Home > Gadget > Fungsi Utama Android TV Box dan Kelebihan Android TV Box
Fungsi Utama Android TV Box dan Kelebihan Android TV Box

Fungsi Utama Android TV Box dan Kelebihan Android TV Box

Fungsi Utama Android TV Box dan Kelebihan Android TV Box – Belakangan ini teknologi semakin hari semakin berkembang dan selalu memunculkan inovasi inovasi yang canggih. Salah satu inovasi teknologi yang beberapa tahun belakangan ini semakin popular di masyarakat yaitu smart TV.

Meskipun begitu, masih banyak masyarakat yang ragu untuk membelinya terkait harga smart TV tersebut masih terlampau mahal. Tapi tak perlu khawatir, saat ini telah hadir smart tv dengan harga yang lebih terjangkau yaitu Android TV Box.

Android TV Box adalah sebuah perangkat keras yang memiliki fungsi sebagai STB kepanjangan dari set top box. Dimana perangkatnya serupa dengan TV Box namun perangkat ini sudah tertanam OS (Operating System) Android. Namun tidak dilengkapi layar. Oleh karena itu dibutuhkan perangkat tambahan sebagai pengganti layar seperti LED/LCD TV yang dihubungkan dengan kabel HDMI.

Nah kebetulan sekali nih, kali ini DimensiData.com akan membahas tentang kelebihan Android TV Box dan kegunaan Android TV Box. Ada cukup banyak kelebihan dan kegunaan android TV box. Dimana fungsinya sama seperti hal nya anda menggunakan smartphone atau tablet berbasis android.

Anda abisa melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan seperti streaming video, mendengarkan musik, bermain game, dan lainnya. Bahkan anda bisa menyaksikan channel luar negeri, tanpa harus melakukan langganan TV berbayar. Asyik, bukan?

Secara umum produk Android TV Box dibagi menjadi dua jenis, yaitu Android TV Stick dan Android TV Box. Seperti namanya android tv strick memiliki ukuran yang lebih kecil hampir serupa dengan flashdrive atau modem. Sementara android TV box berbentuk box sehingga ukurannya lebih besar.

Fungsi Utama Android TV Box dan Kegunaan Android TV Box

Apakah android TV box bisa dihubungkan dengan TV Tabung? Sebenarnya bisa namun pengguna butuh converter kabel HDMI ke RCA gunanya sebagai pengubah output digital menjadi analog. “Anda harus ingat, cara kerja android TV adalah seperti cara kerja smartphone android“. Oke langsung saja simak Fungsi Utama Android TV Box dan Kelebihan Android TV Box dibawah ini!

Menonton video

Android TV Box digunakan seperti halnya TV kovensional yang menggunakan antena TV, bahkan anda bisa menonton Video streaming, Live Streaming, IPTV/TV Internet, dan lainnya. Adapun aplikasi terbaik untuk menonton streaming adalah KODI.

Gaming

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa Android TV Box digunakan seperti haknya sedang menggunakan smartphone berbasis android. Salah satunya bisa digunakan untuk bermain game dengan menggunakan layar besar. Jika anda mau bermain game, anda tinggal memasukkan game pad ke dalamnya.

Browsing

Android TV Box dioperasikan dengan menggunakan koneksi internet, nah dengan kata lain, adanya internet ini bisa anda gunakan untuk melakukan browsing.

Chating dan Video Call

Bahkan android TV box ini bisa digunakan untuk melakukan chating dan video call. Serunya chating dan video call dengan android TV box yaitu anda bisa ngobrol dengan kerabat tak hanya secara privasi tapi bisa sekaligus satu keluarga, jadi semakin seru kan. Karena anda bisa melakukan chating dan video call melalui layar yang besar, jadi semakin puas dan lebih menyenangkan.

Castscreen/Mirorscreen

Selain menonton film online, atau video call, kegunaan android tv box adalah menggunakannya sebagai layar pembesar. Dimana anda bisa menampilkan sesuatu yang ada pada layar kecil di smartphone anda ke layar yang lebih besar dengan menggunakan aplikasi castscreen bernama Miracast. Jadi apa saja yang anda buat di smartphone bisa ditampilkan ke layar amdr0id TV Box.

Slot USB (flashdisk) dan Slot SD Card (memory)

Tak lupa juga dalam android TV box juga dilengkapi dengan Slot USB dan slot SD Card dimana anda bisa menyimpan data di flashdisk/SD card lalu anda membuka data di TV atau Layar yang lebih besar tapi ada juga beberapa merek android TV Box dilengkapi dengan slot SATA.

Masih banyak lagi Fungsi Utama Android TV Box dan Kelebihan Android TV Box lainnya. Jadi, jika anda ingin memiliki android TV box pastikan anda memilih sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

15 komentar

  1. Cara atur menu di TV gimana. Masalahnya kan tv gak bisa layar sentuh.

  2. numpang tanya Gan, koneksi internetnya via usb modem atau media lainnya ? juga pada smart tv apakah dapat menggunakan usb modem untuk koneksi internetnya ? makasih sebelumnya.

  3. Bisa gak ya stb ini install aplikasi karaoke di tv nya trus bisa karaokean secara offline by usb/hardisk eksternal yg sudah berisi lagu2 dengan format .dat
    Sebelum nya kyk di t4 karaoke gtu pke laptop jd ada 2 layar/mirroring antara tv dan layar laptop..
    Keinginan nya punya smart tv / stb adalah spy karaokean bisa 1 layar saja di tv, ga perlu pke laptop untuk membuka aplikasi karaoke nya.

  4. Bisa gak buat karaoke n ambil siaran bola n gp..?
    Apkah tv box udah beredar..
    Dmn bsa saya beli tv box ini..

  5. Saya g pasang wifi tpi Kalo d hotspot via hp gimana bisa g ya…mohon penjelasan nya..terimakasih

  6. Jika kita browsing, dan hasil browsing mau kita print bisa ga Connect ke printer?

  7. Trmksh artikel sangat membuka wawasan..

  8. Stb yang agan pake sekarang merk apa?

  9. Apakah bisa menghemat kuota internet, jika dibandingkan dg menggunakan hp android ? Terutama jika dipakai streaming ? Terimakasih atas tanggapannya.

  10. apakah tv box bs d gunakan utk tv mobil,apa saja kelengkapan yg d perlukan??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.