Home > Peralatan Kantor > Macam Jenis Tipe Printer Beserta Fungsi dan Kelebihannya
Macam Jenis Tipe Printer Beserta Fungsi dan Kelebihannya

Macam Jenis Tipe Printer Beserta Fungsi dan Kelebihannya

Mengenal Macam Jenis Tipe Printer serta Fungsi dan Kelebihan Printer – Bagi mereka yang bergelut didunia percetakan tentu sudah menjadi kewajiban untuk mengetahui dan memahami tentang pengertian dan jenis jenis printer dan fungsinya. Mengapa demikian? Supaya mereka bisa tahu tentang apa saja jenis printer, fungsi printer sehingga mereka bisa menyesuaikan pemilihan printer sesuai kebutuhannya.

Pada dasarnya printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan ke komputer atau laptop yang kemudian digunakan untuk menctak sebuah file baik berupa tulisan maupun gambar. Nah seiring berjalannya waktu, membuat printer semakin berkembang sehingga memunculkan beberapa macam jenis printer dengan fungsinya tersendiri. Yuk ketahui apa saja macam jenis printer dan fungsinyam check this out.

1. Printer Inkjet

Printer InkJet merupakan macam jenis tipe printer yang sudah umum kita temui dipasaran. Dimana pola kinerja dari printer inkjet ini adalah membentuk pola karakter atau grafik dengan mengghnakan kepala cetak yang berisi pipa penyedot kecil (nozzle) yang kemudian menyemprotkan tinta ke kertas guna mencetak file diatas kertas sesuai karakter yang diinginkan. Jenis printer ini adalah jenis printer yang modern.

Macam Jenis Tipe Printer Inkjet

Untuk hasil cetak file yang baik maka tinta yang disemprotkan harus diarahkan tepat pada bidang sasaran mrnggunakan 1 atau lebih electronic deflector untuk mengatur posisi horizontal dan vertical dari tinta yang disemprotkan. Adapun proses pengaliran tinta ini harus dilakukan scara berkala dan continue karena bila tidak tinta tidak keluar dan akan dikembalikan pada kepala cetak.

Kelebihan Printer Inkjet : Printer ini lebih mudah dibersihkan, Harga tinta lebih murah dan dapat mencetak lebih cepat.

Kekurangan Printer Inkjet : Tinta bisa cepat kering jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, Jika menggunakan tinta tye die maka hasilnya bisa memudar.

Tapi jangan khawatir, printer inkjet dijamin mampu memberikan kualitas percetakan yang cukup baik, hak ini dikarenakan karakter yang dibentuk merulakan hasil dari puluhan titik titik tinta kecil. Bahkan beberapa printer jenis ini memiliki kemampuan dalam mencetak gambar dengan beberapa kombinasi warna dengan menggunakana nozzle yang terpisah.

2. Printer All in One

Printer All in One atau biasa di sebut Printer Multifungsi adalah printer yang dapat melakukan beberapa tugas pekerjaan. Selain dapat mencetak, perangkat ini juga memiliki kemampuan untuk melakukan copy dan scan atau memindai dan mengirimkan faks dan menggunakan jaringan baik LAN maupun Wireless.

Macam Jenis Tipe Printer All in One

Kekurangan Printer All in One : Mahalnya harga Toner dan Catridge

Kelebihan Printer All in One : Hemat biaya dan hemat penggunaan tempat

Saat ini banyak model printer All in One juga memiliki kemampuan untuk menerima faks, dan juga untuk model yang “High End” Mereka memiliki kemampuan untuk menyusun hasil cetakan dan menyusun rapi dalam bentuk binding yang sederhana.

3. Printer Dot Matrix

Printer jenis ini merupakan macam jenis tipe printer yang paling banyak digunakan. Dimana jenis Printer Dot Matrix ini digunakan dalam mencetak tulisan atau gambr dengan menggunakan kepala cetak yang berisi kumpulan jarum besi. Dengan kata lain gambar atau bentuk karakter yang dihasilkan merupakan hasil dari kombinasi jarum jarum yang diletakkan pada karnon dan membentuk pola di kertas dalam matrik, 9 baris 9 kolom, 7 baris 5 kolom, 9 baris 7 kolom.

Macam Jenis Tipe Printer Dot Matrix

Kelebihan Printer Dot Matrix : memiliki harga yang murah, mampu mencetak gambar dengan baik. Sehingga dengan printer dot matriks ini dapat digunakan unuk menctak grafik dan gambar.

Kelemahan Printer Dot Matrix : memiliki kualitas karakter yang kurang baik.

4. Printer Daisy Wheel

Printer jenis Printer Daisy Wheel ini merupakan jenis printer yang dalam proses mencetak data menggynakan roda (wheel) yang berisi karakter. Dimana setiap karakter roda ini terletak pada lengan plastik yang letaknya pada pusat roda, sehingga membentuk bunga seruni atau daisy. Roda roda yang berisi karakter karakter ini nantinya akan berputar dan berhenti pada roda yang berisi karakter yang dikehendaki, kemudian jaralter yang telah dipilih ini akan diketuk dengan menggunakan pemukul, dan kemudian dicetak di atas kertas.

Macam Jenis Tipe Printer Daisy Wheel

Kelebihan Printer Daisy Wheel : Adapun hasil cetak karakter dari printer daisy wheel ini memiliki kualitas yang cukup baik. Sehingga bisa dibilang kualitas cetaknya, printer daisy wheel ini digolongkan sebagai letter quality printer.

Kelemahan Printer Daisy Wheel : Namun sayangnya proses pencegakannya terbilang lebih lambat dibandingkan dengan jenis printer dot matrix. Dimana kecepatan mencetak jenis printer ini hanya sekitar 55 cps (caracter per second).

5. Printer LaserJet

Jenis printer LaserJet ini merupakan macam jenis tipe printer gabungan antara xeroyraphic technology yang biasanya teknologi ini ditemukan pada fotokopi dengan menggunakan teknologi laser. Dengan sistem seperti ini maka output digital atau file yang ada pada komputer yang akan dicetak akan diubah menjadi pulsa sinar laser kemudian akan ditembakkan pada suatu drum yang respon terhadap sinar oaser yang dipantulkan. Kemudian bayangan yang ditangkap oleh drum ini akan dikirim ke kerfas dengan proses yang sama seperti pada mesin fotokopi.

Macam Jenis Tipe Printer LaserJet

Kelebihan Printer Laser : Kualitas Cetakan bagus, Mampu mencetak dalam waktu yang cepat, Awet, tidak mudah luncur dan tahan air, Bisa untuk mencetak berbagai jenis kertas.

Kekurangan Printer Laser : printer laser jet kualitas standart tidak bisa menghasilkan kualitas foto yang maksimal, Kadang hasil cetakan berwarna kabur dikarenakan tidak pas pada printer LED.

6. Printer id card

Printer id card atau id card printer atau ada juga yang menyebut dengan printer kartu adalah printer cetak kartu plastik (plastic-card printers), yaitu printer desktop elektronik dengan single card feeders yang mencetak dan mempersonalisasi kartu pvc. Printer id card ini merupakan mesin id card yang harus ada untuk membuat id card baik komersil maupun dipakai sendiri.

Macam Jenis Tipe Printer id card kartu

Printer id card dikendalikan oleh driver printer yang sesuai dengan bahasa pemrograman tertentu. Printer id card ini hanya mau mencetak kartu pvc dengan ukuran id card yang sudah ditentukan dan jenis pencetakannya adalah sistem thermal. Printer id card atau printer kartu kini mengalami perkembangan teknologi mulai standard hingga advance. Yang jelas semakin tinggi modelnya akan berharga semakin mahal.

7. Printer Label

Printer Label ini digunakan untuk mencetak label dengan jumalah banyak dan lebih mudah. Beberapa Printer Label memiliki banyak fungsi sekaligus yakni pada supermarket juga bisa digunakan untuk mencetak barcode. Beberapa Printer label juga bisa mencetak label dengan berbagai bentuk.

Macam Jenis Tipe Printer Label Barcode

Sebuah printer label dengan built-in keyboard dan layar untuk berdiri sendiri, tidak menggunakan perangkat lain (tidak terhubung ke komputer yang terpisah) sering disebut pembuat label. Label printer berbeda dari printer biasa karena label printer perlu memiliki mekanisme pakan khusus untuk menangani kertas digulung, atau lembar kartu (fanfold).

Itu tadi perkenalan mengenai Macam Jenis Tipe Printer serta Fungsi dan Kelebihan Printer . Dengan begitu anda bisa memilih dan membeli printer sesuai kebutuhan anda. Semoga bermanfaat.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Satu komentar

  1. bang, ijin share yak…. boleh nih infonya…. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.