Home > Networking > Pengertian Perbedaan Fungsi Access Point dan Wireless Router
Access Point dan Wireless Router

Pengertian Perbedaan Fungsi Access Point dan Wireless Router

Pengertian Serta Perbedaan Access Point dan Wireless Router – Sekarang ini, sebagian besar orang masih sering menanyakan mengenai Pengertian serta Perbedaan Access Point dan Wireless Router. Dua hal ini sebenarnya adalah sesuatu yang sangat berbeda jika dilihat dari beberapa aspek yang ada. Selain itu, jika dilihat dari masanya, Access Point pun lebih dulu muncul daripada Wireless Router.

Perbedaan utama antara Wireless Access Point dan Wireless Router terletak pada fungsi firewall (NAT) disamping fitur security. Pada umumnya wireless access point tidak mempunyai fitur NAT atau fitur firewall, akan tetapi wireless roter mempunyai fitur NAT firewall dan security lainnya.

Apa itu NAT?

Dalam memahami Wireless Access Point dan Wireless Router setidaknya kita sedikit memahami bagaimana cara NAT bekerja. Network Address Translation (NAT) adalah suatu fitur yang harus ada pada semua jenis routers. NAT merupakan suatu metoda utama untuk menterjemahkan IP address yang ada dibelakang router / firewall kepada suatu IP address terdaftar untuk bisa mengakses Internet.

Lalu apa yang membedakan antara Access Point dan Wireless Router secara jelas ? Apa kelebihan dan fungsi Access Point dan Wireless Router tersebut dalam jaringan wireless ? Access Point atau Wireless Router yang harus kita beli ?

Pengertian Perbedaan Fungsi Access Point dan Wireless Router

Pengertian Access Point dan Wireless Router

Untuk melihat Pengertian Acces Point serta Perbedaan Access Point dan Wireless Router, mari kita kaji terlebih dahulu dari pengertian kedua hal ini.

  • Access Point merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa wireless klien komputer atau perangkat jaringan yang tergabung di dalam sebuah jaringan yang sama. Jika kita mengibaratkannya sebagai nirkabel, access point dapat dianggap seabagi sebuah switch atau Hub yang bertindak sebagai pusat dari pemamncar dan juga penerima pada sinyal-sinyal radio. Access point merupakan sebuh node yang telah dikonfigurasikan dengan khusus pada sebuah WLAN (Wireless Local Area Network).
  • Wireless Router adalah sebuah device yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network yang lainnya (baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN ) sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yang ada pada network yang lain.

Baca juga: Pengertian serta Perbedaan Storage Server DAS, NAS dan SAN

Perbedaan Access Point dan Wireless Router

Pengertian dari access point dan juga wireless router diatas merupakan perbedaan pertama yang kita dapat lihat dari dua perangkat ini. Nah, selain perbedaan dari segi pengertian, masih terdapat beberapa Perbedaan Access Point dan Wireless Router yang dapat kita ketahui. Berikut ini informasinya.

Wireless Router

  1. Wireless Router dapat menghubungkan beberapa jaringan wireless yang berbeda atau beda subnet
  2. Wireless Router dapat menjadi DHCP server, dimana biasanya memerlukan server untuk service DHCP ini
  3. Wireless Router dapat membelokkan paket data yang ditujukan ke server tertentu (Port Redirect).
  4. Wireless Router dapat memetakan port service yang ada di pc/server ke port yang berbeda (Port Forwarding).
  5. Wireless Router dapat digunakan untuk Internet Sharing atau akses internet ke beberapa komputer.
  6. Wireless Router dapat melakukan NAT, yang mana IP Public internet dari ISP beda dengan IP lokal komputer. NAT dapat dianggap
  7. Seperti firewall, karena jaringan lain di internet tidak dapat secara langsung mengakses komputer anda, namun harus melalui Router dahulu.
  8. Wireless Router dapat menggantikan sebuah server jaringan yang menyediakan akses internet sharing atau bandwidth manager
  9. Wireless Router dapat melakukan Traffic Shaping / Bandwidth Management.

Access Point

  1. Access Point berfungsi sebagai pintu gerbang bagi pengguna jaringan wireless untuk masuk ke dalam jaringan.
  2. Access Point tidak dapat menjadi server DHCP
  3. Access Point tidak memiliki fasilitas Port Forwarding
  4. Access Point tidak memiliki fasilitas Port Redirecting
  5. Access Point tidak dapat menggantikan sebuah server jaringan / Internet sharing
  6. Access Point tidak memiliki fitur NAT, yang artinya tidak dapat menghubungkan 2 jaringan yang berbeda.
  7. Access Point semakin lambat respon dalam jaringan jika banyak user yang masuk / menggunakan jaringan
  8. Access Point tidak memliki fitur bandwidth Management / Traffic Shaping

Baca juga: Cara Mudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri di Cpanel

Pada dasarnya banyak sekali fungsi dan juga fitur yang dapat kita temui dan jalankan oleh perangkat seperti server dan juga router yang juga dapat dijalankan oleh wireless router. Beberapa perbedaan Access Point dan Wireless Router di atas, merupakan perbedaan di fitur dasar dari sebuah peralatan wireless.

Wireless access point mempunyai kemampuan yang bisa dibilang cukup terbatas yaitu hanya sebagai penghunbung dari beberapa klien yang ada. Sedangkan wireless ruter yang juga dapat bertindak sebagai access point dapat memiliki fungsi sebagai access point namun dengan cara mematikan routernya. Inilah yang menjadi inti atau kesimpulan dari Pengertian serta Perbedaan Access Point dan Wireless Router.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai Pengertian serta Perbedaan Access Point dan Wireless Router yang dapat menambah wawasan kita bersama untuk lebih mengetahui dan memahami Access Point dan Wireless Router. Access Point dan juga Wireless Router merupakan 2 perangkat yang hampir sama namun ternyata berbeda.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

2 komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.