Home > Networking > Cara Ampuh Menghemat Data Kuota Internet di Smartphone
Cara Menghemat Data Kuota Internet
Menghemat Kuota Internet, Photo by: bungfrangki.com

Cara Ampuh Menghemat Data Kuota Internet di Smartphone

blog.dimensidata.com – Tips cara Lengkap Menghemat Data Kuota Internet di Smartphone Android. Banyak orang berpikir, dengan memiliki smartphone akan lebih menghemat anggaran bulanan. Namun kenyataannya semua itu tergantung pada manajemen setiap orang dalam menggunakannya. Ada orang yang bisa berhemat dengan smartphone, namun tak jarang yang justru semakin banyak mengeluarkan uang setiap bulannya. Agar bisa hemat dalam menggunakan paket data di smartphone, tentunya Anda membutuhkan tips khusus.

Bagaimana carany agar smartphone dengan paket data yang dimiliki bisa lebih efisien dan menghasilkan keuntungan yang lebih pada penggunanya. Ada beberapa tips khusus yang bisa Anda lakukan untuk menghemat paket kuota internet yang Anda miliki, diantaranya sebagai berikut:

  1. Ketahui jam-jam produktif Anda menggunakan smartphone. Di jam Anda tidak produktif, sebaiknya paket data dimatikan saja untuk lebih menghemat penggunaan data. Meskipun Anda menggunakan tarif internet yang murah, akan tetapi berhemat tentunya akan lebih baik.
  2. Jika tidak untuk kebutuhan yang mendesak, uninstall aplikasi download atau video online seperti youtube yang dapat menghabiskan kuota internet dengan cepat. Terlebih jika Anda suka menonton online, hal ini akan lebih cepat menghabiskan kuota internet Anda.
  3. Jangan terlalu sering menggunakan aplikasi berbayar seperti penggunaan google crhome, penggunaan youtube, penggunaan aplikasi lainnya yang cepat menghabiskan paket data.
  4. Aktifkan pembatas jumlah kuota internet Anda untuk menandakan sekaligus sebagai warning penggunaan jumlah data.
  5. Mengurangi penggunaan game online yang dimainkan secara live dan tidak didownload lebih dahulu.
  6. Pada malam hari, di saat Anda tidur, matikan paket data Anda. Selain menghemat baterai juga akan lebih menghemat penggunaan kuota internet smartphone Anda tersebut.
  7. Hindarkan penggunaan smartphone pada anak, karena biasanya anak-anak akan menggunakan smartphone tersebut untuk aktivitas yang menghabiskan banyak kuota, seperti misalnya games online, download aneka aplikasi, film, video, menggunakan youtube dan sebagainya. Jika penggunaanya seperti itu, dalam sebentar saja kuota Anda bisa habis karena memang biasanya hal-hal seperti itu akan lebih mudah menghabiskan kuota.

Matikan atau jangan diaktifkan aplikasi yang tidak sedang Anda pakai. Terutama beberapa aplikasi berbayar mahal. Selain menghemat penggunaan paket data, hal ini sebenarnya juga untuk lebih menjaga keamanan smartphone Anda. Kebiasaan mendownload aplikasi game juga menjadi hal buruk yang harus Anda hindarkan. Beberapa aplikasi game di play store misalnya telah tersusupi oleh virus malware.

Menghemat Data Kuota Internet di Smartphone Android
Menghemat Data Kuota Internet

Keisengan Anda mendownload aneka aplikasi game di smartphone, pada suatu ketika akan berbuah penyesalan karena memang efek dari virus malware tersebut sangat dahsyat bagi smartphone Anda. Bukan hanya gerak smartphone yang akan lebih lambat, namun juga virus ini dapat merusak system secara total. Bahkan dengan mereset pabrik pun tidak bisa hilang.

Baca Juga: Cara Ampuh Memperkuat dan Mempercepat Koneksi Internet Sinyal WiFi

Tips lain yang harus diperhatikan untuk menghemat kuota internet adalah dengan memilih operator seluler yang banyak menawarkan paket gratisan pada beberapa aplikasi yang paling umum dan banyak digunakan seperti BBM, facebook, whatsapp dan sebagainya. Dengan cara ini tentunya Anda akan bisa lebih berhemat, karena mungkin tujuan Anda menggunakan smartphone tersebut hanya untuk kepentingan seperti hal tersebut.

Jika ingin browsing akan lebih nyaman bila dilakukan di laptop yang lebih besar. Dengan menggunakan tablet memang bisa dilakukan, namun fungsi maksimal untuk pengetikan dan transfer data atau sejenis akan lebih maksimal jika Anda menggunakan laptop dan sejenis. Sebab suatu teknologi tentunya diciptakan sesuai dengan fungsinya.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.