Home > Networking > 5 Manfaat serta Fungsi Jaringan Komputer Pada Kantor
Kegunaan dan Manfaat Jaringan Komputer Pada Kantor Perusahaan

5 Manfaat serta Fungsi Jaringan Komputer Pada Kantor

5 Manfaat, Kegunaan dan Fungsi jaringan komputer pada kantor (perusahaan) – Siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya komputer. Anda tentu kenal dengan komputer, sekalipun orang tersebut tidak mengerti bagaimana mengoperasikan komputer tapi setidaknya mereka tahu wujud dari komputer ini.

Seiring berkembangnya jaman semakin moden semakin membuat teknologi semakin dibutuhkan. Salah satu nya adalah teknologi komputer, sudah banyak sekali orang di dunia yang menggunakan komputer untuk kebutuhan hidup sehari – hari.

Keeksisan komputer yang semakin hari semakin dikenal dan memiliki peranan penting, komputer juga turut berkembang. Salah satu perkembangan komputer yang terlihat jelas dan sudah banyak ornag yang mengetahuinya adalah kehadiran teknologi jaringan komputer. Dengan adanya jaringan komputer, memudahkan orang mencari dan mencpdapatkan informasi dari seluruh belahan dunia.

Semakin dikenalnya jaringan komputer ini semakin membuat jaringan komputer berkembang pesat. Tak hanya untuk menghubungkannya dengan internet, bahkan dengan adanya jaringan komputer mampu menghubungkan antar komputer dalam satu ruangan alias komputer dapat terhubung satu sama lain.

Lalu apa saja manfaat dan Fungsi jaringan komputer pada kantor?

Manfaat Fungsi Jaringan Komputer Pada Kantor Perusahaan

Kehadiran jaringan komputer sangat banyak memberikan manfaat untuk segala aspek kehidupan. Baik manfaat jaringan pada masing masing individu, kelompok atau bahkan dan suatu perusahaan (kantor).

Nah kali ini saya akan membahas manfaat atau fungsi jaringan komputer pada kantor. Fungsi jaringan komputer pada kantor sangat banyak memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup kantor tersebut. Apa sajakah itu?, simak ulasannya dibawah ini!

1. Membantu mempermudah dalam sharing files

Fungsi jaringan komputer pada kantor yang pertama yaitu membantu mempermudah dalam sharing files (berbagi file). Fungsi ini sangatlah membantu kantor atau perusahaan dalam berbagi file atau dokumen pada komputer antar divisi atau karyawan lain dengan mudah dan cepat.

Maka dari itu, apabila menggunakan jaringan komputer, cukup dengan sekali klik, maka semua komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut bisa memperoleh akses ke file atau dokumen yang anda kirimkan.

2. Proteksi keamanan terhadap data

Fungsi jaringan komputer pada kantor yang kedua yaitu adanya Jaringan komputer berguna sebagai proteksi yang berperan dalam menjaga keamanan terhadap data – data penting dari kantor/ perusahaan. Dimana dengan adanya jaringan komputer pada kantor, maka data data penting kantor yang ada di komputer hanya dapat diakses oleh komputer yang terhubung ke dalam jaringan itu saja.

Hal ini tentu menjadi solusi tepat dalam mengatasi pencurian data dan menghindari kejadian kepada orang orang yang tidak bertanggung jawab, yang dapat merugikan kantor/ perusahaan. Selain itu, sharing files dengan jaringan komputer juga terbilang lebih aman, pasalnya dengan jaringan komputer memungkinkan anda menggunakan fitur private email, yang mana selain orang kantor, orang lain tidak akan mengetahuinya, jadi aman.

3. Komunikasi antar divisi

Fungsi jaringan komputer pada kantor yang Ketiga yaitu proses Komunikasi antar divisi kantor lebih cepat dan mudah. Dimana Dengan menggunakan aplikasi dari sistem jaringan komputer, maka akan membantu komunikasi antar divisi di kantor atau komunikasi antar personal dalam satu lingkup menjadi lebih mudah.

Baca Juga:

4. Membantu penyebaran informasi

Fungsi jaringan komputer pada kantor yang Keempat, selain komunikasi, dengan jaringan komputer sangat bermanfaat dalam membantu penyebaran informasi lebih cepat.

Tak hanya informasi dalam lingkup kantor, tapi informasi kepada para client bisa lebih cepat. Dengan semakin cepatnya arus informasi, maka akan dapat membantu peningkatan kinerja dalam suatu perusahaan. Maka sudah dipastikan hal ini sangat berdampak posistif bagi kelangsungan hidup organisasi.

5. Mempermudah pekerjaan

Fungsi jaringan komputer pada kantor yang Kelima yaitu mempermudah pekerjaan. Dimana dalam jaringan internet komputer dapat melakukan integrasi data dimana data yang tersimpan dalam komputer akan menjadi lebih up to date.

Demikianlah informasi mengenai 5 Manfaat, Kegunaan dan Fungsi jaringan komputer pada kantor (perusahaan). Jadi sudahkan kantor anda memanfaatkan jaringan komputer ini?, jika belum, segera pasang, jangan sampai kantor anda dibilang jadul hanya karena belum pasang komponen jaringan komputer. Terimakasih.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

5 Modem Wireless WiFi Portable 4G Harga Terbaik Terbaru

Rekomendasi 5 Modem Wireless Wifi Portable 4G Harga Terbaik Terbaru – Dulu, koneksi internet merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *