Home > Berita Teknologi > Tips Memilih Laptop yang Cocok untuk Anak Sekolah
Tips Memilih Laptop untuk Kebutuhan Sekolah

Tips Memilih Laptop yang Cocok untuk Anak Sekolah

Saat ini kebutuhan perangkat sekolah semakin berkembang. Para pelajar atau mahasiswa tak hanya membutuhkan buku-buku pelajaran, melainkan sebuah perangkat laptop atau notebook untuk belajar sekaligus mengerjakan tugas. Mata pelajaran komputer bahkan sudah diajarkan sejak dini. Nah, di musim liburan sekolah seperti ini, tak ada salahnya kamu mencari laptop baru untuk sekolah ataupun kuliah.

Agar memudahkan kamu dalam menemukan laptop sekolah yang pas, berikut kami sajikan tips memilih laptop untuk kebutuhan sekolah.

Sesuaikan dengan kebutuhan
Hal mendasar dalam membeli sesuatu ialah sesuaikan barang yang hendak dibeli dengan kebutuhan yang diperlukan. Terkadang, kamu memilih laptop hanya berdasarkan desain yang bagus atau spesifikasi mesin saja. Padahal laptop dengan desain dan mesin yang mumpuni belum tentu cocok untuk keperluan sekolah.

Alhasil beberapa fitur dalam laptop harus sia-sia karena kamu salah memilih laptop. Maka pastikan terlebih dahulu kebutuhanmu, Apakah di sekolah nanti membutuhkan laptop dengan grafis mumpuni, laptop dengan layar yang lebar, atau laptop dengan daya tahan baterai yang mumpuni? Ingat laptop untuk anak SMA tentu berbeda dengan laptop untuk anak SMP dan anak kuliahan.

Budget

Budget

Kamu juga harus menetapkan dulu dana atau biaya untuk membeli laptop yang kamu inginkan. Ini akan mempersempit pencarian dan pilihan. Sesuaikan anggaran yang kamu punya dengan spesifikasi paling baik yang dimiliki laptop incaranmu. Meski pun kamu punya uang lebih tetap sesuaikan dengan kebutuhan jangan sampai fitur bagus dalam laptop sia-sia karena tidak digunakan.

Kenyamanan
Sebagai sebuah perangkat kerja, sebaiknya pilih laptop yang menurutmu paling nyaman kala digunakan. Perhatikan pula keyboard dan touchpad yang diusung setiap laptop. Untuk kali ini, semua kembali ke selera masing-masing pengguna dan tetap fokus dalam target pencarian laptop berdasarkan kebutuhan karena laptop bisnis sekarang menawarkan keyboard dan touchpad yang menggoda.

Desain

Desain

Anak-anak sekolah atau kuliahan saat ini sering membawa banyak barang saat berangkat ke sekolah atau kuliah. Maka dalam memilih laptop sekolah, sebaiknya pilih desain yang ringkas dan ringan. Jangan sampai, kamu salah memilih laptop dan membuat kamu kerepotan membawa banyak barang sampai pundak kamu pegal-pegal.

Hardware
Bagian ini akan berhubungan dengan kinerja laptop makanya jangan sampai salah pilih. Pertama pastikan bahwa kapasitas RAM cukup besar agar kinerjanya tidak kedodoran saat kamu banyak membuka jendela ketika browsing mencari data penunjang tugas kamu. Kapasitas 2 GB ke atas saat ini sangat disarankan.

Selanjutnya pastikan kapasitas memori harddisk besar dan juga cepat agar mudah dalam memproses data yang diminta. Pastikan data yang kamu simpan berguna nantinya karena file tidak penting justru akan membuat kinerja laptop menurun dari waktu ke waktu. Prosesor yang cepat sekalipun juga tidak disarankan karena akan mubazir jika kebutuhan kamu hanya untuk mengetik, tapi jika ada kerjaan diluar dari itu, silahkan saja dipadukan.

Pilih juga laptop dengan kapasitas baterai besar agar daya hidup laptop bisa bertahan lama paling tidak selama 8 jam. Jangan sampai masalah baterai menghentikan aktivitas yang sedang kamu jalankan.

Garansi dan Service
Terakhir, pastikan laptop untuk sekolah yang hendak kamu beli memiliki garansi dan service center yang lengkap. Jangan sampai, saat laptop kamu rusak malah tidak bisa diperbaiki karena service center yang jauh atau garansi yang hangus.

Sumber: Pricebook

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.