Home > Peralatan Kantor > Pengertian Scanner, Fungsi Scanner dan Jenis Scanner
Pengertian Scanner, Fungsi Scanner dan Jenis Scanner

Pengertian Scanner, Fungsi Scanner dan Jenis Scanner

Pengertian Scanner, Fungsi Scanner dan Jenis Scanner – Mesin Scanner adalah salah satu perangkat keras jaringan komputer yang mana cara kerjanya hampir mirip dengan mesin untuk proses fotokopi. Hanya saja membedakannya adalah jika mesin fotokopi sendiri memiliki hasil yang dapat anda lihat langsung dan tidak dapat anda edit atau anda rubah.

Sedangkan mesin scanner hasilnya dapat anda tampilkan pada layar kompyer atau bisa juga laptop dan dapat anda edit atau anda lakukan modifikasi sehingga hasilnya akan jauh lebih bagus dan hasilnya sendiri dapat anda simpan dalam file text, dokumen atau bisa juga gambar. Dan alat ini biasanya dipakai untuk membaca dokumen yang ditulis dalam sebuah kertas denganc ara melakukan deteksi image pada kertas atau scan lainnya.

Karena ada beberapa scanner yang juga bisa melakukan pencetakan teks dari sebuah kertas. Mesin scanner sendiri meurpakan sebuah alat optik yang sebenarnya dapat anda konversikan seperti menjadi foto dalam bentuk digital sehingga nantinya bisa anda simpan atau bisa juga anda edit pada komputer atau bisa juga laptop.

Pengertian Scanner dan Fungsi Scanner

Pengertian Scanner, Fungsi Scanner dan Cara Kerja Mesin Scanner

Untuk ukuran dan juga bentuk dair mesin scanner sendiri memiliki banyak sekali ukuran lebar sama seperti kerta folio atau ada juga ada ukuran postcard dan untuk jenis scanner yang terbaru yang diluncurkan adalah jenis scanner mini yang memiliki bentuk hampir mirip dengan pena.

Dimana alat ini biasanya disebut dengan nama Quicklink yang memiliki ukuran panjang sekitar 5 inci dan memiliki berat sekitar 3 ons. Mesin scanner yang memiliki ukuran pena ini bisa menyimpan hingga 1.000 halama dari hasil teks cetak yang mana nantinya bisa anda transfer ke dalam komputer atau bisa juga laptop.

Sebenarnya fungsi utama dari scanner adalah untuk alat memindahkan beberapa objek yang terdapat diatas lensa scanner ke dalam memori penyimpanan komputer atau bisa juga laptop. Jika diatas lensa scanner terdapat sebuah kerta yang berisi teks ataupun jenis gambar, maka nantinya pada saat kertas di pindahkan atau di transfer ke dalam kompyer atau bisa juga ke laptop anda.

Saat ini sendiri ada banyak sekali jenis dan merk dair scanner yang sudah beredar dipasaran. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan anda. Selain itu setiap merk juga memiliki pemakian teknologi dan resolusi yang berbeda. pemakain teknologi dengan menggunakan tombol digital dan teknik dalam pencahayaan.

Macam Jenis Scanner

Ada beberapa jenis scanner diantaranya adalah :

Untuk jenis scanner yang digunakan untuk gambar biasanya fungsikan untuk memindai gambar atau bisa juga dengan tulisan dengan cara meletakkannya pada sebuah kertas.

Untuk jenis scanner dengan menggunakan sinar x. Ini adalah salah satu alat yang biasanya memiliki fungsi untuk memindakan sebuah benda dengan menggunakan bantuan dari sinar x. Dan alat dengan scanner menggunakan sinar x ini biasanya sering kali digunakan untuk beberapa rumah sakit. Karena difungsikan untuk melakukan proses rotgen pada tubuh pasien.

Untuk jenis scanner yang memiliki kode biasanya digunakan untuk memindakan data yang biasanya tersimpan pada kode batang yang bergaris, persegi panjang, titik dan masih banyak bentuk lainnya. Beberapa biasanya menggunakan scanner barcode ini untuk beberapa swalayan dan juga supermarket.

Untuk jenis scanner yang menggunakan teknologi OMR atau oprical mark reader ini biasanya sering disebut dan disamakan juga dengan jenis scanner untuk gambar. Namun yang membedakannya jenis Scanner ini lebih banyak digunakan dalam pelaksanaan ujian.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan Wireless LAN

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan LAN / Wifi

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan LAN / Wifi – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *