Home > Komputer > Cara Merakit RIG PC Khusus Mining Bitcoin Untuk Pemula
Cara Merakit RIG PC Khusus Mining Bitcoin Untuk Pemula

Cara Merakit RIG PC Khusus Mining Bitcoin Untuk Pemula

Cara Merakit RIG PC Khusus Mining Bitcoin Untuk Pemula 2019– Meskipun harga bitcoin sekarang ini sedang terpuruk, namun keinginan untuk membangun PC khusus mining masih banyak diminati. Untuk pemula yang baru memulai penambangan bitcoin, ada beberapa panduan Merakit RIG PC Khusus Mining Bitcoin Untuk Pemula, baik itu dari spesifikasi rendah maupun spesifikasi tinggi.

Lalu, Bagaimana Cara Merakit RIG PC Khusus Mining Bitcoin Untuk Pemula Agar Bisa Konek?

Perangkat komputer yang digunakan untuk mining ini terdiri dari berbagai macam ukuran dan bentuk. Pada tutorial ini kita lebih fokus membangun RIG PC yang mendasar. Umumnya, untuk orang yang hendak merakit PC khusus mining ini harus mengeluarkan budget setidaknya puluhan juta. Namun untuk Anda yang masih pemula dan belum bekerja, tentu saja nilai tersebut sangat berat.

Lalu, bagaimana agar Merakit RIG PC Khusus Mining Bitcoin Untuk Pemula bisa tercapai tapi dengan harga murah? Tentu saja dengan cara menyicil hardware, dengan menjalankan penambangan terlebih dulu lewat spesifikasi yang rendah.

Cara Merakit RIG PC Khusus Mining Bitcoin Untuk Pemula Harga Murah

Dalam Merakit RIG PC Khusus Mining Bitcoin Untuk Pemula, ada beberapa peralatan yang dibutuhkan, sebagai berikut :

1. Prosesor

Prosesor termasuk komponen penting dalam PC yang mempengaruhi perakitan CPU mining spesifikasi terbaik. Hanya dengan biaya minimal, Anda tetap dapat menambang serta menghasilkan pendapatan tambahan. Spesifikasi prosesor yang dianjurkan paling tidak setara i5 atau i7. Dengan core yang semakin tinggi, maka penambangan bitcoin pun akan sangat membantu pada spek rendah.

2. Motherboard

Termasuk salah satu komponen paling penting yang mesti disediakan untuk perakitan PC. Namun khusus pada penambangan kripto, sebaiknya cari motherboard dengan multi slot PCI-E. Terdapat banyak sekali merk motherboard terbaik untuk mining yang dapat disesuaikan dengan anggaran, semakin banyak jumlah slot PCI-E, harga jualnya pun akan semakin mahal. Bagi pemula, Anda bisa memilih dua slot PCI-E yang diperuntukkan pada spesifikasi rendah.

3. Hard Drive

Hard drive dipergunakan untuk menunjang media penyimpanan data dan sistem operasi. Apabila Anda memulai untuk solo mining, penyimpanan blockchain tentu saja akan membutuhkan space besar. Minimal Anda menyediakan hard drive SSD berukuran 250 GB.

4. Power Supply

Data yang diperlukan untuk menjalankan PC mining memang tergolong besar, PC akan bekerja secara maksimal sehingga diperlukan daya yang powerfull. Apabila hendak memulai penambangan pada spek rendah, cukup mempersiapkan PSU kurang dari 750 watt seperti halnya pada Corsair – CMV4GX4M1A2133C15.

5. Kartu Grafis

Kartu grafis, GPU atau VGA Card adalah penentu untuk memperoleh reward. Naun apabila Anda hendak memulainya lebih dulu dari spek yang renda, cukup memakai 2 kartu grafis terbaik khusus minin yang terdapat dalam motherboard saja.

6. Meomori RAM

Untuk penambangan sebenarnya tak diperlukan Memori RAM terbaik, namun sebaiknya Anda persiapkan memori RAM yang bagus berkapasitas 4GB, misalnya RAM team elite 4GB tipe DDR4 PC2400.

7. Fan Prosesor

Sebaiknya pilih fan prosesor tangguh dengan kipas tambahan agar membantu proses sirkulasi udara supaya tidak cepat panas. Komponen ini sangat dibutuhkan untuk penambangan bitcoin berspek rendah. Meletakkan CPU dalam ruangan yang ber-AC juga bisa membantu untuk mengurangi pemakaian kipas.

Contoh Spesifikasi RIG PC Mining Harga Murah

SPESIFIKASI MINING RIG Recomended 2019
ProcessorIntel Pentium G45601.120.000
MotherboardASRock H110 Pro BTC+2.470.000
Kartu GrafisSapphire Nitro+ Radeon RX 580 8GB GDDR56.470.000
Memori RAM4 GB DDR4 Corsair – CMV4GX4M1A2133C15830.000
HarddiskSandisk – SDSSDHII-240GB-G251.300.000
PSUCorsair – CX750M 750Watt1.500.000
Casing
Jumlah Harga13.690.000

Cara Membangun PC untuk Mining Bitcoin

Sama halnya dengan merakit kompputer biasa, merakit PC untuk kebutuhan mining bitcoin juga sangat mudah. Apabila Anda ingin membangun PC spek rendah yang biayanya terjangkau, cukup memakai 2 kartu grafis saja. Spesifikasi tersebut tidak diperlukan untuk penambangan bitcoin saja, tetapi juga dapat dipergunakan untuk penambangan altcoin yang bernilai jual tinggi.

Dalam Merakit RIG PC Khusus Mining Bitcoin Untuk Pemula spesifikasi tinggi dipakai untuk proses penambangan bitcoin. Saat ini, tingkat kesulitan penambangan bitcoin semakin tinggi, dan Anda bisa beralih untuk mencoba menambang bitcoin gold, bitcoin cash, Zcoin, atau litecoin. Sebab penambang bitcoin sekarang ini sudah banyak memakai antminer yang harganya lebih mahal dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Satu komentar

  1. Ya mantap artikelnya, nanti mau coba juga
    Trims
    Sukses buat anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.