Home > Networking > Pengertian dan Perbedaan Antara Router dengan Modem
Router dengan Modem
Modem dan Router

Pengertian dan Perbedaan Antara Router dengan Modem

Pengertian, Perbedaan dan Fungsi Antara Wireless Router dengan Modem – Internet adalah salah satu kebutuhan teknologi yang banyak diminati masyarakat saat ini. Bahkan tanpa internet pekerjaan dirasa semakin sulit dilakukan sehingga apa-apa harus menggunakan internet. Untuk memudahkan koneksi internet, Anda bisa menggunakan modem maupun router. Kedua perangkat ini sebenarnya berbeda, namun banyak yang menganggapnya sama.

Keduanya adalah perangkat yang digunakan agar komputer atau laptop bisa terhubung dengan internet. Dengan berbagai merek dan juga jenis laptop, notebook maupun netbook, keberadaan modem dan router menjadi semakin mudah didapatkan. Anda yang ingin bekerja lebih cepat dan lebih mudah, gunakan saja salah satu perangkat tersebut.

Nah, apakah modem dan router itu sama? Keduanya adalah beda, tapi fungsinya memang hampir sama karena dengan menggunakan perangkat tersebut kita bisa menghubungkan komputer, laptop atau notebook dengan internet.

Router dengan Modem

Pengertian Router
Router adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer untuk berkoneksi dengan internet. Dengan menggunakan router maka akses ke LAN bisa lebih mudah, namun router tidak selamanya menyediakan akses menuju internet. Untuk menghubungkan router pada internet maka dibutuhkan modem. Sekarang, router telah memiliki port Ethernet yang digunakan untuk menghubungkan pada modem DSL. Router bekerja hampir sama dengan switch dan juga bridge karena router berfungsi untuk lalu lintas data dengan menggunakan protokol.

Perangkat ini berfungsi untuk membagikan jaringan menjadi subnet-subnet. Tentu saja, modem dan router sangat berbeda jika dilihat dari cara mengakses jaringan internet. Router membagikan jaringan internet ke komputer- komputer pada suatu jaringan. Router berfungsi untuk membagi jaringan kemudian meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Pengertian Modem
Dengan perangkat modem maka Anda bisa dengan mudah berkoneksi dengan internet. Anda bisa membawa laptop atau notebook kemana saja yang Anda sukai, hanya dengan menancapkan modem pada laptop, Anda sudah bisa menggunakannya untuk berinternet ria. Modem memiliki dua jenis diantaranya internal modem dan juga eksternal modem.

Internal modem merupakan modem yang sudah terpasang pada laptop atau CPU, sedangkan eksternal modem merupakan modem yang dipasang di luar komputer atau laptop. Modem eksternal paling banyak digunakan karena Anda hanya membeli modem tersebut dan mengisinya dengan kartu GSM atau CDMA untuk menikmati jaringan internet. Harga modem eksternal juga cukup terjangkau dan bisa digunakan bertahun-tahun.

Apa bedanya router dengan modem? Berikut beberapa perbedaan antara modem dan router:

  1. Modem memiliki layer berjumlah 2 sedangkan router memiliki layer sebanyak 3.
  2. Modem merupakan perangkat internet networking sedangkan router merupakan perangkat networking.
  3. Modem hanya menerima dan mengirimkan data melalui sambungan telepon sedangkan router berfungsi untuk mengarahkan data menuju jaringan.
  4. Modem hanya bisa digunakan untuk berkoneksi pada satu atau beberapa komputer dan laptop dengan menggunakan sofware atau OS. Sedangkan router bisa terhubung pada beberapa PC melalui Wifi.
  5. Modem membutuhkan koneksi internet sedangkan router tidak membutuhkan koneksi internet
  6. Modem tidak memiliki network security sedangkan router memiliki security atau keamanan

Sekalipun modem dan router fungsinya berbeda namun keduanya memiliki kesamaan tujuan dan saling mendukung. Tanpa modem, router tidak bisa terkoneksi dengan internet sedangkan modem bisa terkoneksi dengan internet sekalipun tidak menggunakan router. Anda bisa menggunakan modem atau wireless router untuk memudahkan pekerjaan karena hampir semua perusahaan atau instansi menggunakannya. Dengan harga yang terjangkau, modem jauh lebih mudah digunakan dan banyak peminatnya. Masih bingung perbedaaan modem dan router?

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan Wireless LAN

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan LAN / Wifi

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan LAN / Wifi – …

One comment

  1. Router adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang tergabung dalam sebuah LAN yang berada dalam satu segment IP address dengan komputer2 yang tergabung pada LAN lainnya yang memiliki segment IP yang berbeda atau sama.

    Router tugasnya untuk mencari dan menentukan rute kemana sebuah paket data harus dikirim dengan berdasarkan informasi IP address yang ada pada paket data tersebut.

    Router hanya dipakai untuk menghubung antar komputer yang berbeda segment IP address atau berbeda LAN.

    Contohnya antara komputer kita dengan komputer web server yang ada di internet.

    Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *