Home > Komponen > Tips Memilih VGA Card Terbaik Untuk PC Gaming
Tips Memilih VGA Card Terbaik Untuk PC Gaming

Tips Memilih VGA Card Terbaik Untuk PC Gaming

Tips Memilih VGA Card Terbaik Untuk PC Gaming – VGA Card menjadi salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam perakitan komputer gaming. Hampir 80% kesesuaian sistem sebuah game dapat dimainkan di komputer, dipengaruhi oleh komponen graphic card ini. Tentunya semakin tinggi kelas VGA, maka semakin mudah pula Anda memainkan game keluaran terbaru dengan kualitas tinggi.

Jangan mudah terpengaruh mitos karena seringkali membuat Anda kehilangan kesempatan mendapatkan VGA high class. Pedoman berikut ini dapat menjadi bahan pertimbangan memilih VGA Card Terbaik yang paling tepat untuk PC gaming Anda:

GPU dan Merek VGA Card

Jika komputer memiliki CPU sebagai otak sentral dari pusat kerja, demikian pula dengan VGA. Bedanya pada VGA Card memiliki otak yang disebut GPU atau Graphic Processing Unit. Pada sebuah graphic card, fungsi dari GPU ini akan membuat kinerja dari CPU itu sendiri sedikit lebih ringan.

Karena itu sangat penting memilih spesifikasi GPU yang terbaik dengan core speed atau kecepatan mumpuni. Semakin besar core speed, semakin mumpuni kinerja GPU yang berarti juga menunjang kinerja VGA Card semakin prima.

Meski merek tidak menjadi jaminan, namun Anda harus tahu bahwa beberapa merek graphic card tertentu memiliki kualitas yang tidak dapat dikalahkan dari merek lainnya. Mengingat VGA dari merek-merek ternama dan terpercaya, selalu melakukan upgrade teknologi. Menjadikan VGA produksinya selalu menggunkana komponen GPU terbaru.

Mengenai pemilihan merek VGA Card Terbaik ini dikembalikan lagi kepada budget yang Anda miliki. Mengingat merek-merek VGA ternama harganya jauh lebih mahal. Jika budget terbatas, sebaiknya pilih VGA kualitas middle yang menawarkan kualitas sedang namun mengenai performa tidak beda jauh.

Tips Memilih VGA Card Terbaik Untuk PC Gaming Berat

Kapasitas Memori dan Clock Speed

Fungsi memori dari sebuah VGA Card tidak jauh berbeda dari RAM pada komputer Anda. Memori pada sebuah VGA Card digunakan untuk menyimpan data hasil olahan GPU secara sementara. Nantinya data ini akan ditransfer atau dikirimkan ke RAMDAC, yang diubah dari data digital menjadi visual.

Data visual akan dapat ditampilkan ke dalam monitor melalui kabel VGA, DVI hingga HDMI. Tentunya memori yang semakin besar semakin baik. Namun memperhatikan penggunaan teknologi dari memori juga sangat penting. Mengingat teknologi yang semakin baru akan membuat memori bekerja dengan cepat dan efektif.

Memory Clock Speed juga menjadi salah satu yang harus Anda perhatikan saat memilih VGA Card Terbaik. Clock Speed ini sendiri adalah kecepatan memori VGA Card selama proses mengolah data. Tentunya semakin cepat clock speed akan membuat kinerja graphic card semakin mumpuni. Namun saat Anda memilih VGA Card dengan spesifikasi clock speed semakin cepat, ada harga cukup mahal yang harus Anda bayar.

Kecepatan dari memory clock speed ini diukur dengan satuan Mhz, tidak berbeda dengan core speed dari sebuah GPU. Sedikit rumit namun jika Anda kesulitan mengetahui tentang memory clock speed ini dapat bertanya sebanyak-banyaknya kepada toko penjual.

Tipe Memori dan Jalur Data

Saat memilih VGA Card, Anda juga tidak boleh melupakan untuk mempertimbangkan jenis memori yang digunakan. Biasanya jenis memori yang sering digunakan pada graphic card adalah jenis DDR atau GDDR. Nantinya jenis dari memori ini juga akan mempengaruhi kinerja dari VGA Anda.

Jenis memori paling baru membuat kecepatan transfer dari prosesor menuju motherboard dan ke VGA lebih cepat. Semakin mumpuni tipe dari memori maka semakin tinggi pula akses VGA Anda. Semisal DDR3 tentu lebih baik kinerjanya dari DDR3. Jenis memori paling baru adalah GDDR5.

Tidak kalah penting yang harus Anda pertimbangkan saat memilih VGA Card Terbaik adalah jalur data yang digunakan. Tentunya semakin besar jalur data ini maka kemampuan VGA juga semakin mumpuni. VGA 128bit tentunya memiliki kinerja yang lebih baik dari 64bit. Namun sekali lagi, jalur data ini juga harus didukung dengan spesifikasi yang lain.

Tentunya untuk VGA 64bit akan memiliki kinerja yang lebih baik dengan dukungan GDDR5 dibandingkan VGA 128bit dengan dukungan jenis interface DDR3. Karena itu teliti dalam membeli VGA Card yang bagsu menjadi keharusan bagi Anda yang ingin membuat rakitan PC gaming dengan performa yang berkualitas baik.

Hubungi DimensiData.com

About Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Update Urutan Processor PC Gaming Terbaik Dari Intel Terbaru 2018

Urutan Processor PC Gaming Terbaik Dari Intel Terbaru 2018

Update Urutan Processor PC Gaming Terbaik Dari Intel Terendah Sampai Tertinggi Terbaru 2018 – Menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.