Home > Networking > Apa Itu Satelit? dan Apa Pentingnya Teknologi Satelit?
Apa Itu Satelit
Satelit, photo by: spaceflightnow.com

Apa Itu Satelit? dan Apa Pentingnya Teknologi Satelit?

Satelit – Apa Itu Satelit? dan Apa Pentingnya Teknologi Satelit? – Apa itu Satelit? Satelit adalah sebuah planet atau mesin yang mengorbit planet lain atau sebuah bintang. Bumi misalnya, adalah sebuah satelit karena bumi mengorbit matahari. Begitu juga dengan bulan, bulan merupakan sebuah satelit karena bulan mengitari bumi.

Sehingga bulan disebut sebagai satelit bumi. Biasanya kata satelit lebih ditujukan kepada sebuah mesin yang mengitari bumi. Anda sudah mengerti apa itu satelit? Lanjut.

Jenis Satelit

Terdapat dua jenis satelit, yaitu satelit alami dan satelit buatan. Bumi dan bulan adalah satelit alami. Sedangkan satelit Palapa dan Telkom-1 merupakan contoh dari satelit buatan. Terdapat ribuan satelit buatan yang mengorbit bumi. Kegunaan dari satelit buatan ini juga sangat beragam.

fungsi utama dari satelit buatan
Courtesy of ESA Foster + Partners. Photo by: yalescientific.org

Beberapa fungsi utama dari satelit buatan adalah :

  1. Mengambil gambar bumi. Ini digunakan oleh ilmuwan dan badan meteorologi untuk memprediksikan cuaca dan mengantisipasi adanya angin topan.
  2. Mengambil gambar planet lain. Karena ilmu pengetahuan manusia harus terus dikembangkan, ilmuwan-ilmuwan memerlukan data-data tentang planet lain untuk dipelajari. Sehingga umat manusia dapat lebih memahami alam semesta dan luar angkasa.
  3. Telekomunikasi. Satelit buatan pada umumnya memang digunakan untuk kepentingan pertukaran informasi. Contohnya untuk TV satelit, Internet satelit dan GPS.

Semoga sampai sini anda sudah cukup mengerti pengertian satelit. Karena hal-hal diatas, satelit dianggap sebagai salah satu teknologi yang penting untuk dipertahankan dan terus dikembangkan. Namun akan saya jelaskan lebih detail dibawah.

Kenapa Satelit itu Merupakan Teknologi Yang Penting?

Sebelum adanya satelit, sulit untuk manusia mengamati bumi secara keseluruhan dengan waktu yang singkat. Menggunakan alat darat untuk mengamati bumi memakan waktu yang sangat lama. Sehingga dengan adanya satelit, lebih banyak data yang dapat diperoleh tentang kontur, bentuk, dan cuaca di bumi dengan sangat cepat dan akurat.

Satelit itu penting, karena sebelum adanya satelit sinyal TV tidak dapat terpancar dengan jarak yang sangat jauh. Faktanya, sinyal TV itu memancar seperti garis lurus. Karena bentuk bumi yang bulat, sinyal ini dengan mudah malah nyasar terpancar ke luar angkasa. Tidak mengikuti bentuk permukaan bumi. Tidak jarang juga sinyal TV ini terhalangi oleh pegunungan, bukit, atau gedung-gedung di kota.

Kenapa Satelit itu Merupakan Teknologi Yang Penting
Satellite tv dish. Photo by: earth911.com

Begitu juga halnya dengan telepon. Telepon dengan menggunakan kabel akan memakan biaya yang sangat mahal. Ini dikarenakan biaya instalasi kabel bawah tanah dan bawah laut itu mahal sekali, dan juga dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi.

Dengan adanya satelit, siaran TV dan percakapan telepon anda dapat dikirimkan ke satelit sebagai sinyal. Lalu hanya selang beberapa saat, satelit ini dapat mengirimkan semua informasi barusan kepada tempat tujuan. Lebih hemat dan cepat.

Internet Satelit itu Penting Untuk Indonesia

Sekarang satelit memang paling banyak dimanfaatkan sebagai jalur telekomunikasi. Salah satunya adalah sebagai jalur internetan. Biasanya disebut internet satelit. Indonesia merupakan salah satu negara yang dapat merasakan manfaat besar internet satelit. Kenapa?

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Sebagai penyandang predikat tersebut, sudah pasti sulit untuk memberikan koneksi internet keseluruh penjuru negeri. Bayangkan saja, ada 17000 pulau yang mana 900 diantaranya itu dihuni manusia. Dan pulau-pulau ini terpisahkan oleh lautan. Menanam kabel dibawah laut itu mahal sekali, fiber optik atau tembaga, semuanya sangat mahal.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.