Home > Networking > Pengertian Dan Macam Jenis Server Serta Fungsinya
Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server dan Fungsinya
Moving Servers, Foto by: tomkent.me

Pengertian Dan Macam Jenis Server Serta Fungsinya

blog.dimensidata.com – Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server dan Fungsinya – Kita pasti sering mendengar istilah server dalam dunia komputer. Lalu apakah server itu? Server merupakan sebuah sistem komputer yang difungsikan untuk memberikan layanan, membatasi dan juga mengontrol akses pada klien di sebuah jaringan komputer yang ada. Biasanya, komputer yang bertindak sebagai server ini menyediakan resource yang dapat digunakan untuk komputer lain yang bertindak sebagai komputer client.

Sebuah komputer server harus memiliki spesifikasi yang tinggi dari aspek software maupun hardware yang digunakan. selain itu, pada komputer ini juga terdapat sebuah operasi khusus yang disebut dengan “Network Operating System”. sementara itu, Server pun memiliki beberapa jenis yang berbeda. Dibawah ini kami akan memberikan informasi mengenai sistem operasi server yang biasanya digunakan dalam sebuah jaringan.

Pengertian Dan Macam Jenis Server Serta Fungsinya
Server, Foto by: itpro.co.uk

Baca Juga: Tips Memilih Komputer Server Terbaik Berkualitas Dengan Harga Murah

Sistem Operasi Server

Untuk menunjang kinerja dari sebuah Komputer Server maka dibutuhkan sebuah sistem operasi khusus yang memang didesign untuk server, dibawah ini adalah beberapa contoh dari sistem operasi server yang biasanya digunakan dalam sebuah jaringan.

1. Windows
Perusahaan Microsoft mempunyai beberapa produk yang memang dikususkan untuk sistem operasi server. beberapa contoh produknya adalah Windows NT, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server, WIndows 2008 server dan Windows Server 2013

2. Novel Netware
Sistem operasi server Novel Netware merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Novel.Inc beberapa produknya adalah NetWare 286 2.x, NetWare 3.x, NetWare 4.x, NetWare 5.x, NetWare 6.0, NetWare 6.5 dan Open Enterprise Server

3. Mac OS
Mac Os merupakan sebuah produk unggulan dari Apple.Inc. Apple sendiri juga mempunyai produk sistem operasi server, beberpa contoh dari produk dari Apple adalah Mac OS X Server 1.0 (Rhapsody), Mac OS X Server 10.0 (Cheetah Server), Mac OS X Server 10.1 (Puma Server), Mac OS X Server 10.2 (Jaguar Server), Mac OS X Server 10.3 (Panther Server), Mac OS X Server 10.4 (Tiger Server), Mac OS X Server 10.5 (Leopard Server), Mac OS X Server 10.6 (Snow Leopard Server), Mac OS X 10.7 (Lion Server), OS X 10.8 (Mountain Lion Server), OS X 10.9 (Mavericks Server) dan OS X 10.10 (Yosemite Server 4.0)

4. Linux
Produk Linux server sangat beragam, karena setiap pengembang menyediakan produk yang dikususkan untuk server, jadi disini hanya disebutkan pengembang dari sistem operasi berbasis Linux saja. beberapa contoh dari Distro Linux yang bisa sobat gunakan untuk server adalah Debian, Arch Linux, Fedora, OpenSUSE, Slackware, dan masih banyak lagi yang lain.

Baca Juga: Pengertian, Perbedaan dan Fungsi Antara Wireless Router dengan Modem

Jenis-Jenis Server

Nah, di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai Pengertian dan Macam-Macam Jenis serta fungsi dari Server di Dunia Komputer yang dapat menambah pengetahuan kita bersama.

1. Web Server
Web server adalah sebuah perangkat lunak yang dipasang pada server yang berfungsi untuk menyediakan layanan permintaan data dengan protocol https atau http yang dapat diakses dengan menggunakan browser. Cara kerjanya secara sederhana adalah web server akan merespon permintaan yang ada dengan mengirimkan konten tersebut kembali dalam bentuk gambar, tulisan atau bentuk lainnya. Kemudian akan ditampilkan pada browser.

2. Fax Server
Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer yang kedua adalah Fax Server. Sesuai dengan namanya, server ini digunakan untuk melayani kebutuhan Fax bagi client. Fax server ini akan membuat semua sistem penerimaan dan pengiriman fax akan melaluinya. Selain itu, biasanya sebuah fax server telah dilengkapi dengan modem untuk mendukung fax server ini.

3. FTP Server
FTP server adalah Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer yang ketiga. Server ini memiliki protocol FTP yang dapat dilakukan sebagai protocol untuk transfer data.

4. Mail Server
Sesuai dengan namaya. Mail server ini memiliki fungsi untuk melayani client khususnya dalam hal berkirim surat. Surat surat yang ada pun akan disimpan di dalam server mail tersebut pula. Selain menyediakan layanan untuk berkirim surat, mail server ini juga menyediakan layanan pelengkap lainnya seperti web interface dimana layanan ini dapat memudahkan client untuk mengorganisir atau menulis surat yang dimiliki oleh client.

5. File Server
Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer selanjutnya adalah File Server. File server dapat diartikan sebagai sebuah komputer yang berfungsi untuk menampun sejumlah data yng dimiliki oleh client yang bersangkutan. Biasanya, kapasitas yang dimiliki oleh server ini juga bergantung pada HDD yang ada pada server tersebut.

6. Game Server
Game server merupakan server yang digunakan untuk pusat untuk menghubungkan antar pemain (client) dengan pemain yang lainnya. Game server ini selain merupakan server tersendiri, bisa juga didirikan dari komputer client yang bermain game tersebut.

7. DNS Server
Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer ketujuh adalah Domain Name System atau DNS Server. Server ini memiliki fungsi untuk menerjemahkan informasi nama host atau domain menjadi sebuah alamat IP.

8. Proxy Server
Proxy server merupakan sebuah server yang dapat berfungsi sebagai komputer lainnya untuk melakukan permintaan untuk content dari sebuah intranet atau internet.

9. Database Server
Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer ini melayani client yang membutuhkan sebuah layanan untuk menyimpan database. port yang digunakan untuk Database Server biasanya 3306 ( Mysql ) dan 5432 ( PgSQL ).

10. Print Server
Server ini merupakan sebuah pusat layanan untuk kegiatan percetakan atau print untuk client. Print Server Client ini merupakan salah satu Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer yang ada.

11. Server aplikasi
Server ini bertugas menjalankan aplikasi tertentu yang menyediakan sumber dayanya untuk dapat diproses komputer lainnya di jaringan. Yang termasuk dalam kategori jenis server ini adalah server-server yang menjalankan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk program-program tertentu seperti program yang berhubungan dengan fungsi accounting, penjualan, dan lain sebagainya.

12. Streaming Media Server
Server ini melayani servis streaming data media seperti musik, video. Servis ini memungkinkan kita dapat mengakses sebuah konten tanpa kita mendownloadnya terlebih dahulu.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Satu komentar

  1. Penjelasanya udah lengkap ,makasih ..pas buat referensi tugas
    myblog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.