Home > Software > Macam Jenis Nama Virus Komputer dan Cara Mengatasinya
Macam Jenis Nama Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Macam Jenis Nama Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Mengenal Macam Jenis Nama Nama Virus Komputer dan Malware Komputer Terbaru Serta Cara Penyebarannya – Salah satu penyebab terbesar komputer rusak dan eror yaitu pada saat komputer terkena virus. Virus pada komputer ini tak hanya menyebabkan komputer atau suatu program eror tapi juga akan menyebabkan file atau dokumen anda terancam keberadaannya.

Saat ini sudah ada cukup banyak jenis jenis virus pada komputer. Virus komputer biasanya diciptakan untuk tujuan yang yang buruk, banyak efek buruk yang di timbulkan oleh virus komputer seperti memperbanyak dirinya sendiri sehingga memori hardisk dan ram menjadi kecil.

Hal ini menjadikan komputer sering lemot, hang atau freeze, lalu mengubah format ekstensi pada file dan program yang membuat program/file tersebut tidak bisa di gunakan, dan dapat juga mencuri data pribadi seseorang tanpa sepengetahuan orang tersebut. selain itu juga virus dapat merusak komponen hardware pada komputer.

Berikut penjelasan mengenai Macam Jenis Nama Nama Virus Komputer dan Malware Komputer Terbaru Serta Cara Penyebarannya yang harus anda ketahui, antara lain :

Nama Virus Komputer Terbaru 2017 Paling Berbahaya Di Dunia

1. Virus Trojan

Virus trojan adalah macam jenis nama virus komputer yang dibuat untuk tujuan mencuri data dan mengendalikan data yang ada di dalam komputer. Pada dasarnya trojan bukan sejenis virus, namun karena sifat trojan ini sangat menganggu maka orang-orang termasuk dalam golongan virus komputer. Untuk itu anda harus waspada akan keberadaan virus trojan ini.

Lokasi penyebaran yang utama yaitu akses yang terhubung ke internet, seperti email dan data pribadi yang tidak dipassword. Untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan antivirus khusus untuk trojan, seperti Trojan remover dan Trojan hunter.

2. Virus Worm

Virus worm adalah sejenis program yang dapat menggandakan diri. Secara umum worm tidak menginfeksi virus, namun keberadaannya cukup berbahaya dimana worm mampu menggandakan diri dengan cepat sehingga apabila  komputer yang terserang worm dalam waktu cukup lama, dapat membuat sistem komputer menjadi rapuh. Dimana worm ini akan memenuhi data dalam memori dan hardisk komputer.

Lokasi penyebarannya melalui email dan jaringan internet. Sedangkan untuk mengatasinya bisa menggunakan antivirus biasa. Jika menggunakan antivirus pro malah lebih optimal hasilnya.

3. Memory Resident virus

Memory Resident Virus, seperti namanya macam jenis nama virus komputer ini dibuat untuk menginfeksi RAM. Dengan kata lain, virus ini berada di dalam memori komputer. Memory Resident Virus biasanya akan aktif jika sistem operasi komputer dinyalakan.

Keberadaan virus ini akan mengganggu program komputer yang seharusnya berjalan secara normal. Efek yang ditimbulkan dari keberadaan memory resident virus yaitu akan membuat sistem operasi komputer menjadi lemot.

4. Web scripting virus

Seperti namanya web scripting virus adalah sebuah kode program yang digunakan untuk mempercantik konten dalam website. Namun kode inilah yang justru akan mengganggu program, biasanya virus ini akan muncul saat terhubung internet.

Untuk sistem proteksi bisa dilakukan dengan menginstall Microsoft tool bawaan windows. Lakukan scan secara teratur menggunakan aplikasi ini.

5. Multipartite virus

Seperti memory resident virus dimana macam jenis nama virus komputer ini bersembunyi dalam RAM yang nantinya akan menginfeksi  sistem operasi tertentu kemudian menginfeksi hardisk. Cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan adanya bad sector dan lakukan disk defragmenter (jika menggunakan OS windows).

6. FAT virus

FAT (File Allocation Table) adalah macam jenis nama virus komputer yang bertujuan untuk merusak file. Biasanya virus ini akan bersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi. Dimana kemampuan virus ini adalah menyembunyikan file penting kita, sehingga seakan-akan file tersebut hilang karena sulit untuk kita cari.

Pencegahan : amati dan perhatikan data yang tersimpan di dalam hardisk. Apabila kita mencurigai adanya file yang tidak pernah kita buat untuk disimpan, berarti itu adalah FAT virus.

7. Companion virus

Companion virus merupakan jenis virus yang juga akan dapat mengganggu data pribadi. Virus ini akan bersembunyi di dalam hardisk. Dimana kemampuan virus ini akan membuat ekstensi yang berbeda dari ekstensi file yang asli. Lokasi di dalam hardisk, biasanya berkumpul dengan file baru. Pencegahan : install scan antivirus dan juga download firewall.

8. Polymorpic virus

Polymorpic virus merupakan jenis virus yang berkemampuan untuk menyandikan diri dengan cara yang berbeda saat menginfeksi sistem. virus ini boleh dikatakan virus yang pintar karena virus ini dapat mengubah strukturnya setelah melaksanakan tugas sehingga membuat sulit dideteksi oleh anti virus.

9. Directory virus

Directory virus, jenis virus ini memiliki kemampuan menginfeksi file dengan ekstensi exe atau com, lalu file tersebut akan dipindahkan. Dimana saat file dijalankan, maka secara otomatis virus ini akan terdeteksi dan akan menginfeksi sistem yang lain.

10. Macro virus

Marco Virus adalah macam jenis nama virus yang memiliki tingkah laku yang sama dengan kebanyakan virus, namun virus ini dibuat dengan bahasa pemrograman suatu aplikasi bukannya bahasa pemrograman suatu sistem operasi,misalnya macro yang terdapat di dalam microsoft word.

11. Boot sector virus

Bad sector adalah jenis virus dibuat untuk menginfeksi bagian terkecil dalam hardisk (sektor boot). Boot sector virus biasanya bersembunyi dalam floppy disk.

12. Overwrite viruses

Overwrite virus adalah jenis virus yang memiliki kemampuan untuk menghapus file atau data tanpa mengubah ukuran file tersebut. Sehingga pengguna tidak akan merasa curiga akan keberadaannya.

13. Direct action viruses

Direct Action Virus adalah virus yang menginfeksi file AUTOXEC BAT. Dimana file ini terletak pada directory hardisk dengan kemampuan menginfeksi perangkat eksternal

Itulah penjelasan mengenai macam macam  jenis nama virus komputer. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan diharapkan bisa langsung menyadari keberadaan virus ini dan melakukan tindakan yang tepat pada saat komputer terserang virus yaitu dengan memasang atau menginstall Anti Virus dan Anti Malware terbaik di komputer dan laptop Anda.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Membuat Installer Bootable Flashdisk Windows 7, 8, 10 Tanpa Software

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10 Tanpa Software

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10 Tanpa Software – Pada umum nya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *