Home > Peralatan Kantor > Printer Infus vs Printer Inject, Bagus Mana?
Printer Infus vs Printer Inject, Bagus Mana

Printer Infus vs Printer Inject, Bagus Mana?

Printer Infus vs Printer Inject, Bagus Mana? – Dalam dunia printer, terdapat 2 sistem printer yang dikenal masyarakat yaitu printer infus dan printer inject. Namun masih banyak orang yang bingung. Apalagi orang awam, yang pastinya membutuhkan printer terbaik. Tapi antara printer infus vs printer inject, bagus mana? Dapatkan jawabannya dibawah ini!

Kelebihan dan Kelemahan Printer Inject

Salah satu keuntungan printer inject yaitu printer ini mudah dibawa kemana mana, dimana anda bisa mengemas printer ini di dalam kotak dengan rapi tanpa memerlukan wadah khusus sebagai tempat penyimpanan. Bahkan printer inject saat ini telah tersedia banyak model yang simple dan rapi yang cocok anda pilih sebagai printer untuk digunakan berpegian.

Soal harga, harga printer inject cenderung lebih murah. Dari berbagai keunggulannya, printer inject juga memiliki kelemahan, dan ANDA HARUS TAHU..!!!

Kelebihan dan Kekurangan Printer InkJet

Salah satu kelemahan printer inject yaitu, sering mengalami masalah pada pengisian tinta. Apalagi bagi ornag awam, yakni mereka yang belum pernah menggunakan printer inject sebelumnya. Adapun masalahnya yaitu:

  • Pengisian tinta kurang
  • Pengisian tinta yang berlebihan
  • Pengisian warna tinta tidak seimbang
  • Dan masih banyak lagi.

Hal inilah yang sering terjadi pada printer inject. Sehingga pengisian tinta yang tidak tepat akan membuat warna tinta yang keluar tidak sempurna bahkan tidak keluar warna apapun.

Di satu sisi pengisian tinta yang tidam tepat akan membuat cartridge menjadi rusak. Dan bila rusak harus ganti, dan harga catridge nya sendiri itu hampir sama dengan harga printer inject terbaru.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Tinta Refill

Kelebihan:

  • Harga tinta original refill lebih murah
  • Tidak membutuhkan pemasangan perangkat tambahan, dengan kata lajn pengisian tinta bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke service center untuk melakuka proses refill.
  • Resiko masalah pada mekanik cenderung lebih kecil dibandingkan dengan sistem infuse.
  • Perawatan cenderung lebih mudah dan lebih hemat
  • Penggantian cartridge lebih mudah.

Kelemahan:

  • Kerusakan cartridge yang terjadi resikonya lebih besar dibandingkan dengan sistem infuse. Hal ini dikarenakan frekuensi cetak cenderung lebih tinggi, sehingga cartridge sering dibongkar-pasang.
  • Resiko cartridge banjir saat pengisian tinta refill yang terlalu banyak lebih besar
  • Proses pengisian cartridge cenderung lebih merepotkan apalagi jika sering digunakan untuk mencetak, dan bila kurang teliti dan sabar, akan membuat pengisian tinta menjadi belepotan.

Kelebihan dan Kelemahan Printer infus

Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus

Printer infus cenderung harga jualnya lebih mahal dibandingkan printer suntik (inject). Tapi kelebihannya anda tidak perlu repot melakukan pengisian tinta kekurangan ataupun kelebihan tinta.

Karena pada saat pengisian tinta dalam infuse , jika habis anda tingga membeli tinta infusnya dan memasangnya. Sangat simple kan..?. Bahkan ornag baru saja, belajar sekali langsung bisa melakukannya.

Printer infuse cocok dipakai pada dunia bisnis percetakan. Karena penggunaan nya lebih mudah dibandingkan printer inject namun sayangnya printer inject ini sulit dibawa pergi sebab tintanya memiliki wadah dan wadahnya tintanya lebih ribet dimana wadah tintanya harus diletakkan pada tempat khusus yang agak luas. Sehingga untuk kebutuhan sehari hari saya usulkan menggunakan printer inject.

Kelebihan dan Kelemahan Penggunaan Sistem Infus/CISS

Kelebihan:

  • Sistem infuse cenderung lebih ekonomis dan hemat dibandingkan sistem refill.
  • Dalam pengisan tinta, anda tidak perlu khawatir belepotan tinta, apalagi ketika mengisi ulang cartrodge.
  • Head cartridge dianggap relatif lebih awet sebab tinta yang berperan sebagai pendingin head akan selalu ter-supply dengan baik dan teratur.
  • Karena pengisian tinta yang langsung ganti, sehingga tidak membuat cartridge dibongkar pasang, hal ini tentu akan mengurangi Resiko cartridge rusak.

Kekurangan:

  • Pengisian tinta printer sering terjadi banjir, hal ini dibuktikkan dari hasil cetak selalu ada bekas tumpahan tinta.
  • Wadah tinta sering terjadi masuk angin, yang membuat tinta kering akhirnya tinta tidak mengalir sempurma.
  • Resiko shield bocor lebih besar yang membuat tinta tidak mengalir.
  • Terjadi resiko error mekanik yang disebabkan karena selang infus nyangkut.
  • Jika cartridge rusak, proses penggantiannya lebih sulit sehingga harus dibawa ke tempat service center printer.
  • Karena perawatan lebih ekstra sehingga membuat frekuensi cetak semakin tinggi dan memungkinkan error semakin tinggi.

Jadi dari penjelasan diatas anda sudah tahu kan mana yang terbaik. Antara printer infus vs printer inject, bagus mana?, intinya pilihlah dengan bijak sesuai kebutuhan Anda.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Spesifikasi Printer Canon Pixma MX397 dan Harga Terbaru 2017

Spesifikasi Printer Canon Pixma MX397 dan Harga Terbaru 2017

Spesifikasi Printer Canon Pixma MX397 dan Harga terbaru 2017 – Printer canon pixma MX397 sekarang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *