikinya sehingga komputer tidak sampai mengalami BSOD.

Memori RAM Server ECC Terbaik Terbaru 2017

Tak hanya itu setiap 8-bit data RAM ECC, memiliki tambahan bit data yang sengaja digunakan untuk melakukan pengecekan file yang error dan melakukan error correction. Inilah yang menjadikan salah satu keunggulan dari memori RAM ECC.

RAM ECC biasanya tersedia untuk digunakan pada komputer Server hanya saja komputer server yang digunakan haruslah memiliki beberapa motherboard dan processor khusus yang support bila menggunakan teknologi ECC memory ini.

Teknologi Error-correcting code (ECC) memang secara khusus digunakan untuk memenuhi spesifikasi hardware komputer server yang mana pada dasarnya server membutuhkan stabilitas yang tinggi.

RAM ECC telah memiliki sebuah register yang berfungsi untuk meningkatkan performa RAM dalam menangani proses pentransferan data dalam skala besar yang umumnya digunakan oleh komputer server. RAM ECC memiliki jumlah chip yang banyak yang dapat habis dibagi menjadi tiga atau lima bagian.

Karena kebanyakan RAM ECC lebih umum tersedia untuk komputer server sehingga komputer PC biasa belum dapat menggunakan teknologi ECC ini, disamping karena spesifikasi hardware yang belum sesuai, tapi harga memori RAM server ECC ditaksir cukup mahal, bahkan bisa 2 kali lipat dari harga RAM non-ECC.

Dan dengan menggunakan RAM ECC ini, dapat menurunkan sistem kinerja menjadi 2 persen. Karena RAM ECC selalu diperbarui sehingga, teknologi yang ada saat ini pada RAM ECC sudah semakin stabil, sehingga memori ini jarang sekali terjadi eror atau kesalahan memori.

Modul ECC Register biasanya memiliki sebuah IC tambahan yang diletakkan pada posisi horizontal pada PCB (Printed Circuit Board). Dimana IC ini berfungsi sebagai register, yang berperan untuk menahan satu clock-cycle data sebelum kemudian data ini dikirimkan ke Motherboard.

Itulah, Penjelasan dan Pengertian Memori RAM ECC. Jadi intinya Memori RAM ECC secara khusus memang digunakan hanya untuk penggunan mid to high computing yakni komputer berstabilitas tinggi yang memerlukan motherboard dan processor khusus untuk mendukung kinerja dan performa komputer yang baik.

Tapi jangan khawatir, karena keberadaan RAM ECC terus diperbaruhi, suatu saat nanti pasti teknologi RAM ECC ini dapat kita gunakan pada PC desktop biasa, sehingga mencegah komputer dapat mengalami lagi komputer blue screen of death. Semoga artikel tentang Penjelasan dan Pengertian Memori RAM ECC ini bermanfaat ya. Terimakasih.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.