Home > Komponen > Mengatasi PC CPU Hidup Tapi Layar Monitor Mati No Signal
PC CPU Hidup Tapi Layar Monitor Mati No Signal Tidak Menyala

Mengatasi PC CPU Hidup Tapi Layar Monitor Mati No Signal

Cara Mengatasi PC CPU Hidup Tapi Layar Monitor Mati Tidak Menyala No Signal – Di zaman sekarang, hampir semua pekerjaan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Kita tidak bisa jauh dari fungsi perangkat teknologi yang salah satunya adalah komputer. Kita memanfaatkan perangkat teknologi yang satu ini untuk beragam tujuan, mulai dari mengerjakan tugas sekolah, menyelesaikan pekerjaan kantor, hingga untuk kepentingan bisnis.

Nah, apa jadinya jika saat kita sedang diburu waktu dan harus menyelesaikan deadline saat itu juga, tapi mendapati komputer sedang dalam keadaan on namun tidak memunculkan gambar di layar monitor? Yang pasti kita akan merasa sangat jengkel.

Untuk mengatasi komputer CPU hidup tapi monitor no signal tidak menampilkan gambar, berikut cara praktis mengatasinya?

Cara Mengatasi PC CPU Hidup Tapi Layar Monitor Mati Tidak Menyala

1. RAM Trouble

Salah satu alasan yang sering ditemui kenapa komputer CPU hidup tapi layar monitor mati tidak menyala dan justru mengeluarkan bunyi beep panjang adalah karena RAM dalam kondisi trouble. Memori RAM yang rusak menyebabkan monitor dalam keadaan off dan tidak berfungsi dengan baik. Cobalah keluarkan RAM tersebut dari slot yang tersedia, dan ganti dengan yang baru jika memang sudah rusak.

Namun jika RAM-nya belum rusak, tetapi hanya pada kondisi berdebu, maka bersihkan RAM tersebut terlebih dahulu agar perangkat ini kembali bekerja dengan baik. Anda bisa mendeteksi rusaknya RAM dari adanya bunyi beep panjang yang dikeluarkan oleh komputer.

2. Cek VGA

Kita sering menyebut elemen yang satu ini dengan sebutan kartu grafis. Ya, penyebab rusaknya layar monitor tidak hanya disebabkan oleh RAM yang sedang dalam kondisi rusak, tetapi juga VGA atau kartu grafis yang dalam kondisi tidak sebagaimana mestinya.

Cek kartu grafis itu, keluarkan dari slotnya jika memang rusak dan ganti dengan yang baru. Atau, kondisi VGA yang berdebu juga menjadi alasan kenapa layar monitor tidak beroperasi dengan baik. Bersihkan kartu grafis lalu masukkan kembali ke dalam slotnya agar monitor kembali beroperasi dengan baik.

3. Cek Baterai Motherboard

Meski tidak selalu menjadi penyebab komputer CPU hidup tapi layar monitor mati tidak menyala, namun kondisi baterai motherboard harus selalu kita cek kebersihannya untuk memastikan layar monitor beroperasi dengan baik. Cek kondisi baterai motherboard apakah dalam kondisi fit ataukah tidak. Jika sudah saatnya diganti, Anda bisa usahakan untuk segera menggantinya dengan tujuan agar layar monitor kembali beroperasi dengan baik.

4. Cek Processor

Ya, indikasi matinya layar monitor meski komputer dalam keadaan on adalah karena rusaknya processor. Seperti halnya hardware yang lain yang menyebabkan layar monitor tidak menyala, cek kondisi processor secara rutin. Processor yang tidak menyala karena rusak, atau karena berdebu menjadi penyebab tidak berfungsinya layar monitor komputer dengan baik.

Ganti dengan yang baru jika CPU memang rusak, atau pastikan CPU dalam kondisi bersih dengan rajin membersihkan debunya. Salah satu indikasi rusaknya CPU bisa Anda ketahui dari kondisi CPU yang tetap dalam kondisi dingin meski Anda telah menyalahkan perangkat ini selama berjam-jam lamanya.

5. Cek Fan

Fan yang tidak beroperasi dengan baik berpengaruh pada normal tidaknya layar komputer yang sedang beroperasi. Cek kipas atau fan yang ada dalam perangkat tersebut, apakah sudah dipasang dalam kondisi yang benar, dan apakah dalam keadaan bersih sehingga layar monitor tidak beroperasi dengan baik.

Kenali beberapa penyebab komputer CPU hidup tapi layar monitor mati tidak menyala seperti dalam uraian di atas untuk mendeteksi adanya masalah serius yang dihadapi pada komputer yang mungkin saat ini Anda sedang sangat membutuhkannya.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

2 komentar

  1. Terimakasih kk infonya luar biasa..
    sangat membantu.

    kebetulan saya kuliah di jurusan Teknik informatika
    kunjungi web kampus kami , http://www.atmaluhur.ac.id dan blog kami, https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/nurulumar/beranda?authuser=2
    Terimakasih…!!!

  2. Ada kemungkinan gak, kalau PSU-nya yang kekurangan daya, jadinya VGA tidak dapat supply power memadai untuk menampilkan? Saya alami masalah ini, mungkin bisa dibantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.