Home > Tutorial > Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasi Laptop Lemot
Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasi Laptop Lemot
Photo by: blibli.com

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasi Laptop Lemot – Laptop yang mengalami lemot berlebihan tentunya membuat sebagian pengguna merasa kesal karena pekerjaan yang dikerjakan juga ikut tertunda. Sebenarnya apa saja penyebab laptop lemot dan cara mengatasi laptop lemot? Simak ulasan berikut agar Anda tahu penyebabnya sehingga laptop tetap ngebut dan pekerjaan lancar.

A. Penyebab Laptop Lemot

1. Startup Program yang Terlalu Banyak

Startup program merupakan aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan otomatis saat laptop dinyalakan. Bisa jadi laptop Anda juga memiliki masalah seperti ini sehingga laptop akan terasa lebih lambat respon saat beroperasi.

2. Hardisk yang Sudah Terlalu Lawas

Hardisk yang merupakan sebuah perangkat keras yang ada pada laptop berfungsi sebagai tempat penyimpanan memang memiliki batas usia. Ketika hardisk yang Anda gunakan telah berumur terlalu lama akan berakibat pada performa laptop sehingga terasa lebih lambat.

Baca Juga  Cara Memindahkan Foto dan Video Dari Iphone Ke Laptop
3. Harddisk Penuh 95%

Selain itu, hardisk laptop yang penuh juga bisa menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Data yang memenuhi hardisk sebesar 95% akan memperlambat laptop hingga 50% dari biasanya.

4. Terlalu Banyak Add-ons pada Browser

Ketika berselancar di internet Anda mungkin sering menambahkan Add-ons ke dalam browser. Hal ini juga dapat menjadi penyebab lemotnya laptop Anda. Sebagian Add-ons memang memiliki potensi untuk memperlambat performa laptop.

5. Terlalu Banyak Aplikasi yang Dijalankan dalam Satu Waktu

Aplikasi yang beroperasi terlalu banyak dalam satu waktu juga bisa jadi penyebab. Meskipun laptop Anda telah didukung dengan performa multitasking yang diatas rata-rata, tapi ada baiknya jangan terlalu memaksakan dengan membuka aplikasi terlalu banyak jika tidak terlalu dibutuhkan.

6. Terlalu Banyak Browser Tabs

Kebanyak dari pengguna internet sangat suka membuka browser dengan tabs yang banyak. pAdahal hal ini dapat memperlambat respon laptop alias lemot.

7. Laptop Terancam Virus

Laptop yang terjangkit virus merupakan penyebab yang banyak terjadi. Maka berhati-hatilah saat menerima file secara online maupun offline.

8. Terlalu Aktif Anti Virus

Disamping itu meskipun antivirus dapat menghapus dan mencegah laptop terhadap virus, namun ternyata antivirus yang terlalu aktif juga dapat memperlambat kinerja laptop.

9. RAM Kecil

Tidak semua laptop tersedia dengan RAM 4 GB atau selebihnya. Untuk RAM yang di bawah 4 GB sebaiknya jangan dipaksakan untuk multitasking karena berdampak pada laptop yang lemot.

Baca Juga  Cara Beli UC PUBG Mobile Menggunakan Pulsa

B. Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot
Photo by: salingamanah.com
1. anti Hardisk dengan SSD

Ganti hardisk Anda dengan SSD yang merupakan penyimpanan microchips dan lebih awet dibandingkan hardisk.

2. Upgrade RAM

Upgrade RAM diperlukan jika laptop Anda memiliki performa yang dibawah rata-rata. Anda dapat melakukan upgrade RAM ke 8GB maupun lebih.

3. Rutin Perawatan Hardware

Lakukan pembersihan terhadap motherboard, kipas hingga thermal paste yang harus diganti. Jika Anda tidak dapat merawat sendiri, silahkan bawakan ke tukang servis.

4. Install atau Reset Ulang Windows

Jika lemotnya laptop Anda sudah terlalu parah, maka silahkan lakukan install ulang windows. Banyak pilihan Windows yang dapat di install, seperti Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

5. Lakukan Full Scan dengan Antivirus

Perawatan dengan sering melakukan full scan dengan antivirus juga bisa membantu laptop agar tidak lambat.

6. Uninstall Software yang Tidak Penting

Buang atau uninstall software yang tidak terlalu penting agar laptop bisa berjalan optimal.

7. Gunakan Software Versi Lama

Software laptop yang telah di update mungkin tidak dapat diterima oleh laptop karena terlalu berat sehingga membuat laptop lemot. Untuk itu sebaiknya gunakan saja software versi lama agar menghindari kelemotan tersebut.

Sekian ulasan mengenai penyebab laptop lemot dan cara mengatasi laptop lemot. Semoga dapat membantu Anda yang memiliki persoalan serupa.

Baca Juga  Begini Cara Registrasi Ulang Kartu Perdana XL yang Benar
Hubungi DimensiData.com

Tentang Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.