Home > Komputer > Komputer Client dan Server: Pengertian, Perbedaan & Fungsinya
Komputer Client dan Server Pengertian, Perbedaan Definisi Fungsinya

Komputer Client dan Server: Pengertian, Perbedaan & Fungsinya

Komputer Client dan Server: Pengertian, Perbedaan dan Fungsinya – Istilah komputer client tentu cukup asing bagi Anda yang tidak terbiasa bergelut di dunia IT, khususnya komputer. Penggunaan istilah ini biasanya sering disandingkan dengan komputer server. Sehingga, jika ingin mengetahui lebih jauh tentang komputer client, pembahasan tentang komputer server juga tidak bisa ditinggalkan.

Secara umum, jika dilihat dari fungsi dan penggunaannya, komputer dapat dibedakan menjadi dua, yaitu Komputer Client dan Komputer Server. Nah, untuk mengetahui kedua istilah tersebut beserta fungsinya masing-masing, berikut ini ulasan lebih lengkapnya mengenai Pengertian, Perbedaan dan Fungsi dari Komputer Client dan Server.

Baca Juga

Komputer Server

Komputer server adalah komputer yang digunakan untuk menampung semua data yang berasal dari komputer client dalam sebuah jaringan. Tidak hanya itu, komputer server juga digunakan untuk mengelola sebuah jaringan komputer. Sirkulasi data, informasi, maupun perintah yang berasal dari komputer client akan selalu melewati komputer server ini.

Tak heran jika komputer ini juga sering disebut sebagai komputer induk. Jenis-jenis komputer server sangat disesuaikan dengan fungsinya, misalnya server game, webserver, printer server, hingga database server. Secara terperinci, fungsi dari komputer server sebagai berikut:

  • Melayani permintaan semua komputer client serta mengatur sirkulasi data yang ada.
  • Menyediakan sumber resource, baik software, hardware, maupun aplikasinya, agar dapat digunakan secara bersamaan oleh semua komputer client.
  • Menyimpan file atau data yang dapat diakses secara bersamaan, baik oleh komputer server maupun semua komputer client, menggunakan file sharing.
  • Mengatur hak akses dalam sebuah jaringan, sehingga tidak semua komputer client dapat mengakses data tertentu yang ada dalam komputer server.
  • Menyediakan aplikasi dan database yang dapat diakses semua komputer client.
  • Mampu melindungan semua komputer client dari serangan malware dengan memasang antimalware atau firewall.

Komputer Client dan Server - Pengertian, Perbedaan & Fungsinya

Komputer Client

Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk meminta layanan tertentu dari komputer server. Layanan tersebut bisa jadi data, file, gambar, printer, maupun yang lainnya. Oleh karena itu, di dalam komputer client dibutuhkan suatu aplikasi tertentu agar dapat mengakses layanan dari komputer server.

Akses yang diberikan komputer client pun cukup cepat karena tidak melakukan tugas lain dalam waktu bersamaan, seperti halnya komputer server. Oleh karena itu, komputer ini cukup baik digunakan sebagai sebuah sistem keamanan dan administrasi perusahaan, sebab akses yang dilakukan dapat dibatasi. Secara terperinci, fungsi dari komputer client antara lain:

  • Menjalankan sebuah program secara maksimal karena tidak terganggu dengan tugas lainnya.
  • Menjadi sistem keamanan administrasi bagi perusahaan atau instansi pemerintah lainnya.
  • Digunakan untuk mengakses beberapa data yang terdapat dalam komputer server dengan pembatasan tertentu.

Perbedaan Komputer Client dan Server

Berdasarkan pengertian sekaligus fungsi kedua jenis komputer tersebut, berikut ini beberapa perbedaan Komputer Client dan Server.

Komputer server berfungsi untuk menyimpan seluruh data, melayani permintaan akses dari komputer client, serta mengelola lalu lintas data dalam sebuah jaringan. Sedangkan, komputer client meminta layanan dari komputer server untuk bisa mengakses sebuah data.

Komputer server dapat melakukan beberapa layanan yang dibutuhkan komputer client secara bersamaan. Sedangkan, komputer client tidak mempunyai layanan yang dapat diakses oleh komputer client lain.

Kerusakan yang terjadi pada komputer server akan berimbas pada kerusakan pada semua komputer client yang terhubung dalam satu jaringan. Sedangkan, kerusakan yang terjadi pada komputer client tidak akan memberikan dampak pada komputer yang lain. Sistem operasi komputer server lebih lengkap daripada sistem operasi komputer client.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Rekomendasi Merk Laptop yang Bagus dan Awet Tahan Lama Terbaru

Daftar Merk Laptop yang Bagus dan Awet Tahan Lama Terbaru

Ini Daftar Rekomendasi Merk Laptop yang Bagus dan Awet Tahan Lama Terbaru– Laptop, tentu bukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *