Home > Berita Teknologi > Mana Yang Lebih Baik Software Akuntansi MYOB atau Zahir?

Mana Yang Lebih Baik Software Akuntansi MYOB atau Zahir?

Mana Yang Lebih Baik Software Akuntansi MYOB atau Zahir_2

Tuntutan pekerjaan bidang akunting pada perusahaan memang sangat tinggi. Hal tersebut sering membuat para pekerja pada divisi ini terlihat lebih “tegang” dari pada pekerja pada divisi yang lain. Sehingga terkadang, ada karyawan yang segan untuk berurusan dengan para pekerja di divisi akuntansi. Sebagai orang-orang yang dipercaya untuk mengelola keuangan perusahaan, wajar memang jika terkadang para staff tersebut memiliki tingkat stress yang cukup tinggi. Apalagi biasanya seorang bos besar akan melihat langsung dan menilai pekerjaan para akunting. Berbeda dengan bagian lain, yang jarang sekali berhadapan atau berurusan langsung dengan sang big boss. Apalagi bila grafik pendapatan perusahaan menunjukkan panah yang sedikit menurun, tak jarang pemimpin perusahaan akan menanyakan hal tersebut langsung kepada bagian akunting, yang tentunya belum pasti mereka bisa mengetahui mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Selain tekanan secara mental tersebut, pekerjaan para akunting juga membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Sebab satu kesalahan yang kecil bisa merembet ke hal yang lain. Apalagi jika mereka tidak menyadari kesalahan tersebut, dan baru tersadar ketika sudah terlanjur jauh. Tentu tidak mudah untuk menemukan dan mencari letak awal kesalahan. Untung saja pada saat ini teknologi sudah cukup maju dan dapat memberikan bantuan yang diperlukan oleh bagian keuangan perusahaan. Cukup banyak kita temukan jenis software akunting yang beredar dipasaran. Mulai dari software siap jadi hingga software unik rancangan perusahaan itu sendiri bisa kita cari dan temukan. Harga yang ditawarkan pun bermacam-macam tergantung dari fitur dan modul apa saja yang akan digunakan oleh perusahaan.

MYOB VS ZAHIR

Kali ini kita akan mencoba membandingkan dua software akuntansi yang sering kita temukan pada perusahaan-perusahaan di Indonesia. Kedua Software tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Baik dari segi fitur, harga, dan juga modul yang ditawarkan.

MYOB

Layaknya sebuah software akuntansi yang beredar di pasaran. MYOB juga memberikan dukungan terhadap segala hal yang menyangkut keuangan. MYOB bukanlah software buatan dalam negeri, sehingga untuk menjalankan software tersebut perlu seseorang yang tidak hanya menguasai akuntansi tetapi juga harus menguasai bahasa Inggris.

Selain dari ketersediaan bahasa, MYOB memiliki tiga versi besar, yakni basic, accounting, dan premier. Myob Versi basic ini menghilangkan beberapa modul penting seperti Inventory, Pembelian, dan juga laporan hutang perusahaan. MyoB  Accounting lebih memberikan keleluasaan gerak bagi penggunannya, yaitu dengan tersedianya modul yang lengkap ditambah dengan adanya kemampuan untuk stock opname. Namun dalam versi ini tidak bisa digunakan untuk banyak komputer, yakni hanya untuk single komputer.  Versi yang paling mewah dari MYOB adalah versi Premier dimana semua kemampuan software dapat kita dapatkan pada aplikasi ini. Termasuk juga fitur multi currency yang pasti dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar, yang memiliki transaksi tidak hanya dalam bentuk rupiah.

Kelemahan lain dari MYOB adalah tidak adanya fitur pajak, juga tidak ada pengelolaan untuk harta tetap, serta tidak memungkinkan adanya laporan konsolidasi yang dibutuhkan oleh perusahaan multy company. Namun secara garis besar software ini bisa dikatakan cukup dapat diandalkan untuk mengatur transaksi keuangan di perusahaan anda.

Zahir

Keunggulan dari zahir adalah zahir dibuat oleh perusahaan Indonesia, sehingga penggunaannya dapat dipastikan jauh lebih mudah. Selain itu Zahir juga sudah dilengkapi dengan fitur pajak yang sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku di Republik ini. Hal ini tentu saja lebih mempermudah bagi seorang akuntan untuk melaksanakan tugas mereka pada perusahaan.  Secara modul zahir cukup lengkap dengan mencakup semua jenis transaksi dari penjurnalan sampai kepada Laporan-laporan.

Untuk dapat mengetahui lebih lanjut, kita bisa mencoba sendiri kedua software tersebut. Karena untuk kedua software itu juga sudah tersedia versi trial sehingga kita bisa mencoba kemampuan dan fitur dari software dan membandingkannya dengan kebutuhan perusahaan kita.

 

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Membuat Installer Bootable Flashdisk Windows 7, 8, 10 Tanpa Software

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10 Tanpa Software

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10 Tanpa Software – Pada umum nya …

3 comments

  1. Halo gan. Agak tertarik sih saya untuk menggunakan software accounting ini. Yang ingin saya tanya, apakah software accounting ini gampang digunakan? Jujur saya pemula dalam menggunakan software accounting yang seperti ini. Terus apakah UI (User Interface) nya friendly gak? Mungkin itu saja pertanyaan dari saya. Thanks.

  2. Macam Software Akuntansi

    Terima kasih Infonya yg lengkap, apakah ada Macam Software Akuntansi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *