Thursday, 21 August , 2014
Origami Mono Laser Printer sebagai Konsep Printer Masa Depan

Origami Mono Laser Printer sebagai Konsep Printer Masa Depan

Teknologi akan terus berkembang untuk memberikan solusi lebih baik dalam memenuhi kebutuhan manusia. Perkembangan teknologi tersebut juga berlaku untuk teknologi printer. Pencetakan dokumen adalah salah satu kebutuhan penting, terutama bagi UKM atau perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, teknologi mesin cetak ini terus dikembangkan untuk memberikan solusi lebih baik dan lebih murah tentunya. Setelah cukup lama mengembangkan teknologi inkjet, printer pun beralih ke teknologi laserjet. Inkjet membutuhkan penggantian tinta yang cukup sering setelah tinta habis. Printer laserjet membutuhkan perawatan lebih sedikit karena menggunakan teknologi yang lebih tahan lama dan bisa digunakan untuk mencetak lebih banyak. Jika dibandingkan dengan teknologi inkjet, laserjet menawarkan biaya cetak per halaman lebih murah. Tetapi, harga printer ini masih cukup mahal dan tidak terjangkau bagi pengguna rumahan. Perkembangan teknologi printer masih akan terus berlanjut dan konsep printer daur ulang, Origami Laser sudah diperkenalkan. Produk tersebut masih sebatas konsep dan butuh waktu cukup lama untuk mengembangkannya. Tetapi, konsep produk ini cukup menarik untuk diketahui.

Teknologi printer saat ini dikembangkan untuk meningkatkan efektivitas dalam mencetak dokumen. Dengan teknologi tersebut, pengguna bisa mencetak dokumen lebih banyak dalam waktu lebih singkat, tentunya dengan kualitas hasil cetak yang lebih baik. Selain itu, biaya cetak untuk per lembar dokumen menjadi lebih murah. Samsung pun mulai mengembangkan teknologi yang lebih mementingkan faktor keselamatan lingkungan meskipun produk tersebut masih sebatas konsep. Meskipun belum direalisasikan, produk tersebut sudah mendapatkan penghargaan sebagai pemenang utama International Design Excellence Awards di tahun ini karena bisa menjadi solusi tepat untuk menyelamatkan lingkungan hidup. Produk yang dimaksud adalah Origami Mono Laser Printer.

Origami Mono Laser Printer sebagai Konsep Printer Masa Depan_2Konsep produk ini diperkenalkan oleh para ahli dari perusahaan Samsung Electronic Co. Ltd. Printer tersebut terbuat dari bahan ramah lingkungan (100% eco friendly). Bahan tersebut bias didaur ulang dengan mudah. Konsep produk ini sebenarnya cukup sederhana, tetapi mampu menjadi solusi tepat untuk menjaga lingkungan hidup. Dengan bahan yang bisa didaur ulang 100%, Anda tentu tidak perlu khawatir dengan penumpukan sampah yang semakin banyak seiring bertambahnya populasi manusia. Tidak seperti printer biasa pada umumnya, produk Origami Mono Laser Printer ini hanya menggunakan sedikit komponen plastik. Seperti yang kita ketahui, sampah plastik adalah salah satu musuh utama lingkungan hidup. Ironisnya, kita terus memproduksi sampah plastik dalam jumlah besar setiap hari. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, banyak toko menawarkan plastik ramah lingkungan. Misi penyelamatan lingkungan tersebut juga dipelopori oleh Samsung dengan memberikan konsep produk printer ramah lingkungan yang mampu menekan jumlah sampah plastik. Semakin sedikit sampah plastik, semakin terjamin kebersihan lingkungan. Selain konsep ramah lingkungan, masih banyak kelebihan lain yang ditawarkan oleh konsep produk baru ini.
Origami Mono Laser Printer menawarkan printe dengan komponen yang lebih murah dan efisien. Konsep tersebut tentunya mampu memberikan harga jual yang lebih murah kepada konsumen. Selain itu, produk ini nantinya tidak mempunyai komponen rumit seperti printer yang sudah beredar di pasaran saat ini. Konsep produk ini nantinya akan sangat sederhana untuk mempermudah penggunanya dalam penggunaan maupun perakitan. Konsep yang ditawarkan produk ini memang sangat menarik dan diharapkan mampu memberikan solusi yang lebih baik bagi pengguna produk printer. Tetapi, Samsung membutuhkan waktu untuk realisasi konsep produk tersebut. Jika berhasil mengembangkan produk ini, Samsung akan menjadi selangkah lebih maju daripada pesaingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>