Home > Komputer > Perbedaan Komputer Server dan Client Beserta Fungsinya

Perbedaan Komputer Server dan Client Beserta Fungsinya

Perbedaan Komputer Server dan Client Beserta Fungsinya – Penggunaan komputer sekarang ini, tentunya telah memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Setidaknya dari sebuah perangkat kompuer, seperti jaringan internet, maka kita sudah dapat merasakan banyak manfaatnya. Salah satu manfaat jaringan internet saat ini yaitu untuk e-commerce dan sosial media, khususnya.

Melalui kedua manfaat itu, sudah dipastikan sangat mempermudah kita untuk mengetahui berbagai informasi terbaru sekaligus juga dapat menemukan barang kebutuhan sehari-hari dengan mudah secara online. Beralih dari itu semua, dalam jaringan komputer sendiri, jenis-jenis komputer terbagi ke dalam dua bagian yakni komputer client dan komputer server.

Pengertian Komputer Server dan Client

Kata server sendiri mempunyai banyak arti, diantaranya bisa jadi penyedia, pelayan maupun sejenisnya. Dengan begitu komputer server bisa diartikan sebagai perangkat komputer yang dapat melayani semua permintaan komputer client. Server itu sendiri terdiri atas berbagai jenis, seperti server aplikasi, komputer server, web server, dan lain sebagainya. Pada intinya, server berfungsi melayani permintaan dari client.

Baca Juga

Sementara komputer client itu sendiri adalah perangkat komputer yang dimanfaatkan untuk melakukan berbagai pengolahan data yang telah diambil dari komputer server. Client di sini berfungsi untuk menerima pelayanan yang berasal dari server. Sehingga bisa disimpulkan jika server merupakan penyedia data, sementara client di sini berperan sebagai sebuah pengakses informasi yang berasal dari server.

Perbedaan Komputer Server dan Client Berdasarkan Fungsinya

Perbedaan Komputer Server dan Client Berdasarkan Fungsinya

Jika dilihat dari fungsi utamanya, sudah tentu komputer biasa (client) dan komputer server mempunyai fungsi yang berbeda. Dimana fungsi itulah yang dapat membedakan antara komputer client dan komputer server. Berikut beberapa perbedaan komputer client dan server jika dilihat berdasarkan fungsi utamanya :

Fungsi Komputer Server

Komputer server berguna sebagai sentral dalam jaringan komputer. Sementara komputer server sendiri menyediakan semua informasi yang berasal dari organisasi atau perusahaan tertentu. Dapat dikatakan, semua rahasia yang dimiliki perusahaan serta organisasi yang disimpan dari komputer server. Pasalnya komputer server digunakan sebagai sebuah database server untuk menampung berbagai macam DBMS. Di samping itu, komputer server digunakan juga sebagai perangkat komputer yang dappat menyediakan akses untuk komputer lainnya.

Komputer server mempunyai kemampuan dalam melakukan troubleshooting terhadap kerusakan jaringan. Selain itu, segala koneksi jaringan yang bertumpu pada komputer server. Jika komputer server tersebut mengalami kerusakan, hal tersebut tentunya bisa mengganggu jaringan. Bisa disimpulkan bahwa dilihat dari fungsinya, komputer server memiliki peranan yang sangat vital sebab merupakan komputer induk atau pusat dari sebuah instansi maupun perusahaan.

Fungsi Komputer Client

Komputer client atau komputer biasa memiliki fungsi untuk mengakses sebuah data yang hanya dimiliki komputer server. Hal tersebut tentunya membedakan antara komputer client dan komputer server. Komputer client bisa dipakai secara individu dan digunakan untuk keperluan administrasi atau perkantoran.

Sistem Operasi Komputer Server dan Client

Perbedaan antara komputer client dan komputer server dapat dilihat dari sistem operasinya. Untuk komputer biasa atau client umumnya menggunakan Windows XP, windows 7,8,10, Linux, Macintosh dan lain sebagainya. Sistem operasi ini dimanfaatkan untuk mengakses data yang berasal dari server.

Sementara komputer server mempunyai sistem operasi berbeda dibandingkan komputer biasa. Komputer server umumnya memanfaatkan sistem operasi dari Linux Server, Mac OS server, Windows Server dan lainnya. Melalui sistem operasi komputer server inilah, memungkinkan perangkat server bisa dijadikan sebagai induk semua perangkat komputer dalam sebuah instansi perusahaan.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Komputer Client dan Server Pengertian, Perbedaan Definisi Fungsinya

Komputer Client dan Server: Pengertian, Perbedaan & Fungsinya

Komputer Client dan Server: Pengertian, Perbedaan dan Fungsinya – Istilah komputer client tentu cukup asing …

One comment

  1. Luar biasa sekali ulasannya pak. Kebetulan sekali saya bergerak di bidang jasa layanan VPN (Virtual Private Network). Sekedar menambahkan saja, terkadang dalam dunia jaringan komputer, khususnya berkaitan dengan koneksi internet, alangkah baiknya kita juga memperhatikan aspek sekuritas atau keamanan dari aktivitas internet yang kita lakukan. Sebab tidak sedikit orang-orang yang masih memilih memakai layanan Proxy biasa ketimbang memakai aplikasi VPN, padahal dari segi harga atau tarif saja, sebetulnya ada kok VPN cepat dan VPN murah seperti aplikasi VPN Neverblock, yaitu VPN Indonesia yang sedang lagi naik daun.

    Memang sih, untuk masalah VPN ini kita sebagai orang-orang yang terjun ke dunia dimensidata masih membutuh banyak sosialisasi terkait aspek keamanan dalam berinternet. Walalupun kita punya koneksi internet cepat, tapi itu tidak semata-mata menjamin kita untuk bebas di dunia maya. Masih banyak “kebebasan” yang sering sekali “terlalu dibatasi” akibat “yang berwajib” terlalu paranoid dengan dunia internet. Kan banyak tuh situs atau website yang diblokir oleh ISP, admin kantor, dan sebagainya padahal belum tentu yang diblokir itu semuanya website yang buruk. Yang buruk itu kan sikap dan tingkat kedewasaan orangnya, bukan situsnya. Anda kalau disodori perempuan cantik yang telanjang sekalipun di depan mata Anda, kalau sikap dan mental Anda bagus, ya Anda bisa cuek atau biasa aja, nggak terlalu lebay seperti kebanyakan orang. Untunglah ada layanan VPN yang bisa membantu orang dapat membuka situs atau website yang diblokir oleh ISP, dan sebagainya.

    Balik lagi soal VPN, kebetulan nih pak… saya ada voucher VIP gratis dari VPN Neverblock, kalau seandainya ada yang berminat untuk mencoba layanan dari VPN cepat Neverblock, saya dapat memberikan voucher VIP gratis bagi yang mau sekedar test drive. Kalau mau nyobain fitur VIP-nya silahkan ke sini nanti kode vouchernya akan saya berikan secara cuma-cuma. BTW maaf ya jadi promo di dimensidata, karena kebetulan sekali topik yang Anda ulas masih berkaitan dengan bidang saya pak.

    Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *