Home > Komponen > Perbedaan Memori RAM DDR3 Dengan RAM DDR4
Perbedaan Memori RAM DDR3 Dengan RAM DDR4

Perbedaan Memori RAM DDR3 Dengan RAM DDR4

Pengertian, Perbedaan dan Kelebihan Memori RAM DDR3 Dengan RAM DDR4 – DDR (Double Data Rate) adalah Jenis spesifikasi yang biasanya digunakan pada RAM. Sebenarnya DDR pada Memori RAM sudah memiliki 3 jenis DDR yaitu DDR 1, DDR 2, DD3. Dan saat ini RAM mulai memunculkan DDR terbaru yaitu DDR 4 yang mana RAM DDR baru ini merupakan penerus dari DDR3.

DDR 4 Memiliki beberapa perbaikan yaitu mulai dari konsumsi daya, ukuran, kecepatan dan efisiensi DDR. Sebenarnya DDR4 sudah dirilis sejak tahun kemarin, namun sayang DDR 4 masih belum banyak dikenal di pasaran tapi jika DDR 4 sudah mulai dikenal maka keberadaannya  akan menggusur keberadaan DDR3. Berikut ini adalah Pengertian, Perbedaan dan Kelebihan Memori RAM DDR3 Dengan RAM DDR4:

Apa itu DDR3?

DDR3 adalah jenis DRAM (Dynamic Random) Access yang merupakan penerus dari DDR 1 dan DDR2. Karena spesifikasinya dianggap lebih baik maka kini DDR3 juga mulai digunakan pada laptop dan komputer terbaru. Modul DDR3 pada laptop disebut dengan SO-DIMM dan ukuran panjangnya hanya 67,6 mm dengan jumlah pin < 204 pin.

Apa itu DDR4?

DDR4 mulai diperkenalkan pada tahun 2014 sebagai wujud penerus DDR3. Namun sayang DDR4 Masih belum terkenal di pasaran. Hal ini dikarenakan dipasaran masih banyak motherboard dengan dukungan DDR3. DDR4 memiliki kemajuan dan perbaikan faktor lebih tinggi diatas DDR3. DDR4 mendukung kepadatan memori hingga mencapai 16 GB.

DDR 4 memiliki tegangan 1,2 V dengan panjang modul sama dengan DDR 3 dengan jumlah pin 288 pin. Tak hanya digunakan untuk laptop versi terbaru tapi DDR 4 juga akan tersedia untuk perangkat mobile yang membutuhkan daya yang lebih baik.

Perbedaan Kelebihan Memori Ram DDR3 dan RAM DDR4

Perbedaan RAM DDR3 Dengan RAM DDR4

  • DDR4 merupakan penerus dari DDR3 yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.
  • DDR3 mulai diperkenalkan kembali pada tahun 2007
  • DDR4 baru dirilis pada tahun 2014.
  • DDR3 memiliki kepadatan memori maksimal 8 GB
  • DDR4 memiliki kepadatan memori hingga mencapai 16 GB.
  • Kecepatan dan frekuensi Memori RAM DDR4 jauh lebih tinggi dibandingkan frekuensi RAM DDR3. Dengan demikian DDR4 memiliki kecepatan transfer yang lebih baik.
  • DDR3 memiliki tegangan 1.5V sementara DDR4 memiliki tegangan yang lebih rendah, yang 1.2V dengan demikian DDR 4 akan lebih hemat daya.
  • RAM DDR3 memiliki jumlah pin 240 pin, namun pada RAM DDR4 memiliki jumlah 288 pin.
  • Modul DDR3 dan DDR4 memiliki modul dengan ukuran yang lebih kecil, dimana ukuran kecil ini digunakan pada perangkat mobile, salah satunya adalah laptop.
  • SO-DIMM DDR3 memiliki jumlah pin 204 pin sementara SO-DIMM DDR4 memiliki jumlah pin 260 pin.
  • RAM DDR3 tidak kompatibel dengan slot DDR4 begitupun dengan modul DDR4 juga tidak kompatibel dengan slot modul DDR3. Begitu seterusnya, karena masing masing modul DDR memiliki titik slot yang berbeda beda.
  • Slot modul DDR3 dan DDR4 diletakkan pada tempat yang berbeda tujuannya agar tidak keliru untuk menempatkan slot DDR.
  • DDR3 hanya mendukung bank memori internal 8, sementara DDR4 memiliki bank memori internal hingga 16.

Kesimpulan Kelebihan DDR4 vs DDR3

DDR4 adalah penerus DDR3 dengan memiliki penambahan dan perbaikan spesifikasi. Adapun perubahan yang terlihat pada DDR 4 yaitu

  • DDR 4 memiliki Kecepatan atau frekuensi transfer yang lebih baik.
  • DDR4 memiliki ukuran kepadatan memori mencapai 16 GB
  • DDR 4 memiliki konsumsi daya yang jauh lebih sedikit yakni hanya 1,2 V sebagai pengganti 1,5 V. Hal ini memberikan keunggulan bagi DDR 4 dimana dapat memberikan daya hidup baterai menjadi lebih hemat.
  • Karena slot DDR 4 tidak kompatibel dengan slot RAM DDR 3 maka perlu dilakukan perbaikan pada motherboard agar bisa menggunakan DDR 4.

Itulah penjelasan tentang Pengertian, Perbedaan dan Kelebihan Memori RAM DDR3 Dengan RAM DDR4. Anda tentu sudah tahu kan perbedaannya..!!! Semoga artikel ini bisa membantu anda memilih memory RAM terbaik sesuai kebutuhan komputer dan laptop anda. Terimakasih.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

14 komentar

  1. siipp gan tutorial verygood n vr nice
    thks
    gbu

  2. mantap gan artikelnya, ddr 4 memang jauh lebih baik

  3. Terima kasih banyak atas penjelasannya 🙂

  4. Thanks gan infonya, bermanfaat

  5. Berarti ram ddr4 memiliki soket yg sama di DDR3..?

  6. Apakah bisa saya pake ddr4 di AMD A4

  7. Umumnya komputer dell kan harganya mahal ya min, kok dia kayak pakai teknologi lawas di komputer barunya. Perbandingan dengan harga yang sama, bisa dapat komputer spek paling bagus si Asus. Jadi pilih yang kayak Dell atau Asus min?

  8. Mau tanya, kalo pake ddr4 bisa ga 2 slot ramnya diisi kombinasi 4gb+8gb? Biar jadi 12gb.
    Kemudian keduanya memiliki merk yg berbeda? Apakah bisa? Tks

  9. Admin, mau tanya, kalau misalnya RAM 4 GB DDR4 ditambah sama RAM 8 GB DDR4 bisa nggak?

  10. Gan, tanya dong kalau milih laptop merek sama, dgn pilihan DDR3 8gb vs DDR4 4gb pilih mana ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.