Home > Berita Teknologi > Cara Tepat Memilih dan Membeli Printer Laserjet
Cara Tepat Memilih dan Membeli Printer Laserjet

Cara Tepat Memilih dan Membeli Printer Laserjet

Ingin mencoba kemampuan printer laserjet? Printer baru ini sangat cocok untuk mencetak banyak dokumen. Jika dibandingkan dengan printer inkjet, kualitas cetak dan kecepatannya memang sangat jauh. Printer injket mempunyai daya cetak terbatas dan kamu harus membuang waktu untuk mengganti cartridge, tinta, atau kertas.  Meskipun harus membayar mahal di awal, printer laserjet tetap lebih ekonomis. Biaya lebih murah karena ongkos cetak untuk satu lembar dokumen lebih kecil. Sebelum membeli produk ini, kamu harus mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan. Jangan sampai salah pilih.

Jenis Dokumen

Jika kamu hanya ingin mencetak dokumen biasa, printer laserjet monokrom adalah pilihan ideal. Untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi, kamu perlu memilih printer yang mempunyai spesifikasi lebih tinggi. Jika kamu ingin mencetak brosur atau dokumen berukuran besar untuk keperluan promosi, gunakanlah printer dengan kualitas cetak yang lebih baik.

Biaya

Printer laserjet memang harganya lebih mahal dari pada inkjet. Saat memilih printer, Mungkin sebagian orang beranggapan kalau harga printer laserjet jauh lebih mahal daripada inkjet. Sebenarnya, injket lebih mahal karena penggunanya harus membayar pengeluaran rutin seperti tinta dan toner. Biaya ditentukan bukan dari harga yang harus kamu bayar ketika membeli printer baru. Biaya dihitung per lembar halaman dokumen. Berapa rupiah yang harus kamu keluarkan untuk mencetak satu lembar dokumen? Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa menggunakan katrid ukuran XL. Meskipun harga lebih mahal, kamu bisa menghemat biaya cetak per lembar dokumen. Jika kamu memilih printer tidak berkualitas dengan iming-iming harga murah, biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan bisa jadi jauh lebih mahal.

Cara Tepat Memilih dan Membeli Printer Laserjet

Kapasitas Cetak

Pilihlah printer laserjet dengan kapasitas cetak yang lebih banyak. Jangan sampai kamu kehilangan waktu yang berharga untuk mengganti toner atau kertas karena daya cetaknya yang terbatas. Printer dengan daya cetak terbatas pasti sering mengalami paper jam. Ketika kamu perlu mencetak banyak dokumen sekaligus, printer tiba-tiba macet karena ‘overload’. Kapasitas cetak yang lebih besar akan mempermudah pekerjaan terutama ketika printer digunakan oleh banyak orang sekaligus di kantor.

Kecepatan Cetak

Jika kamu perlu mencetak dokumen dalam jumlah banyak setiap hari, printer laserjet dengan kecepatan cetak tinggi adalah kebutuhan mutlak. Pilihlah printer dengan kecepatan cetak yang tinggi dengan kualitas hasil cetak yang masih terjaga. Sebenarnya, semua printer laserjet sudah mempunyai kecepatan yang sangat baik.

Fitur

Printer sekarang tidak hanya sekedar mesin cetak. Printer juga didukung dengan fitur lain seperti scanner untuk memindai dokumen lebih cepat. Jika kamu perlu fitur ini, kamu bisa memperhitungkan konsep printer all in one. Security PIN adalah fitur penting lainnya. Ketika kamu ingin mencetak dokumen yang bersifat rahasia, kamu tinggal memasukkan kode PIN. Orang lain tidak bisa mengakses dokumen tersebut.

Informasi dan Rekomendasi

Kamu tidak mungkin membeli printer baru yang berkualitas sebelum memahami informasi mengenai printer tersebut. Sebelum beranjak ke toko, carilah informasi sebanyak mungkin mengenai printer yang kamu inginkan. Rekomendasi lewat teman atau kerabat bisa menjadi cara yang ampuh karena sudah ada orang lain yang pernah ‘mencicipi’ printer serupa. Atau, kamu bisa mencari informasi di internet terutama situs review produk elektronik atau forum. Pelajarilah spesifkasi, keunggulan, dan kekurangan printer laserjet sebelum kamu membelinya. Jangan sampai memilih printer yang tidak sesuai karena bisa menjadi pemborosan.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.