Home > Peralatan Kantor > Tips Membedakan Cartridge Palsu atau Asli

Tips Membedakan Cartridge Palsu atau Asli

Bagi para pemilik printer tentunya mengetahui bagaimana sulitnya merawat catridge. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa harga biaya cetak menggunakan printer terutama warna terkadang lumayan mahal. Karena memang perawatan cartridge yang lumayan susah sehingga tak jarang catridge harus diganti dengan yang baru. Sayangnya terkadang cartridge yang baru kita beli tersebut kualitasnya berbeda dengan yang awal kita beli dari pabrik. Salah satu sebabnya ternyata karena catridge tersebut rupanya palsu.

Tips Membedakan Catridge Palsu Atau Asli

Saat ini banyak perusahaan nakal yang membuat produk palsu dengan harga yang terjangkau sehingga konsumen akan tertarik untuk membelinya. Jika Anda ingin mengganti catridge Anda dengan yang baru, kami sarankan untuk tidak tergoda dengan tawaran harga yang murah, karena bisa jadi memang terbuat dari yang murahan.

Berikut tips membedakan catridge palsu atau asli yang bisa Anda lakukan:

  1. Usahakan membelinya di dealer resmi yang terpercaya, contohnya di Dimensidata.com
  2. Perhatikan kemasan catridge, akan ada hal yang lebih special pada kemasan catridge yang asli tentunya.
  3. Perhatikan pada saat penggunaan, yang asli akan memiliki kualitas yang baik dibanding yang palsu. Catridge palsu biasanya akan membuat hasil cetakan dengan komposisi warna yang kurang baik dan tidak halus. Anda bisa membandingkannya dengan kualitas awal ketika Anda masih memakai catridge yang asli. Disamping itu, catridge palsu biasanya cenderung lebih boros tinta dan toner lebih sering bocor. Hasil cetakan tidak secerah ketika Anda menggunakan catridge yang asli.
  4. Perhatikan juga standar harga, jangan muda tergiur dengan yang murah. Namun bukan berarti juga yang mahal dijamin keasliannya. Pastikan memang Anda teliti sebelum membeli atau memilih catridge untuk printer Anda. Catridge palsu akan membuat printer Anda lebih cepat rusak.

Namun demikian, jika Anda adalah pengguna printer HP, kini perusahaan ini memiliki cara yang bisa menjamin keaslian dari produk mereka. Berikut ini adalah cara mudah mengetahui catridge printer HP Anda asli atau tidak:

  1. Catridge HP yang asli memiliki sebuah kode yang dibuat dengan teknologi QR. Akan tampak tulisan ‘OK’ dan juga ‘v’ (tanda centang) jika Anda menggoyangkan kemasannya ke kiri ke kanan atau pun depan-belakang dan juga sebaliknya.
  2. Catridge HP yang asli kini memiliki nomor serial tertentu yang dapat langsung diverifikasi keasliannya melalui alamat URL yang tertulis pada kemasan catridgenya. Verifikasi pada catridge yang asli akan menunjukkan keterangan yes di alamat URL tersebut.
  3. Terdapat barcode yang menjamin keaslian produk catridge HP, jika ditolak pastinya itu adalah produk palsu. Barcode nya lebih mirip dengan barcode yang ada di Blackberry Messenger atau BBM. Setiap barcode hanyalah milik satu catridge sehingga yang ditolak bisa dipastikan sebagai produk palsu.

Meskipun sudah ada cara khusus dari pihak HP untuk menjaga keaslian produknya, akan tetapi masih banyak pelanggan yang tidak sadar sudah membeli produk palsu. Kurangnya informasi dan ketertarikan dengan tawaran harga yang murah membuat orang terkadang salah membeli produk catridge. Padahal dengan menggunakan produk catridge yang asli, para pengguna akan lebih diuntungkan karena catridge yang asli akan memberikan tampilan warna yang lebih jelas dan cerah, tidak mbleber jika terkena air dan dalam hal harga sebenarnya lebih ekonomis jika dibandingkan dengan kualitas asli yang ditawarkan. Disamping itu, printer pun bisa lebih awet.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Tips Memilih Printer Kartu atau Printer ID Card Yang Berkualitas

Tips Memilih Printer Kartu atau Printer ID Card Yang Berkualitas

Panduan Tips Dalam Memilih Printer Kartu atau Printer ID Card Yang Berkualitas¬†– Printer ID card …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>