Home > Aksesoris > Perbedaan USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C Serta Kelebihannya
Perbedaan USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C Serta Kelebihannya

Perbedaan USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C Serta Kelebihannya

Perbedaan USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C Serta Kelebihannya – Sebelumnya, anda tentu sudha mengenalkan tentang yang namnpanya USB. Bahkan anda mungkin sudah terbiasa dengan istilah Universal Serial Bus atau yang akrab dikenal dengan USB.

Pada dasarnya, orang awam mengenal macam macam USB dilihat dari modelnya, namun sebenarnya Jenis dan type USB digolongkan menjadi 3 yaitu USB type A, B dan USB type C. Tapi, sebenarnya apa Perbedaan USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C? Berikut ini penjelasannya.

Perbedaan USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C Beserta Kelebihannya

Pengertian dan penjelasan USB Tipe A

Majam Jenis Kabel USB Tipe A

USB tipe A menjadi salah satu tipe USB yang paling sering anda temui. Hal ini dikarenakan USB tipe A ini banyak digunakan di berbagai perangkat PC yang anda gunakan, mulai dari Flashdisk, USB extender, USB Hub, USB Flashdrive, USB Modem, dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, USB tipe A ini adalah jenis USB standar yang digunakan pada hampir semua perangkat PC saat ini.

USB tipe-A saat ini sudah sampai pada pada versi 3.0 USB tipe A dimana pada versi ketiga ini menjanjikan kemampuan transfer data yang sangat cepat. Meski demikian, sampai saat ini USB tipe A versi 2.0 merupakan jenis USB tipe A yang paling banyak digunakan dan ditemui.

Pengertian dan penjelasan USB Tipe-B

Macam Jenis USB Tipe-B, Tipe B micro, Tipe B mini

USB tipe-B merupakan bagian dari varian tipe USB, yang mana USB ini dipergunakan pada perangjat komputer, seperti pada Printer atau pada Scanner. Dimana bentuk dari USB tipe B ini adalah berentum kotak. USB tipe-B saat ini anda juga bisa gunakan USB type B ini pada smartphone-smartphone sekarang ini.

USB Tipe-B Micro

Selain varian yang digunakan sebagai penghubung komputer, USB tipe B ini juga memiliki varian lain, yang dapat mendukung penggunaannya dalam beberapa bentuk yakni seperti MicroUSB 3.0 yang memiliki dua kepala yang berbeda; seperti yang ada pada port USB HardDisk Eksternal.

Pengertian dan penjelasan USB Tipe-C

Macam Jenis USB Tipe C

Nah, USB tipe C ini adalah varian terbaru dari port USB. Bahkan kehadirannya kini sudah mulai banyak digunakan dan sedang naik daun. Adapun keunggulan dari USB tipe-C ini yaitu USB tipe ini mampu digunakan secara bolak-balik. Dengan kata lain, anda tak harus berpikir bagaimana posisi mencolokkan port USB-nya ini karena anda bisa memasukkannya dengan bebas, dibolak balikpun tak masalah karena sama saja. Saat ini hampir semua smarthphone smartphone yang menggunakan USB tipe-C.

Adapun Keunggulan dari USB tipe-C yaitu pada tampilan desainnya terlihat lebih ramping dari tipe USB sebelumnya. Meskipun ramping, tapi USB tipe-C juga telah tersedia untuk port pada perangkat komputer, yang digunakan sebagai media jalur input atau output data, jalur charging baterai, penghubung display ke monitor, dan masih banyak lagi kegunaan lainnya. Berbagai keunggulan ini membuat USB Tipe-C mulai banyak dimanfaatkan oleh perusahaan teknologi.

Jika sebelumnya anda bingung membedakan antara tipe tipe USB yaitu tipe-A, USB tipe-B dan Tipe C, belum lagi ditambah dengan varian tipe USB turunannya seperti mini dan micro tentu akan membuat anda bingung. Tapi tenang untuk tampilannya, antara USB Tipe A, B dan C serta versi turunannya berbeda. Dari ketiganya yang hingga saat ini paling banyak ditemui dan digunakan adalah USB Type C.

Nah, itulah tadi sekilah tentang Perbedaan USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C Serta Kelebihannya. Semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.