Home > Networking > Pengertian Lengkap dan Macam Tipe Jenis Web Hosting
Jenis Tipe Web Hosting

Pengertian Lengkap dan Macam Tipe Jenis Web Hosting

blog.dimensidata.com – Pengertian Lengkap dan Macam-macam Jenis Layanan Web Hosting – Jika anda ingin menggunakan atau memiliki bisnis web hosting sendiri, maka tentu saja akan lebih baik jika anda mengerti mengenai pengertian serta apa sajakah jenis dari web hosting itu sendiri. Dengan mengetahui informasi ini maka anda pun dapat melihat peluang di sekitar bisnis hosting dengan lebih baik.

Dalam pembahasan mengenai Pengertian dan Macam-Macam Tipe Jenis Layanan Hosting di Dunia Komputer kali ini, mari kita mulai dengan membahas mengenai pengertian web hosting. Secara simple, hosting adalah sebuah layanan yang dapat digunakan untuk menyimpan file di sebuah tempat dalam internet. File ini pun nantinya dapat diakses dengan menggunakan koneksi internet kapanpun dan dimanapun. Data yang ada di dalam hosting ini dapat berupa video, audio, dokumen dan juga foto.

Setelah kita membahas mengenai pengertian mengenai web hosting, maka kini kita dapat membahas mengenai macam-macam jenis layanan web hosting. Lalu apa sajakah Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer itu? Berikut ini informasinya untuk anda.

hosting

1. Web Hosting Gratis atau Free Hosting

Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server hosting di Dunia Komputer yang pertama adalah Free Hosting. Anda akan dengan mudah mencari layanan web hosting dan domain gratis ini di internet dengan menggunakan fasilitas search engine seperti google atau yang lainnya. Biasanya penyedia web hosting tidak mengenakan biaya atau memberikan tarif gratis sebagai sebuah promosi dari layanan hosting mereka yang berbayar. Jika anda ingin berpindah dan menggunakan fasilitas yang penuh, anda pun dapat dengan mudah melakukan upgrade.

2. Web Hosting Berbagi atau Shared Hosting

Jenis hosting ini merupakan jenis hosting yang paling sering digunakan bahkan di seluruh dunia. Mengapa? Karena salah satu Macam-Macam Jenis Server hosting di Dunia Komputer ini bukan hanya murah, namun juga memiliki layanan yang dapat mencukupi segala kebutuhan pelanggan dari bisnis kecil sampai dengan bisnis menengah dan ini tergantung dengan jenis website. Biasanya, untuk menggunakan layanan web hosting ini anda hanya perlu untuk mengeluarkan biaya sebesar 100 hingga 200 ribu untuk mendapatkan ruang sebesar 2 GB – 7,5 GB dengan bandwith unlimited.

3. VPS Web Hosting

Salah satu dari Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer yang ketiga adalah VPS Web Hosting. Layanan ini sangat sesuai khususnya bagi anda yang memiliki situs atau website dengan traffic yang banyak setiap saat. VPS Web Hosting merupakan jalan tengah yang terbaik jika shared hosting sudah tidak dapat menghandle dan jika dedicated server terlalu mahal untuk anda. VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server. Jadi disini anda dapat seperti memiliki server sendiri untuk situs anda. dengan server ini, anda akan memiliki control yang lebih dalam seperti Dedicated Server.

Baca Juga: Tips memilih VPS Server Murah Yang Berkualitas untuk hosting website Anda

4. Dedicated Web Hosting

Dedicated Web Hosting atau Dedicated server adalah sebuah layanan yang paling diinginkan oleh para webmaster. Hal ini karena server ini memiliki kemampuan yang baik untuk melakukan handle terhadap traffic yang sangat banyak dan memiliki banyak fitur premium di dalamnya. Selain itu, anda pun memiliki control penuh terhadap server ini walaupun anda hanya menyewanya.

5. Managed Web Hosting

Managed Hosting / Web Hosting Terkelola ini adalah web hosting yang dikhususkan untuk situs dengan Platform yang sama. Seperti misalnya Managed WordPress Hosting maka web hosting tersebut hanya dikhususkan untuk situs-situs yang dibuat dengan WordPress saja. managed web hosting biasanya lebih aman, kinerjanya lebih optimal, dan penyedianya punya orang-orang yang benar-benar paham dengan platform yang dipakai, jadi masalah kita lebih mungkin ditangani oleh orang yang benar. Selain itu, kita juga akan lebih mudah melakukan beragam pengaturan, mulai dari installasi WordPress itu sendiri, sampai setting macam-macamnya.

Memakai web hosting terbaik merupakan bekal paling penting dalam mengembangkan sebuah situs web, baik personal website, website bisnis, website forum atau blog. Hosting memainkan peranan penting dalam menentukan masa depan suatu website dengan keberagaman jenis serta kontennya. Selain berkaitan dengan kecepatan akses, kualitas hosting juga berdampak pada implementasi SEO serta kepuasan para pengguna website Anda.

Cukup banyak sekali layanan web hosting yang ada di Indonesia, antara lainya seperti Jakarta Web Hosting, Domosquare, NiagaHoster, Ardetamedia, NusantaraHost, DewaWeb, CloudMediaBiz, JogjaHost, Andalan, IndonetMedia, KiosDomain dan MasterWeb, Layanan web hosting tersebut adalah Rekomendasi 10 perusahaan yang masuk daftar web hosting terbaik Indonesia 2016, terpercaya serta review cloud hosting dengan harga yang relativ cukup murah.

Artikel diatas sudah disampaikan penegrtian, macam jenis serta kelebihan dan kekurangan layanan hosting yang semoga artikel diatas membantu anda dalam memahami tentang jenis-jenis hosting dan anda bisa menentukan mana kebutuhan server dan workstation hosting yang tepat untuk anda gunakan.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Kelebihan Spesifikasi IP Camera EDIMAX IC-7001W

Kelebihan Spesifikasi IP Camera EDIMAX IC-7001W

Kelebihan Spesifikasi IP Camera EDIMAX IC-7001W dan Harga Terbarunya – Edimax IC 7001W merupakan kamera pemantau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>