Home > Komponen > Sejarah, Perkembangan dan Jenis RAM Pada Komputer
Sejarah Perkembangan dan Jenis RAM Pada Komputer
Tipe-tipe RAM

Sejarah, Perkembangan dan Jenis RAM Pada Komputer

Sejarah perkembangan, pengertian dan jenis-jenis RAM dari awal hingga sekarang  – Memori atau RAM kepanjangan dari Random Access Memory adalah salah satu komponen komputer, laptop atau gadget yang sangat penting. Tanpa kompunen ini pastinya kita tidak bisa mengelola, atau menjalankan aplikasi dan game. Dengan perkembangan PC atau komputer yang cukup pesat maka komponen-komponen di dalamnya juga mengalami perkembangan tak terkecuali bagaimana menyimpan data dengan mudah.

RAM memiliki kemampuan untuk menampung atau menyimpan pengelolaan data ementara. Sekalipun Anda memiliki PC dengan prosessor kecepatan tinggi namunjika memori RAMnya kecil, hal ini tentu kurang baik untuk bekerja. Semakin besar kecepatan prosessor harus diimbangi oleh semakin besarnya memori atau RAM yang dimiliki PC tersebut.

Jika kita berbicara soal RAM, kita juga harus mengetahui beberapa hal yang sering berhubungan dengan memori. Speed atau kecepatan merupakan hal penting dalam RAM. Semakin cepat CPU maka semakin besar kemampuan RAM untuk mendukung CPU tersebut. Kecepatan RAM dinyatakan dengan hitungan Megahertz (MHz).

Random Access Memory pertama kali ditemukan oleh Robert Dennard, setelah itu Intel memproduksi RAM untuk pertama kalinya pada tahun 1968. RAM lebih awal diproduksi bahkan jauh sebelum penemuan PC pada tahun 1981. Setelah komputer diciptakan, perkembangan RAM dimulai. Dibutuhkan tegangan sebesar 5.0 volt pada saat RAM mulai diproduksi sehingga RAM bisa bekerja dengan frekuensi sebesar 4.77 Mhz.

jenis-jenis RAM

Berikut list lengkap sejarah perkembangan, pengertian dan tipe RAM dari awal diciptakan hingga sekrang yang paling terbaru.

  1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)
    Di ciptakan oleh perusahaan IBM pada tahun 1970. Memiliki kecepatan antara 4,77 MHz sampai dengan 40 MHz.
  2. FPM DRAM (Fast Page Mode DRAM)
    Diciptakan pada tahun 1987, lebih dikenal dengan nama FPM. FPM sendiri memiliki kecepatan antara 16 MHz sampai dengan 66 MHz.
  3. EDO DRAM (Extended Data Output Dynamic Random Access Memory)
    Munculnya EDO DRAM untuk menyempurnakan jenis memori sebelumnya yaitu FPM DRAM. EDO RAM sendiri digunakan oleh komputer dengan prosesor Intel 486 dan juga intel pentium generasi pertama. Saya sendiri walaupun tidak pernah merasakan kemampuan dari jenis memori RAM komputer ini namun saya pernah memilikinya. Kebetulan prosesor yang digunakan Intel pentium I. Ukurannya sangatlah kecil, mirip dengan RAM Laptop.
  4. SD RAM (Synchoronous Dynamic RAM)
    Pada tahun 1996 dan 1997 muncul SD RAM PC 66. PC 66 berarti RAM ini memiliki kecepatan 66 MHz. Kemudian muncul lagi SD RAM PC 100 yang digunakan untuk komputer pentium II. Pada tahun 1999, SDRAM PC 133 di luncurkan ke pasaran. SDRAM terus ditingkatkan menjadi PC 150.
  5. RD RAM (Rambus DRAM)
    Sering juga disebut dengan DRDRAM atau juga Rambus memory merupakan jenis ram yang memiliki kecepatan sangat tinggi pada masa itu. RAM jenis ini bisa mengalirkan data 1GB / s. Cukup jauh apabila dibandingkan dengan SDRAM. Namun menurut sumber yang pernah saya baca, Rambus RAM akhirnya menghilang dari pasaran dikarenakan harganya yang terlampau tinggi.
  6. DDR SDRAM (double data rate synchoronous RAM)
    Pada tahun 1999, dua perusahaan yang saling bersaing yaitu AMD dan Intel meningkatkan kecepatan clock prosesornya masing-masing. Dan ini berimbas kepada kebutuhan RAM yang bisa mengimbangi kemampuan prosesor tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut maka di ciptakan DDR SDRAM atau yang lebih dikenal dengan RAM tipe DDR1. Umumnya untuk prosesor pentium III sampai dengan pentium IV.
  7. DDR2 SDRAM
    Pengembangan berlanjut ke jenis terbaru. RAM ini muncul pada tahun 2005. DDR2 memiliki kecepatan lebih baik. RAM tipe DDR2 pun saat ini masih banyak beredar walaupun untuk kapasitas 2GB sangat sulit untuk ditemui di pasaran. Walaupun ada harganya lumayan mahal, bahkan setara dengan 4GB DDR3. RAM ini digunakan dari prosesor pentium IV sampai dengan generasi Core Duo. RAM tipe ini membutuhkan daya sebesar 1,8 Volt.
  8. DDR3 SDRAM
    Pada pertengahan tahun 2007 muncul kembali jenis RAM terbaru yaitu DDR3 SD RAM. Membutuhkan daya hanya 1,5Volt. Kemampuan yang lebih baik begitu juga lebih irit daya membuat RAM DDR2 tertinggal jauh. Namun harganya pada waktu itu cukuplah tinggi membuat RAM ini belum dilirik orang lain. Barulah pada tahun 2010 RAM ini mulai diburu pengguna komputer. Untuk saat ini harga RAM DDR3 jauh lebih murah daripada DDR2. RAM ini mulai digunakan pada prosesor Core Duo sampai dengan Core i7.
  9. DDR4 SDRAM
    RAM yang dirilis pada tahun 2014 namun ternyata baru bisa digunakan pada tahun 2015 merupakan RAM tipe paling baru saat ini. Untuk harga sendiri masih belum bisa dijangkau untuk kalangan biasa. Apalagi RAM ini masih diperuntukkan untuk prosesor kelas atas miliknya Intel.

RAM jenis manakah yang paling ideal untuk sebuah PC Komputer?

Hindari mencari RAM berjenis DDR2 untuk merakit sebuah komputer. Saya lebih menyarankan untuk menggunakan RAM tipe DDR3. Stoknya sudah pasti banyak dipasaran baik itu kondisi baru maupun bekas. Untuk DDR4 lebih baik ditunda terlebih dahulu. Disamping harganya yang masih tinggi, perangkat lain yang mendukung DDR4 pun masih memiliki harga yang belum layak beli.

Berapakah RAM ideal untuk saat ini?

Jadi, bila Anda berencana membeli komputer atau laptop baru atau bahkan mengupgrade komputer atau laptop Anda, Anda cukup memilih RAM 8GB saja karena RAM ini sudah mencukupi untuk multitasking dan kebutuhan komputasi lainnya. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Walaupun sebenarnya 4GB masih dibilang cukup. Namun untuk mempersiapkan aplikasi yang akan datang lebih baik menggunakan RAM 8GB atau lebih.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Satu komentar

  1. terimakasih gan informasinya, ijin copas buat tugas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.