Home > Berita Teknologi > Tips Mudah untuk Menghemat Baterai Smartphone

Tips Mudah untuk Menghemat Baterai Smartphone

Bagi kebanyakan orang, smartphone adalah perangkat elektronik penting untuk menunjang kebutuhan mereka terutama dalam berkomunikasi. Smartphone kini hadir dengan berbagai fitur menarik dan perfoma yang lebih disempurnakan untuk membuat komunikasi Anda menjadi lebih mudah. Ponsel yang dulunya hanya digunakan untuk mengirim SMS atau menelepon sudah berubah fungsi. Smartphone dilengkapi dengan beragam fungsi seperti untuk mengakses internet, mengedit dokumen, bermain game, dan fungsi penting lainnya. Namun, perkembangan smartphone tersebut membawa dampak negatif tersendiri. Ponsel biasa dengan tampilan monokrom mempunyai daya tahan baterai yang sangat lama, bisa mencapai seminggu lebih. Smartphone hanya bisa bertahan satu atau dua hari. Oleh karena itu, Anda perlu memodifikasi smartphone Anda agar mempunyai daya tahan baterai yang lebih lama. Inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan daya tahan baterai yang lebih lama.

1. Buang Widget dan Aplikasi yang Tidak Penting

Salah satu faktor penguras daya tahan baterai adalah banyaknya widget dan aplikasi dalam smartphone tersebut. Tidak semua aplikasi dalam smartphone Anda mempunyai fungsi penting. Bahkan, aplikasi tersebut terkadang hanya berfungsi sebagai ‘penghias’ dan tidak mempunyai dampak apapun terhadap produktivitas Anda. Buanglah aplikasi yang sekiranya tidak membawa manfaat kepada Anda dan daya tahan baterai bisa menjadi lebih lama. Fitur-fitur tambahan seperti aplikasi social media atau dual clock sebenarnya tidak terlalu penting bagi pengguna smartphone. Aplikasi tersebut akan memakan kapasitas memori RAM dan menguras baterai.

2. Non-aktifikan Live Wallpaper

Live Wallpaper akan membuat smartphone Anda menjadi semakin menarik karena tampilan homscreen tampak lebih hidup. Anda bisa menikmati tampilan dengan animasi yang indah dan tampak sangat realistis. Namun, fitur ini sangat menguras daya tahan baterai. Terlebih lagi, smartphone harus bekerja ekstra keras untuk mendukung fitur live wallpaper tersebut. Jika Anda menggunakan smartphone dengan kecepatan prosesor lebih dari 1 GHz, beban tidak terlalu berat. Namun, fitur tersebut tetap saja menguras energi dalam baterai smaprthone.

3. Manfaatkan Fitur Battery Saver

Smartphone dengan sistem operasi Android biasanya dilengkapi dengan fitur battery saver untuk mengatur penggunaan baterai selama smartphone diaktifkan. Jika aplikasi tersebut tidak tersedia di smarpthone Anda, carilah aplikasi yang mempunyai fungsi sejenis. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mengatur penggunaan baterai dengan lebih mudah. Fitur battery saver tidak hanya menguntungkan dalam penggunaan baterai yang lebih sedikit, tetapi fitur ini sangat berfungsi untuk mengurangi beban smartphone. Terlebih lagi, setiap pengaturan yang sudah Anda tentukan bisa disimpan dalam satu profile tersendiri.

4. Matikan Fungsi Push Email

Smartphone Anda dilengkapi dengan fitur khusus untuk mengecek email secara otomatis dalam kurun waktu tertentu? Jika ingin menghemat daya tahan baterai, matikan fungsi tersebut. Tidak semua email yang terkirim ke alamat Anda adalah email yang penting. Bisa jadi baterai smartphone terkuras habis hanya untuk memberitahu Anda bahwa ada email spam yang masuk. Fungsi ini malah menganggu aktivitas Anda selama digunakan secara berlebihan. Solusinya, cek email sendiri secara manual.

 

Hampir semua smartphone yang dijual di pasaran kini mempunyai daya tahan baterai yang sangat terbatas. Kekurangan ini tentu sangat merepotkan bagi pengguna smarpthone terutama yang sering bepergian jauh. Untuk memecahkan masalah tersebut, Anda perlu menerapkan tips di atas dan membeli perangkat power bank. Anda masih bisa mendapatkan tambahan daya tahan baterai di perjalanan.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Perbedaan Spesifikasi Serta Harga Iphone X dan Iphone 8

Perbedaan Spesifikasi Serta Harga Iphone X dan Iphone 8

Mengulas Perbedaan Spesifikasi Serta Harga Iphone X dan Iphone 8 dan iPhone 8 Plus – Pasti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *