Home > Berita Teknologi > Cara Terbaik Untuk Mengatasi Harddisk Eksternal Yang Tidak Terbaca

Cara Terbaik Untuk Mengatasi Harddisk Eksternal Yang Tidak Terbaca

Walau pada saat ini kecanggihan teknologi telah mengizinkan kita untuk memiliki storage dengan jumlah data yang sangat besar, namun, kehadiran harddisk external tetap tidak bisa dihilangkan. Sebab sarana penyimpanan mobile tersebut merupakan andalan yang terbaik ketika kita hendak melakukan transfer data atau juga melakukan backup terhadap data penting yang terdapat pada harddisk utama yang kita miliki. Namun adakalanya, pada saat kita membutuhkan perangkat tersebut, sang harddisk eksternal malah tidak mau terbaca. Jika kita baru hendak memindahkan data mungkin kita tidak terlalu panik, walau kemudian tetap panic ketika kita mengingat sejumlah besar data yang tersimpan dalam harddisk tersebut, tetapi bagaimana jika kita dalam posisi hendak mengambil data backup yang tersimpan dalam moveable storage itu? Tentunya kita akan merasa panik yang cukup hebat.

Beberapa Langkah Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Harddisk Tidak Terbaca

Sebelum berlanjut kepada langkah yang pertama, yang pertama kali harus anda lakukan adalah menenangkan diri anda terlebih dahulu. Sebab dalam kondisi stress yang memuncak kita biasanya tidak bisa melakukan hal apapun dengan benar. Hal yang dikhawatirkan adalah salah dalam mengambil keputusan yang malah berakibat fatal merusak harddisk tersebut.

  1. Bertanya kepada rekan yang lebih ahli

Jika anda memiliki rekan yang bisa dipercaya dan anda tahu rekan anda tersebut memiliki kompetensi dalam bidang itu, cobalah bertanya terlebih dahulu kepada rekan anda. Sehingga dia dapat membantu anda untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

  1. Memeriksa Pada Komputer Yang Lain

Sebelum memutuskan bahwa harddisk eksternal yang anda miliki telah rusak, ada baiknya jika anda mencoba untuk menghubungkannya ke komputer yang lain. Jika pada komputer tersebut bisa terdeteksi, kemungkinan besar ada yang salah dengan sistem operasi yang terdapat pada komputer anda.

  1. Cabut Lalu Pasang Kembali

Anda bisa mencoba hal tersebut, karena bisa jadi kabel usb yang terhubung tidak terpasang dengan benar. Pada beberapa tipe kabel usb untuk menghubungkan  komputer dengan Harddisk external biasanya memiliki ujung 2 buah. Pastikan semua ujung kabel tersebut telah terhubung dengan benar.

  1. Periksa Apakah Secara Fisik Harddisk Tersebut Terbaca?

Untuk memeriksa hal tersebut bisa dilakukan dengan cara membuka disk managemen milik windows. Biasanya, semua bentuk storage akan tampil pada disk management ini. Jika anda bisa melihat harddisk anda tapi dalam keadaan belum terpartisi, jangan terburu-buru untuk melakukan reformat, coba pastikan dulu dengan mencoba langkah yang kedua dan bila memungkinkan dengan langkah yang kelima. Bila pada langkah kedua juga gagal, cobalah merestart windows yang anda miliki. Pilihan terakhir yang kita punya adalah mem-format ulang windows tersebut. Tetapi sebagai catatan harus diingat, bahwa kegiatan ini akan menghapus seluruh data yang ada pada harddisk eksternal anda. Dan hal tersebut tidak dapat dibatalkan atau diulang.

  1. Coba Akses Harddisk Eksternal Dengan Sistem Operasi Yang Berbeda

Adakalanya harddisk tersebut memang sudah rusak secara sistem, tetapi terkadang, kita masih memiliki kesempatan untuk menyelamatkan data yang ada didalam partisi tersebut dengan membukanya pada sistem operasi yang berbeda. Biasanya yang menjadi pilihan adalah sistem operasi linux. Jika hal ini berjalan dengan lancer, segera selamatkan seluruh data, lalu setelah itu lanjutkan dengan langkah keempat diatas.

Intinya adalah ketika kita mengalami permasalahan seperti diatas jangan terlalu cepat mengatakan bahwa harddisk tersebut telah rusak. Lakukan beberapa pengujian terlebih dahulu seperti yang sudah di informasikan dari awal. Jika memang segala hal sudah dicoba namun gagal, besar kemungkinan bahwa harddisk eksternal tersebut memang sudah habis masa pakainya alias sudah rusak.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

CPU Prosesor Smartphone Terbaik Terbaru Tahun 2017

Prosesor Smartphone Terbaik Tahun 2017

Ini CPU Prosesor Smartphone Terbaik Terbaru di Tahun 2017 – Prosesor atau yang dikenal juga …

One comment

  1. mudah2an tips ini bisa menolong untuk memperoleh data yang berasal dari hardisk yang tidak terbaca…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *